Menyambut Bulan Ramadhan

by - 11:27:00 AM

Assalamualaikum,

Menyambut bulan ramadhan. Sebentar lagi bulan RAMADHAN, senangnya menyambut bulan penuh berkah dan ampunan ini. Sejak kecil saya selalu senang dan gembira ketika menghadapi bulan suci ramadan ini. Persiapan demi persiapan pun disiapkan dengan sangat baik. 

Di tradisi orang sunda, sebelum melaksanakan atau memasuki bulan ramadhan biasanya ada munggahan, yang mana biasanya kita berkumpul dan makan bersama, bukan hanya itu namun tradisi ini pun biasanya diisi dengan saling maaf - maaf an sebelum melakukan ibadah puasa. 



Biasanya juga, saya dan keluarga menanti kedatangan bulan ramadhan ini dengan penuh suka cita, gembira serta perasaan senang, karena apa? karena ramadhan adalah karunia dari Allah Swt atas hamba - hamba Nya. Saya pun memiliki tekad agar puasa dan ibadah saya semakin baik, kadang saya suka berpikir duh takutnya ini adalah ramadhan terakhir bagi saya, hiks. 

Bertawakal dan selalu bersyukur kepada Allah Swt, ya karena semua yang terjadi dalam kehidupan saya ini adalah berkat pertolongan dan campur tangan dari NYa, terimakasih yaa Rabb. Bertaubat sebelum bulan Ramadhan, ya meski seharusnya bertaubat dilakukan setiap hari karena tidak pernah ada yang tahu kapan kita menyelesaikan misi kita di dunia itu, iya kan? Bertaubat dari segala dosa dan kekhilafan, karena amal perbuatan dan ibadah akan baik jika dikerjakan dengan hati dan jiwa yang bersih serta kuat, bukankah dosa itu hanya membuat hati kotor dan jiwa yang menjadi lemah? 

Semoga  Ramadhan ini menjadi awal untuk membiasakan hidup dengan bahagia, dan ibadah yang baik dan selalu baik semakin baik dari tahun ke tahun sampai akhirnya berhenti menjalankan misi hidup di dunia ini, aamiin. Karena manusia berubah jika ia terbiasa, maka biasakanlah saya untuk selalu menjadi manusia baik yaa Rabb, aamiin. 

Flash back ke memori masa lampau, dimana saya belajar tentang ilmu yang berkaitan dengan ibadah puasa, yang mana ada empat ilmu yang mencakupnya. 
  • Keutamaan puasa, adalah supaya kita semua ini memiliki motivasi yang sangat kuat dalam menunaikan ibadah puasa.
  • Hikmah puasa, adalah supaya kita sebagai manusia ini mengerti maksud Allah Swt  dalam mensyariatkan ibadah puasa.
  • Hukum dalam puasa, ini mengajarkan kita agar faham apakah puasa kita ini sah atau tidak. 
  • Etika berpuasa, supaya pahala kita selama menjalankan puasa tidak hilang atau berkurang maka tentang etika ini perlu banget dipelajari agar puasanya maksimal.

Semoga bulan puasa mendatang yang tinggal hitungan hari menjadi puasa yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua, aamiin. 

Selamat menjalankan ibadah puasa dan mohon maaf lahir dan bathin yaa.


Wassalam,

Tian Lustiana




You May Also Like

14 komentar

  1. mohon maaf lahir dan bathin juga Mba Tian :)
    ayo kita menyambut ramadhan dengan suka cita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama -sama mbak Irawati, aamiin :)

      Delete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa juga ya Mbak.. Mohon maaf lahir dan bathin ya.. :)

    ReplyDelete
  3. mohon maaf lahir dan batin juga mba Tian :)
    Moga ibadah kita dimudahkan oleh Allah, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, sama - sama mbak Merida

      Delete
  4. Aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa ya Mba. Maaf lahir batin kalau selama berinteraksi ada hal-hal yang kurang berkenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Sama - sama ya mbak Ety

      Delete
  5. Mohon maaf lahir batin teh, hayu atuh munggahan di pasir impun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama ya Yas, hayu tapi kapan wkwkkw

      Delete
  6. minal aidin wal faidzin :)
    kangen bulan ramadhan :')

    ReplyDelete
  7. Amin. Semoga puasa tahun ini selalu lancar ya teh. Mohon maaf lahir bathin teh.

    ReplyDelete
  8. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ya :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D