Cerita Tian

Jangan Takut Menjadi Tua

4:24:00 PM

Assalamualaikum, 

Kebanyakan wanita, iya wanita mereka takut menjadi tua. Saya pernah punya teman yang seperti ini, dia takut menua, dia takut kulitnya keriput, banyak flek dan hal mengerikan lainnya jika tua. Hmmm, segitunya kah? Iya bener, sampai - sampai ia selalu ke salon dan menggunakan produk anti aging, pokoknya dia sangat ingin sekali terhindar dari kata tua. 

Jangan Takut Menjadi Tua
Photo taken from : pexels.com


Lain halnya dengan saya, saya tidak pernah takut tua namun saya takut jika saya tidak dewasa, saya tak ingin usia saya terus tua namun pola pikir dan tingkah laku saya tidak dewasa. Masalah usia sih ga masalah, masalah penampilan juga gak masalah. Saya ingin menua secara alami dan kalau memang sudah tua ya udahlah tua aja dan nikmati, simple banget sih kalau buat saya. Namun saya yakin setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda, nah silakan itu mah dikembalikan lagi pada pribadi masing - masing. 

Tua?
Dewasa?
Mau pilih yang mana? 

Kalau masalah tua, semua orang pasti akan mengalaminya. Karena pasti usia terus bertambah dan jatah hidup akan terus berkurang, benarkan? Nah kalau masalah dewasa, gak jaminan seseorang usianya tua namun dewasa, gitu sih kalau menurut saya. Bisa saja seseorang usianya masih sangat muda namun pola pikirnya dewasa, bener? Dan sebaliknya, usianya aja tua namun pola pikirnya masih anak - anak, iya? 

Jangan Takut Menjadi Tua
Photo taken from : pexels.com

Dewasa itu adalah masalah bagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri dan bagaimana kita memperlakukan orang lain. Dewasa secara berpikir dan berperilaku. 

Bagian dari kedewasaan adalah bagaimana kita mampu menilai apa sih kekuatan yang ada pada diri kita ini, dan kita sadar dengan sepenuhnya mana yang harus diperbaiki, kita mampu menetapkan tujuan adalah bagian dari sudah seberapa dewasa kita ini. Memikirkan tentang masa depan dan menjadikannya sebagai tolak ukur saat membuat keputusan, oke kalau tujuan sudah jelas, waktunya mengambil tindakan yang benar dan tepat untuk menggapainya. 

Memang, menetapkan tujuan itu sulit, namun bisa kok dilakukan yang tentunya dengan perencanaan dan waktu yang tepat. 

Buat saya, menjadi dewasa itu enggak harus bersikap DEWASA dan merasa SOK TUA. Gak usah serius banget deh brow, dewasa itu sebenarnya adalah tahu dengan siapa sih kita berhadapan, kapan sih kita melakukan sesuatu dan kapan sih kita perlu serius, itu saja. Menjadi dewasa bukan berarti tidak boleh bertindak konyol, boleh kok. 

Orang yang dewasa itu adalah seseorang yang open minded. Dewasa itu menjadi diri sendiri, menunjukkan sikap percaya diri namun tidak sombong. 

Amarah, kadang amarah itu membuat kita lemah, karena amarah sangatlah kuat. Namun kedewasaan mampun menjinakan amarah. Jujur, kadang jika sedang amrah, inginnya melakukan hal yang membuat kita puas. Justru orang dewasa itu ketika marah, dia tidak ada reaksi yang berlebihan, berhentilah dan berpikir dengan tenang ketika amarah sedang menguasai.


Sesungguhnya susah menjadi orang yang dewasa, namun gampang sekali menjadi tua. 

Janganlah takut menjadi tua, semua pasti akan menua. Namun takutlah jika tidak dewasa, karena kedewasaan itu adalah sikap yang menjadi jalan awal menuju kebahagiaan serta kemuliaan. -AA Gym-


Wassalam,


Tian Lustiana 

You Might Also Like

38 komentar

  1. saya nggak takut menjadi tua. Menjadi tidak mulia di akhir kehidupan itu yang mengerikan. Biar saja keriput menyapa, asal si dia tidak mendua *hedeh*
    Ganti: biar saja keriput menyapa, toh tubuh ini hanya pinjaman dariNya, asal semua dinilai sebagai pahala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak Lidha, terimakasih.

      Delete
  2. Pas umur 35-an pernag menrasakan sindrom takut tua dan keriput.. Tetapi gimana ya yg namanya hukum alam pasti deh menua.. Nikmatin saja prose menua itu insyaAllah gak jadi sindrom lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa saya sempat takut juga pas tahun kemarin menginjak pada usia 30, ah ini bukan takut keriput tapi takut belum bisa dewasa hiks

      Delete
  3. senengnya trdampar di sini pas di hari umr eikeh bertambah
    tengs ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi yang penting selalu cantik dan solehah ya mbak Inda

      Delete
  4. yang penting kita bahagia ya mbak. Krn tua adalah alami. mamaku bahagia di hari tuanya, malah dia tampak lebih muda dari usianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti mama ku, semakin tua semakin cantik dan lebih muda, dewasa dan bahagia

      Delete
  5. Semoga tambah usia..tambah dewasa... Tua, bisa disiasati...tp klo untuk mnjd dewasa...harus bnyk bljr saya..

    ReplyDelete
  6. Setuju teeeh, menjadi tua itu pasti sedangka menjadi dewasa itu pilihan

    ReplyDelete
  7. Tua itu pasti dewasa itu ga jaminan ya, Tian. Kadang yang masih muda lebih matang dalam berpikir, bersikap dan betindak. AKu? Hmmmm entahlah, orang lain yang bisa menilai. Jadi gimana? *malah nanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting membuat nyaman orang sekitar dan ga suka ajaib hihihi :D, teh Efi mah muda terus keliatannya kok

      Delete
  8. Aku sih nggak takut jadi tuanya tapi takut jadi pikunnya. Buat apa gitu kalau nggak ingat apa2 :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mak saya juga kadang takut pikun hiks

      Delete
  9. yuk kita semangat, walaupun tua tapi jiwa harus tetap muda : )

    ReplyDelete
  10. tua harus identik dng pemikiran bijaksana, semoga kita semua mnjadi orang yg bijaksana di hari tua nanti : )

    ReplyDelete
  11. Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu perlu proses.. Idealnya s emakin tua, semakin dewasa pula ya mak :)

    ReplyDelete
  12. Udah di fase pertengahan 30an. Jujur kepikiran takut jadi tua, tapi kan ini namanya hidup. Kalau ga mau tua masa harus menghentikan waktu. Sepi dong. Yasudalah, face it, live it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa tua yang penting jiwanya muda hehehe

      Delete
  13. Saya nggak takut tua, saya cuma takut kehilangan kamu *ngomong sama papahnya khalif* :DDDD
    #laludisorakin

    ReplyDelete
  14. Iya teh Tian.
    Saya takut tua. Takut keriput.
    Tapi in syaa allah tidak takut mati.

    Semoga khusnul khotimah, aamiin.

    ReplyDelete
  15. Suka tulisannya mba. Menjadi dewasa itu bener ga mudah.. kadang bs d 1 masalah tp ga d masalah lainnya hehe

    ReplyDelete
  16. Jadi dewasa itu susah ngga sih, Mbaa???
    *nunggu wejangan

    ReplyDelete
  17. Saya malah belum kepikiran menjadi tua.. hehehehe :D

    ReplyDelete
  18. Kalo aku sama genk selalu menolak tua dan langsung pada ngotot eits kita blm kepala 3 wkwkwk kami menyebutnya sindrome menolak tua :p

    ReplyDelete
  19. Kalo saya sih gak masalah keriput dan tua...yg penting bahagiašŸ˜Š (dan dewasa juga hehe)

    ReplyDelete
  20. Ari aku mah apa yaa. Masih banyak bertingkah konyolnya. Hehehe. Suka sama tulisan teh Tian, apalagi bagian yang. "Gak usah serius banget deh brow, dewasa ..." yang penting tau sikon kapan harus serius, kapan harus begini-begitu :)

    ReplyDelete
  21. Kutipan aa Gym nya bikin nyesss. Makasih dah mengingatkan, Teh :)

    ReplyDelete
  22. Setuju teh. Dalam kamus aku ada tambahannya, menjadi tua itu mutlak dan mnejadi dewasa itu adalah sikap. hehehe

    Semoga diusia kita yang semakin bertambah, kita bisa menyikapi hidup dengan bijak dan dewasa ya, teh.

    ReplyDelete
  23. waiyaa.. aku ngerasa banget nih..
    aku sama adek-ku udah umuran segini tapi masih berasa kayak anak-anak mulu teh..
    kenapa ya?
    wkwk

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook