Tips Jitu Menabung

by - 10:27:00 PM

Assalamualaikum,

Alhamdulilah sudah awal bulan lagi yah, sudah gajian? Eh gaji bulan kemarin sisa berapa? Nah dari sisa gaji bulan lalu itu pakai untuk belanja bulanan, kan gaji bulan ini jadi terselamatkan, nabung jadi lebih banyak bukan??? 



Yess, saya selalu belanja bulanan menggunakan uang sisa bulan lalu. Dan nyaris tidak pernah membelanjakan uang gajian di awal bulan. Kalau uang belanja bulanan menggunakan uang sisa bulan lalu, otomatis dong gajian bulan ini bakalan nabung dan nabungnya lebih banyak, saya selalu seperti itu. 


Hmmm jangan narik nafas dulu dong, saya yakin semua pasti gemar menabung, meski masih ada yang nabungnya di toko online atau di warung padang hihih namun percayalah, semua orang pernah merasakan hal itu termasuk saya. Namun seiring waktu akhirnya saya menyadari betapa pentingnya menabung, penting sekali. 

"Nabung itu susahnyeee minta ampun," celoteh seorang temen. 

Hmmm menurut saya sih, dulu menabung emang susah sebelum saya paham pentingnya menabung, bayangkan kalau mendadak ada keperluan atau apalah yang mengharuskan kita mengeluarkan uang, gimana? kalau enggak ada tabungan kumaha? minjem uang? Malah nambah pikiran yang ada, bener gak? seenggak itu bener menurut saya. 


Berapapun pendapatan kamu, kalau kamu masih boros maka bakalan enggak bisa menabung, biarpun kecil pendapatanmu namun jika pandai menabung dan mengatur uang maka tabungan akan banyak - Tian Lustiana
Saya punya tips sederhana yang akhirnya membuat saya bisa menabung :), temen - temen juga bisa mempraktekkannya kok :), yuuuk.

  • Saya menabung diawal bulan. Yess, saya mengambil uang kemudian ditabungkan diawal bulan, bukan dari sisa gaji. Karena kalau saya andalkan sisa gaji, saya selalu tidak kebagian sisa untuk menabung. Sudah dialami sendiri, percayalah haha. 
  • Tidak ada uang cash berlebih di dompet. Kebiasaan saya, uang cash selalu dibawah SERATUS RBU, haha. Dengan begini saya bisa mengontrol diri mengeluarkan uang, bisa bersabar untuk membeli sesuatu, apalagi kalau sekitaran mall susah atm, bagus banget haha. 
  • Save goceng. Saya menyelamatkan uang 5000 dan menyimpannya ke dalam celengan hello kitty, kemudian diakhir bulan uang itu akan saya setorkan ke bank, dan sudah berjala:). 
  • Hindari mall dan teman - temannya. Jangan iseng jalan - jalan ke mall dan teman  - teman mall itu, karena hanya membuat kamu lapar mata hahah. Jalan - jalan ke pasar tradisional aja dan bawa uang secukupnya, jadi begitu lapar mata langsung istighfar bahwa uangnya gak bakalan cukup, hihihi. 
  • Konsisten, penting. Jika sebulan kamu nabung 500ribu maka usahakan selalu segitu atau lebih baik jika lebih, jangan dikurangi. Konsisten aja bakalan nabung dengan jumlah yang sama dan bahkan lebih :), dengen begitu bakalan semakin semangat nyari uang :). 
Dari semua tips sederhana itu, lumayan cukup sukses membuat saya menabung, kalau yang save goceng itu saya baru menjalankannya 3 bulan, jadi selama tahun 2016 kemarin saya meluncurkan ide save goceng itu haha, lagi rame gojek soalnya, eh hubungannya apaan sih??? 

Eniwei, selamat menabung dan salam hemat. 


Wassalam,


Tian yang suka menabung



You May Also Like

26 komentar

  1. Menabung itu udah susah, sekalinya bisa nabung bulan depan gesek ATM >.< Makanya aku punya tabungan reksa dana supaya ngambil uang ga semudah gesek ATM hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya tabungannya jangan pake ATM :D hihihi simpen aja dibawah bantal ATM nya mak

      Delete
  2. wah.. sepertinya mba tian bener bener tipe yang rajin menabung dan pengendalian diri tinggi yah.. salut salut.. semoga bisa saya tiru.. aamiiin

    ReplyDelete
  3. wah.. sepertinya mba tian bener bener tipe yang rajin menabung dan pengendalian diri tinggi yah.. salut salut.. semoga bisa saya tiru.. aamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih saya juga masih mencoba untuk rajin :D

      Delete
  4. Mariii menabung, biar hidup happy.
    #savegoceng

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bener, tabungan banyak hidup senang :D

      Delete
  5. Tipsnya ane banget nih, maklumlah namanya juga anak muda yang baru dapet gajian setelah lulus SMK hehe

    ReplyDelete
  6. gaji sisa berapa? sisa dikittt ceuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    wkwkw
    masalae aku g punya tabungan xD jadi kadang khilaf ambil dari lemari :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihih tabungannya ada di lemari yaa mak :D

      Delete
  7. Kalo ada uang recehan di dompet, biasanya gak tahan buat jajan atau mau beli sesuatu...recehan disini tergantung orangnya aja, entah pecahan puluh ribuan atau ratus ribuan, itu tergantung orangnya.

    Masih susah buat ngejaga duit yang ada didompet, kalo disimpen di bank baru males ngambilnya yang pada akhirnya bisa menghemat deh. Menabung dibank menjadi pertahanan bagus dari rasa pengen jajan terus menerus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. recehan versi saya mah ya real recehan hahaha :D

      Delete
  8. Replies
    1. saya kangen shopping in uang tabungan :D

      Delete
  9. wah ulasan anda sangatlah membantu untuk para anak-anak untuk menabung, khususnya para siswa dan mahasiswa. tapi sekarang ini masih susah banget menerapkan hal seperti itu. udah banyak kejadian,

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya kudu niat dan konsisten :)

      Delete
  10. saya sempet nyoba yg the power of 20ribu itu mbak.. tapi... gagaaalll
    nice article buat yg susah nabung kayak saya. mau coba save goceng ahh

    ReplyDelete
  11. Semangat nabung! Aku bulan februari-maret 2016 ini pengeluarannya wow banget. Huhuhu Kudu nabung mulai April!

    ReplyDelete
  12. Kalau saya yang penting niat.. Kalau memang niat nabung harus lurus niat :)

    ReplyDelete
  13. mantap benar idenya. laksanakan ah. Emak-emak memang butuh banget hidup disiplin dari mall dan fiends :)

    ReplyDelete
  14. entah kenapa dari kecil saya lebih pandai menghabiskan uang dari pada menabung :(

    ReplyDelete
  15. kalau saya rela nggak jajan buat nabung...hiks... tapi hasilnya alhamdulillah bisa beli sesuatu yang diinginkan....

    ReplyDelete
  16. Hmm kalau masalah menabung memang pasti selalu ada godaannya tapi kalau yang sudah biasa godaan itu bisa dipatahkan tapi kalau yang buat baru nabung godaan itu tidak akan dengan mudah bisa dipatahkan oleh karena itulah menabung juga butuh niat yang kuat dan juga punya keyakinan.

    ReplyDelete
  17. Wah...Teh Tian, keren cara menabungnya! Saya tertarik dengan save goceng. Selama ini ada orang yang selalu menabung bila menemukan uang 20 ribuan. Saya belum bisa hi..hi..
    Saya coba praktekin ala Teh Tian, ah.. save goceng!
    Makasih sharingnya Teh :)

    ReplyDelete
  18. Saya jg klo bw uang suka pas2an, tp tetep aja tergoda buat gesek debit :(

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D