Cerita Tian

Resep Andalan keluarga

7:30:00 AM

Assalamualaikum, 

Resep andalan keluarga, kalau ditanya itu saya suka bingung jawabnya. Masalahnya semua masakan mamah  enak, pake banget. Jadi semua masakan mereka adalah masakan andalan. Tapi yang paling saya suka adalah sayur kuning ayam kampung ala mamah dan tumis udang rebon yang super pedas itu. 

Foto diambil dari hasil searching GOOGLE dengan kata kunci : sayur ayam kuning 

Sayur kuning ayam kampung

Bapak, sangat suka makanan ini. Rupanya tidak heboh dan sangat simple malah. Jadi, sayur kuning ayam kampung ala mamah ini gak banyak bumbu, namun kaya rasa.
Sayur kuning yang biasa mamah masak ini tanpa santan. Sangat nikmat sekali apalagi jika dimakan dengan nasi dalam keadaan sayurnya hangat.

Bahan yang harus disiapkan adalah : 

  • ayam, cuci bersih dan potong sesuai dengan selera.
  • air secukupnya
  • daun jeruk 
  • daun salam
  • serai
  • jahe
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang nanti dihaluskan.
Bumbu yang dihaluskan :

  • garam
  • bawang putih
  • bawang merah
  • cabe rawit
  • cabe merah besar
  • kemiri yang sudah disangrai sebelumnya
  • kunyit.
Cara memasak :

Ayam dicuci lebih dulu dan potong, sisihkan. Rebus air sampai mendidih dan masukkan ayam sampai empuk diikuti serai, jahe, garam dan daun jeruk.

Kemudian tumis bumbu halus, tambahkan daun salam sambil terus diaduk hingga harum, kemudian masukkan ayam dan kuahnya tadi lalu rebus sampai air berkurang. 


Sayang sekali, masakan ini tidak sempat saya foto, padahal bulan lalu mamah memasak ini karena dikasi ayam kampung dari Pameungpeuk, ah semoga ada yang kasi ayam kampung lagi dan mamah masak sayur kuning nan lezat ini. 

Dan masakan ini adalah masakan terlezat yang saya sukai, enaknya pake banget. Hampir mirip opor sih namun masakan mamah ini tidak pake santan. 


Wassalam,


Tian Lustiana 




You Might Also Like

10 komentar

  1. Tiap keluarga beda-beda yah menu andalannya, kalau di rumah lebih favorit kalau semur ayam atau menu sederhana plus lalapan enak banget itu mbak hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tiap keluarga makanannya enak - enak :D

      Delete
  2. Masya Allah ayam kampung juga favorit saya mbak...apalagi yg di fotanya diatas... menggiurkan sekali mbak... wah boleh nih resepnya dicoba mbak....

    ReplyDelete
  3. Masakan andalan keluarga saya itu adalah masakan yang di masak oleh mamah saya sendiri, itu rasanya bener2 nengdang benget mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nendang banget, apapun yang dimasak mamah itu lezat

      Delete
  4. Sluuurrrrpppp jam makan siang daaaann saya lapar niii mbaaa. hihihihihi.

    ReplyDelete
  5. Iya mirip opor ya mbak.. Kalau pakai ayam kampung memang rasanya beda, makan juga merasa lebih 'tenang'ya.. kayak lebih sehat gitu ;)

    ReplyDelete
  6. Aku juga sering masak ini di rumah. Eh gak sering2 banget sih. Paling gak sebulan sekali. Menu yang gampang buat menu keluarga :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook