Job Review

Perhatikan Ini Sebelum Beli Rumah

7:50:00 PM

Assalamualaikum, 

Bandung sekarang tuh cuacanya sedang tidak menentu, kadang panas pake banget kadang ujug - ujug hujan. Apalagi kalau rumahnya didaerah banjir, ah sudahlah tidak perlu diceritakan lagi gimana penderitaannya. Eh ngomong - ngomong rumah, saya jadi pengen curhat tentang nyari rumah yang sreg dan pas dihati serta di kantong nih, ciyeh. Rumah itu kan coock - cocok an ya, bukan soal mahal atau murahnya namun juga cocok atau tidaknya. 

taken from: urbanindo.com

Ada yang sedang berencana mencari rumah idaman di Bandung? Banyak kok rumah dijual di Bandung. Kalau iya, silakan lanjutkan baca tapi kalau tidak ya baca ajalah sampe selesai, siapa tau mau punya rumah juga di Bandung buat liburan daripada nginep di hotel kan? hihih. 


Oke, hal yang pertama dilakukan adalah cek kondisi keuangan deh, penting. Kalkulasikan semua pendapatan bulanan dan juga pengeluarannya, gimana kondisinya sehat? Kalau sehat ya mari lanjutkan untuk ke tahap berikutnya, namun jika kondisi keuangan sedang carut - marut ya sabar aja dulu dan banyakan doa serta nabung ya, biar cepat punya rumah, aamiin. 

Kondisi keuangan sudah mumpuni nih, sekarang tinggal niatkan dalam hati atau ikrarkan juga boleh, apakah mau beli secara kredit atau cash. Diskusikan dengan keluarga. Setelah keputusan ini lancar jaya nah selanjutnya adalah bayangkan rumah idamanya seperti apa. Misalnya mau yang kamar berapa, kamar mandinya mau di dalam atau di luar atau dapurnya mau outdoor dan hal lainnya. Oiya lokasi juga tentukan ya, cari rumah yang bebas banjir dan aksesnya mudah ditempuh. 

Kalau niat beli rumahnya dengan cara kredit, berarti persiapkan uang muka dan biaya lainnya seperti booking fee, biaya untuk akte dan biaya perintilan lainnya, sampai terjadinya akad nikah eh akad jual beli. Pastikan tidak memiliki cicilan dan kredit macet pada bank yang akan diajukan kredit. Dan harus sabar, karena pembelian rumah secara kredit membutuhkan waktu lama juga. Bukan hanya itu saja, biaya hidup sehari - hari harus ditekan biar lebih hemat heheh. POkoknya kenali lebih dekat deh konsiis keuangan kamu sendiri, biar lebih tenang. 

Periksa harga pasaran, jangan langsung tergiur dengan harga lakukan cek ricek terlebih dulu supaya tidak tertipu. Sekarang kan banyak properti online jadi cek aja dulu harga pasaranya. Kemudian jika sudah cari tenor yang sesuai, ada yang 5 tahun sampai 30 tahun, sesuaikan dengan kondisi keuangan jangan memaksakan diri mengambil tenor yang biaya bunganya murah karena kan lebih singkat otomatis cicilan perbulan jadi lebih besar dong. 


Jika semua sudah oke, pastikan juga kapan serah terima unitnya dan tanyakan kapan bisa menempati rumah barunya. Dan semoga dilancarka yaa urusan nyari rumahnya, dan juga supaya betah menempati rumahnya, aamiin. 


Sampai jumpa dipostingan selanjutnya :).


Wassalam,

Tian Lustiana 


You Might Also Like

3 komentar

  1. bener nih... nyari rumah itu memang butuh sreg di hati juga :D.. dan prosesnya kdg bikin sebel..aku aja yg nyicil lewat fasilitas housing loan staff di bank tempat aku kerja ngerasain bgt ribetnya.. panjaang pula.. -__-.. tapi sbrnya punya impian ya mbak, kalo udh pensiun ntr tinggalnya di kota yg ga terlalu sumpek kayak jkt, dan murah2.. cthnya solo :D.. tapi apa daya, kalo lwt fasilitas pinjaman kantorku, rumahnya harus di daerah tempat kita kerja, dlm hal ini ya jkt -_-

    ReplyDelete
  2. Baru kemaren bahas beli rumah sama suami, eh nemu artikel teteh kece ini. Makasih infonya ya teh. BTW ada info rumah murah-nya juga nggak teh? :D

    ReplyDelete
  3. hai... salam kenal :)

    mau sekedar menambahkan aja, jangan lupa siapin uang buat pajak jual-belinya. karna akte jual beli gak bakalan keluar kalo pajak belum di bayar lebih dulu.. karna kebeneran soal perpajakan cukup bikin gw dan suami ketar ketir pas ngurus KPR rumah (-__-)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook