Kaki Pegal? Coba ini deh

by - 3:53:00 PM

Assalamualaikum, 

Duh, kaki saya ini sering pegal. Hampir setiap malam suami harus mijitin sampai saya terlelap, duh makasih ya ayah. Padahal saya cukup rutin melakukan refleksi, namun meski sudah refleksi bahkan foot massage pun rasa pegal tak kunjung sirna, dan setiap mau tidur tetep harus dipijat suami, ah alasan itu mah Tiaaan. Heheh eh suer ini mah beneran, entah kenapa kaki saya ini selalu pegang, apalagi pas telapaknya.

Karena rasa pegal ini menahun, maka suami menyarankan untuk periksa ke dokter. Katanya takut ada apa - apa, jadi kan kalau sudah konsultasi ke dokter tenang. Ya udah saya pun menuruti kata suami, dan akhirnya kita ke dokter.

Saya menceritakan bahwa kaki saya akan terasa pegal setiap bangun dan hendak tidur, apalagi pas mau bangun tidur ketika kaki menapak lantai, duh rasanya sakit - sakit pegal gimana gitu deh.  Alhamdulillah sih penjelasan dari dokter cukup melegakan, kaki saya pegal hanya karena sirkulasi darah pada bagian arteri kaki saya tidak lancar, jadi saya tidak disarankan untuk menggunakan high heel atau boots tatakan kakinya tidak rata, saya bisa menggunakan jenis flat shoes saja. Atau kalau saya ingin agak sedikit gaya, saya bisa menggunakan sepatu wedges saja, karena kan wedges tatakan kakinya datar dan tidak membuat kaki saya lelah. Karena ketika berdiri terlalu lama akan membuat tekanan itu bertumpu pada otot belakang kaki, kebayang kalau pake high heels kan? Bisa tegang tuh otot kaki dan betis saya, pegal lagi deh. 

Selain itu, saya pun dinyatakan kelebihan berat badan. Oh yess dokter pliss jangan singgung masalah berat badan, sungguh saya merasa sedih. Jika berat badan saya tidak seimbang, maka otomatis kaki saya akan selalu pegal karena menopang berat yang tidak seharusnya, baiklah dok saya akan segera menurunkan berat badan saya, kalau bisa haha.

Untuk meminimalisasikan rasa pegal maka saya melihat beberapa channel youtube untuk melakukan peregangan, dan lumayan loh terasa enaknya. Saya kasi tau ya cara ringannya, simak deh.

Melakukan gerakan pertama :


Ini untuk peregangan otot kaki, duduk santai dilantai dan menghadap ke dinding dengan kaki lurus terus telapak kaki rata pada dinding. Sementara itu, duduk diatas bantal supaya lebih nyaman, luruskan tangan ke arah depan sampai bisa meregangkan dan memperpanjang otot betis dan paha belakang.

Gerakan yang kedua,

ini untuk melakukan peregangan pada kaki. Coba berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri simpan dibelakang, kemudian angkat serta arahkan jari kaki kiri ke bawah sampai menyentuh pada lantai. Rasakan peregangan di bagian atas kaki, kemudian tahan beberapa saat dan kemudian lakukan kebalikannya.

Baru dua gerakan yang saya hapal, hahaha masih banyak loh gerakan lain untuk meminimalisasikan rasa pegal berlebihan, dan lumayan sih terasa pegalnya akan berkurang.

Selain itu tadi, saya biasakan untuk merendam kaki dengan air hangat dengan menambahkan sedikit garam. Konon, air hangat yang dicampur dengan garam akan membuat otot kaki rileks, aaah ngebayanginnya aja udah asik. Atau dengan pijat telapak kaki juga bisa menghilangkan pegal meski beberapa saat saja namun jika pemijatan dilakukan dengan maksimal dan oleh terapis berpengalaman bisa juga benar - benar menghilangkan pegal.

Sekarang sih, pegal pada kaki saya gak terlalu kentara, palingan kalau abis jalan - jalan aja suka pegal, hihih.

Eh, kalau temen - temen pegal suka diapain? dipijat juga?



Wassalam,

Tian Lustiana







You May Also Like

18 komentar

  1. kalau terasa pegel banget dibuat tidur, kalu masih terasa ya pijit mbak biasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sudah pijit pun masih saja pegal hiks

      Delete
  2. kalau kaki pegal bisa rendam air hangat kukuh ditambah garam ya, bu...

    ReplyDelete
  3. saya kalau capek juga sering joget2 kaki hahaha lumayan lah daripada refleksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, saya kalau joged2 takutnya malah ga bisa berhenti karena keasyikan hahah

      Delete
  4. Kaki pegel tuh lumayan ganggu juga yah mbak, kalau udah pake high heels atau lari bakalan terasa banget pegalnya duh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kalau abis lari suka gitu pegel hiks makanya males lari, hihih alesan ga mau olahraga :D

      Delete
  5. aku kalo kaki pegel, dinaikin ke sova mak hehehe..kalo nggak diganjel tumpukan guling

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya emang paling enak ditumpukkan guling gitu

      Delete
  6. Merendam kaki dengan air hangat dan sedikit dicampur garam itu yang belum pernah saya lakukan. Jadi kepengin nyoba. Makasih ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  7. Sama Mba Tian, kaki saya juga sering pegal dan kalo lagi bersama suami biasanya saya juga minta tolong dia buat mijitin, hehe :)
    nanti coba praktekin dua gerakan itu ah, mudah-mudahan bisa manjur :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga biasa pegel kaki kalo habis jalan2 atau duduk kelamaan depan laptop :D.
    Gak kuatan pake high heels juga. Thanks tipsnya.

    ReplyDelete
  9. Untung aku ngga suka pakai hak tinggi. Eh, bukan krn ngga suka ding. Karena ngga punya. :D

    ReplyDelete
  10. kalo saya juga suka di pijit kalo pegal

    ReplyDelete
  11. Hmm kalau saya sih kalau pegal pegal menyerang biasanya kalau sudah melakukan aktivitas fisik seperti habis main futsal mbak jadi bawaannya tuh pegal pegal mulu.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih infonya bun, akan saya praktekan,,

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D