kesehatan

Inilah Rahasia Kunyit

2:18:00 PM

Assalamualaikum,

Hari sabtu gini enaknya leyeh - leyeh di rumah sambil ngemil yah, hihih atau jalan - jalan ke taman, atau masak di dapur menciptakan masakan baru yang lezat, mungkin. Eh ngomong - ngomong dapur nih, identik dengan bumbu masakan ya dan saya jadi inget sama kunyit, tahu kan kunyit??? Itu loh bumbu dapur yang kuning, hehe. 

Ternyata eh ternyata, kunyit ini banyak sekali rahasianya dan manfaat yang berguna bagi kita semua. 


Kunyit itu memiliki senyawa bioaktif dengan kemampuan obat. Senyawa ini kemudian dinamakan kurkuminoid dan yang paling pentingnya adalah kurkumin. Kurkumin itu adalah bahan aktif yang paling utama pada kunyit dan memiliki kemampuan anti - inflamasi plus anti oksidan yang kuat sekali.
Inflamasi ini penting, untuk menyingkirkan zat asing dan juga memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Tanpa kehadiran inflamasi, patogen semacam bakteri bisa merusak tubuh. Walau inflamasi dibutuhkan namun jika terjadi inflamasi kronis dalam waktu panjang malah sebaliknya akan menyerang jaringan tubuh. 

Maka dari itu kurkumin berperan sebagai anti - inflamasi yang alami dan sangat kuat sampai - sampai mampu menandingi beberapa obat anti - inflamasi lainnya, lebih bagusnya lagi kalau kurkumin pada kunyit ini tanpa efek samping dan bahan tambahan. Kurkumin serupa senyawa bioaktif yang mampu melawan inflamasi pada tingkat molekul. 


Dan sudah pada tahu belum sih bahwa kerusakan oksidatif itu adalah sebab dibalik penuaan dini dan segala macem penyakit? Termasuk radikal bebas dan molekul yang teramat sangat reaktif terhadap elektron tak berpasangan. Radikal bebas ini cenderung bereaksi dengan subtansi organik seperti lemak, protein ataupun DNA. Balik lagi pada kurkumin yang juga mampu menangkal radikal bebas dan teman - teman jahatnya itu. Kurkumin itu merupakan antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas plus bakalan menguatkan enzim antioksidan yang dimiliki tubuh. 

Bukan hanya itu, kurkumin pun mampu meningkatkan kadar hormon otak - Brain Derived Neurotrophic Factor- sejenis hormon pertumbuhan yang memiliki fungsi di otak. Karena banyak penyakit di otak yang katanya karena kadar hormon ini menurun, akibatnya penyakit mental depresi bahkan sampai alzheimer, jadi konsumsi kunyit ini mampu menangkal penyakit itu plus meningkatkan daya ingat. 

Kunyit juga bisa mengobati kanker, karena apa? karena kurkumin mampu menghambat perkembangan dan pertumbuhan serta penyebaran kanker. Kurkumin juga mampu mengurangi angiogenesis, metastasis dan mampu mematikan sel - sel kanker. 

Saya sempat berdecak kagum gini pada keajaiban yang dimiliki kunyit, keren banget yah bisa dijadikan ajang pengobatan secara konvensional. 

Masih banyak lagi loh manfaat keren lainnya dari kunyit :). 


Wassalam,

Tian Lustiana 


You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku suka minum jamu gendong dan banyakin sari kunyitnya.. Katanya sih biar tubuh kita gak lesu dan lemas saat beraktifitas ..dan memperlancar aliran darah juga katasnya sih gitu..

    ReplyDelete
  2. widihh,, ternyata kunyit banyak juga manfaatnya ya :-)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook