Opini

Tentang Apotik Hidup

10:09:00 AM

Assalamualaikum, 

Masih inget gak pelajaran jaman SD dulu, pentingnya apotik hidup di pekarangan rumah? Gara - gara lihat timeline fb yang penuh dengan postingan hidroponik, kok saya jadi inget apotik hidup yah. 


Apotik Hidup

Apotik hidup atau biasa juga disebut warung hidup itu bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghijaukan pekarangan rumah, menyegarkan juga. Jadi ingat dulu, kalau saya mimisan, mamah suka langsung ngambil daun sirih yang ditanamnya di depan rumah, dicuci dulu tentunya, terus daun sirihnya disumpelin ke hidung. Terus dulu mamah juga suka metik cengek, daun bawang, kemangi dari pekarangan rumah, hemat juga kan? Bukan hanya keluarga saya yang menikmati hasil apotik hidup pekarangan rumah kami namun tetangga juga kadang suka minta. Dulu, sewaktu masih di Garut itu pekarangan rumah luas karena namanya juga di Garut yah masih banyak lahan kosong, coba sekarang di Bandung duh pekarangan rumah sudah ditembok semua, eh tapi kan sekarang apotik hidup bisa ditanamnya menggunakan pot, ya gak? 

Sekarang kok ya saya jadi kepikiran juga untuk membuat apotik hidup, ya meski lahan pekarangan tidak mumpuni, namun saya masih bisa memanfaatkan pot. Menanam apotik hidup dalam pot pasti bakalan cantik, gak kalah lah dengan pot isi tanaman hias. 

Kira - kira tanaman apa saja yaa yang harus saya tanam? cari tau dulu deh manfaatnya, sebelum ditanam. 

Kunyit. Kunyit ini identik sekali dengan bumbu dapur, kunyit ini pun tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur namun juga bisa loh mengobati penyakit, diantaranya sebagai pencegah kanker, bisa untuk mengobati penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, sebagai anti oksidan, bisa mengatasi mual dan masih banyak lagi. Kebetulan saya kan kadar lemak dan kolesterolnya tinggi, nah pernah saya dibuatkan mamah parutan kunyit dan hanya diambil sarinya saja, rasanya? Lumayan gak enak sih namun kadar lemak dan kolesterol saya alhamdulilah turun. 

Jahe, hampir semua masakan korea pake jahe loh, hihih jadi alasannya karena masakan korea pake jahe terus saya mau nanam jahe?? Hmm ya ga gitu juga kali, hehe. Jahe ini kan bisa dibuatkan menjadi minuman penghangat tubuh dikala dingin, dipadukan dengan susu juga nikmat. Jahe juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bisa mengatasi masuk angin, mengatasi sakit kepala dan lagi – lagi bisa menghambat oksidasi kolesterol, halah saya ini emang mamah muda yang kolesterolan wkwkwk. Saya pernah buatkan jahe madu buat Marwah, Marwah bilang sih enak. 

Kencur. Saya biasanya pake kencur kalau mau bikin seblak, atau mau bikin nasgor kencur. Selain enak dipake bumbu seblak, kencur juga bisa memperlancar haid loh. 
Temulawak, bukan pelawak yah. Kurkumin ini bisa mengobati keracunan empedu dan hepatitis B, dan konon juga bisa membuat anak menjadi nafsu makan. 

Lengkuas, orang sunda biasa menyebutnya laja, *nyanyi india: laja laja hey*. Lengkuas ini mengandung zat aktif galangol methyl cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum yang telah dibuktikan mampu mengatasi pembuangan toksin dan radikal bebas dalam tubuh, menyembuhkan rematik, bisa meredakan diare juga loh. 

Seledri. Saya sangat suka sekali jika sayur sop banyak seledrinya, makanya kalau bikin sayur sop seledrinya suka banyak. Kalau menyantap bakso juga seledrinya harus banyak. 

Daun sirih. Pas abis lahiran dulu, saya disuruh minum godokan daun sirih sama nenek. Rasanya pahit kesat, tapi apa boleh buat ya dipaksakan saja minum katanya bagus untuk yang baru melahirkan. Orang tua jaman dulu ada yang suka nyeureuh, atau bahasa indonesianya apa yah yang ngunyah daun sirih itu? Pokoknya itu aja lah, fungsinya untuk memperkuat enamel gigi dan membunuh bakteri yang aktif dalam mulut. Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama jika mimisan.

Kemangi. Enaknya dimakan sebagai lalap pas makan ayam bakar dan sambelnya Bu Imas nih, hehe jadi laper. Atau dibuat karedok bersama kacang panjang, nikmatnya. Tapi ternyata daun kemangi ini memiliki manfaat untuk memperkuat system kekebalan tubuh, sebagai antiseptic alami dan bisa mencegah bau badan juga loh. 

Lidah buaya. Aloe vera ini bisa menghilangkan jerawat juga loh. Selain memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, bisa juga menghilangkan flek hitam pada wajah dan mengecilkan pori – pori. 

Sebenarnya masih banyak tanaman yang dikategorikan apotik hidup loh, namun sepertinya yang akan saya tanam segitu saja. 

Kalau temen - temen mau tanam apotik hidupnya apa??? 


Wassalam,




You Might Also Like

9 komentar

  1. Mbak, jd pengen ikut nanam TOGa dan beli2 pot deh.
    Di rumah ortu, tanaman2 di atas menjadi tanaman yg menjadi penghuni pekarangan rumah

    ReplyDelete
  2. wah banyak juga ya. Tapi memang bener, kalo jaman SD dulu sering banget nemu apotek hidup di sekitar rumah ^^ sekarnag udah jarang sih ya

    ReplyDelete
  3. bumbu dapur semua..tapi menyehatkan.. tapi kalo udah masuk gulai kasih santen beda lagi yah...he2, perlu kita tanem di sekitar rumah ya mba.....

    ReplyDelete
  4. Pengen deh, nanem-nanem toga...tapi lagi kumat malesnya hehe

    ReplyDelete
  5. Kalau sudah di kontrakan baru, saya mau nanam ToGa juga insya Allah

    ReplyDelete
  6. Wahhh... mau juga ah... menanam toga ini ^^

    ReplyDelete
  7. Di rumah saya, juga sudah ada tanaman apotik hidupnya mbak. Ada lidah buaya, sirih merah, pandan dan lempuyang. Pengennya sih ditambah lagi, supaya lengkap :))

    ReplyDelete
  8. Ada kumis kucing sirih merah daun dewa binahong temulawak kencur. Paling suka temulawak selain bermanfaat bisa juga loh di jadiin tanaman hias bunganya bagus hiii.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook