Begini Cara Saya Menghadapi MEA

by - 10:24:00 AM

Assalamualaikum,

Sudah pada tau dong ya tentang MEA, itu loh Masyarakat Ekonomi Asean yang merupakan kesepakatan antara negara - negara yang ada di Asia Tenggara dan membuka pasar bebas dikawasannya. Dengan dibukanya pasar bebas otomatis dong Indonesia bakalan diserbu dengan hal yang berbau unsur asing, ya maksudnya dari negara yang ada di Asia Tenggara gitu. Siapkan diri saja deh karena persaingan nantinya bukan hanya dengan bangsa pribumi saja, namun dengan bangsa dari negara se Asia tenggara, mulai dari pekerjaan, jasa, investasi dan hal lainnya yang berkaitan dengan perdagangan, sudah siapkah kita semuaaaa???? 

Persiapan Menghadapi MEA


Bersaing dengan orang Indonesia aja bikin pusing pala grandong, apalagi ini bersaing dengan orang asing di dunia kerja, halah mabok deh eyke.
Persiapan kudu matang, harus spektakuler dong mulai dari mempersiapkan soft skill dan hard skillnya. Tapi bukan cuman skill doang sih yang kudu dipersiapkan dengan baik, melainkan attitude juga harus dipersiapkan sebaik mungkin, mari kita persiapkan diri untuk bersaing sehat.

Sebagai blogger, ciyehlah blogger. Hehe ehm, selain blogger dan seorang karyawan plus seorang isteri dan ibu juga seorang anak dan kakak, duh panjang amat yah. Hihih, saya harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, mau tidak mau, suka tidak suka saya pun harus turut bersaing dalam dunia kerja dan perdagangan MEA ini dong. Nah ada beberapa tips ala saya yang mungkin bisa dipersiapkan menyambut MEA. 

Apa saja itu??? 

Yang pertama akan saya share adalah mempersiapkan SKILL, seperti : 

Networking, Bangunlah jaringan seluas mungkin agar karir dan bisnis berjalan dengan baik. Misalnya nih blogger ya perluas jaringan dengan agency atau blogger senior lainnya, kan dengan begitu kesempatan akan terbuka lebih luas, betul? 

Persiapan Menghadapi MEA

Bahasa Asing, kayaknya emang penting banget menguasai bahasa asing yah. Bukan cuman kudu pinter bahasa Inggris namun juga menguasai bahasa asing lainnya dapat menjadi nilai tambah.

Tambah wawasan dan pengetahuan, sering baca dan harus mengikuti update terkini selalu. Menambah wawasan dan pengetahuan bakalan menjadi bekal menghadapi MEA. 

Kedua adalah mempersiapkan ATTITUDE, seperti apa saja sih? Silakan baca yah. 

Rendah hati, bukan berarti merendahkan diri yah. Beda banget rendah hati dan rendah diri kan?. Dengan memiliki rendah hati artinya kita dijauhkan dari sifat sombong, dengan memiliki sifat rendah hati berarti masih ingin selalu belajar dan terus belajar. 

Open minded, penting nih dimana nanti kita masuk ke dalam lingkungan baru. otomatis akan banyak perbedaan budaya dan pola pikir juga kan? nah dengan pikiran yang terbuka maka kita akan bisa bersaing sehat dan menerima semua perbedaan dalam dunia atau lingkungan baru. 

Profesional, ini sih maknanya bisa diartikan banyak. Bisa diartikan tekun, bekerja keras dan fokus. Lebih baik lagi jika ketiga itu dilaksanakan secara bersamaan. karena kan orang biasanya melihat hasil pekerjaan kita, dengan bersikap profesional maka kita bakalan bisa menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. 


Itu aja sih sedikit sharing dari saya untuk mempersiapkan diri dalam Masyarakat Ekonomi Asean. Yuk mari upgrade lagi diri kita dengan sebaik - baiknya agar bisa menghadapi MEA dengan baik :). 



Wassalam,



*gambar diambil dari hasil searching google. (bangsacerdas.com)




















You May Also Like

11 komentar

  1. wah dua point kita sama ya. Yuk, mari persiapan menyambut MEA. Semangaaatt!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya sama, karena memang persiapan yang matang menghadapi MEA ini sudah banyak dipikirkan juga, jadi rata2 pemikirannya sama ya mbak Lianny, semoga kita bisa menghadapi MEA dengaan keren

      Delete
  2. Semua pihak memang harus siap menghadapi pasar raksasa ini.
    Produk harus jos, jasa juga kudu ciamik
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali pakde, produk dan jasa yang dijual harus ciamik,

      Terimakasih kunjungannya pakde

      Delete
  3. iya poin-poin ini penting banget nih ya mba. Jadi blogger juga harus bisa bersaing apalagi kalau mau menghasilkan melalui blog nya

    ReplyDelete
  4. Memperbaiki kualitas produk lokal, kalau masih banyak KW KW yaa kayane bakalan tergerus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beneer, bukan cuman itu. mental juga harus dipersiapkan demi menyambut MEA, kalau mentalnya masih konvensional ya bakalan tergerus juga ya mbak

      Delete
  5. bangun jaringan seluas mungki ya mbak, dikalangan blogger juga penting

    ReplyDelete
  6. Iya,setuju dengan attitude. Baik dunia nyata atau dunia maya, sama perlunya. Karena itu adalah aset. Btw, bahasa inggrisku belepotan nih. Harus banyak diupgrade hehe

    ReplyDelete
  7. mudah-mudahan saya siap untuk mengasah diri :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D