Lakukan Ini Jika Gelisah

9:45:00 AM

Assalamualaikum,

Kemarin, saya pernah curhat tentang perasaan yang tiba - tiba menjadi tidak enak dan resah gelisah tak menentu. Dan ternyata kegelisahan itu ada jenisnya, sudah baca belum artikel saya tentang yang ini? Kalau belum silakan baca dulu yah.

Klik ini aja buat baca artikel tentang perasaan yang tiba - tiba tidak enak

Kegelisahan yang berkepanjangan itu merupakan penyakit hati yang harus segera diobati. Jika tidak lekas diobati, takutnya bakalan muncul hal yang negatif yang merupakan dampak dari kegelisahan berkepanjangan itu, apalagi jika imannya sedang merosot. 

Lakukan Ini Jika Gelisah

Allah Swt tidak pernah memberikan ujian diluar batas kemampuan umatnya, itu janji NYA yang ada dalam Al-Quran : 


"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" Q.S Al - Baqarah : 286

Sebagai seorang muslim tentu saja kita harus yakin dan percaya pada janji Allah Swt, bahwa semua kegelisahan dan masalah yang menimpa kita ini pasti akan dengan mudah dihadapi, asalkan terus mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Back to kegelisahan itu, kalau kegelisahan terus menerpa berkepanjangan harus bagaimana dong???

"(yaitu) orang - orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah - lah hati menjadi tentram" Q.S Ar - Ra'du : 28. 

Dari ayat itu disebutkan dengan sangat jelasnya, bahwa dengan mengingat Allah Swt maka jalan terbaik dan ketenangan hati akan dengan mudah didapatkan. 

Banyak cara yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

  • Shalat, tentu ini adalah kewajiban kita semua sebagai umat muslim, ini adalah salah satu bentuk berkomunikasi dengan Allah SWT, bermunajatlah pada NYA dan tumpahkan semua keresahan dan kegelisahan hanya kepada NYA. 
  • Bersyukur. Dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat 7, "Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumatkan, jika kamu bersyukur akan karuniaKU, pasti akan AKU tambah untukmu,, jika kamu ingkar, sesungguhnya azabKU sangat pedih". Maka bersyukurlah pada semua kenikmatan yang telah Allah SWT berikan, sekecil apapun itu. 
  • Dzikir. Berdzikirlah pada setiap helaan nafasmu. Karena dzikir bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Dzikir adalah amalan yang terhitung mudah dan ringan untuk dikerjakan, karena bisa dikerjakan dalam hati sambil melakukan pekerjaan lain. Ucapkan kalimat thoyyibah secara lisan atau dalam hati secara terus - menerus untuk menenangkan hati.( Astagfirullaaha'adziim, subhanallah, alhamdulillah, laa ilaa ha illallah, allahuakbar). 
  • Yakin pada pertolongan Allah. Namanya juga hidup, masalah pasti saja singgah. Karena ujian dan masalah itulah yang merupakan ujian dari Allah SWT untuk mengukur ketakwaan dan keimanan kita pada NYA, meski kadang masalah itu datang merupakan peringatan dari NYA agar kita kembali mengingat NYA. Yakinlah bahwa semua kegelisahan dan masalah akan cepat berlalu dengan pertolongan NYA. Dan jangan pernah berputus asa, JANGAN. 
  • Alquran. Bacalah, pelajari dan amalkan. Biasakan mengaji dan mengkaji isi Al - quran. Karena Al - quran adalah pedoman kita sebagai umat muslim, dan sudah seharusnya dijadikan pedoman hidup. Karena dalam Al - quran semua masalah ada solusinya. Seperti yang ada dalam surat Al - Isra 17 : 82 , " Dan kami turunkan dari Al - quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang - orang yang beriman dan Al - quran itu tidaklah menambah kepada orang - orang yang zalim selain kerugian.". 


Mendekatkan diri pada Allah Swt adalah cara jitu menghilangkan semua kegelisahan dan kegundahan hati. 



Wassalam,


Tian Lustiana 

You Might Also Like

17 komentar

  1. setuju banget teh...
    kalau aku ngandelin sholat banget.. makanya kalau galaunya pas lagi haid rasanya gimanaaaa gitu.. ngga bisa sholat.. tambah galau huhu..

    ReplyDelete
  2. Kalo sedang gelisah..hati tidak tenang..pikiran suntuk.. memang tidak ada tempat lain untuk mengadu selain shalat ya Mba.. Apalagi pas tahajud.. langsung ,endapat ketenagan jiwa yang hakiki rasanya..

    ReplyDelete
  3. Ultimate solution ya mba. Emang paling bener mendekat ke Yang Punya Hidup.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget mbak. Cara paling amouh memang mendekatkan diri pada Allah. Hanya terkadang kita lupa akan hal itu *termasuk aku*.

    ReplyDelete
  5. iya setuju banget, ujung2nya semua perkara dipasrahkan sama yg diatas.
    semoga kit semua selalu dalam perlundunganNya yaa

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah setelah ikut pelatihan selfhealing sedikit bisa mengatasi kegalauan sendiri tapi tetap yang paling bikin tenang dan teduh hati ya kembali ke Sang Khalik T_T

    ReplyDelete
  7. Karena hanya Allah segala permasalahan hidup bisa ditangani. Bener banget apa yang Tian Ulas diatas, bikin saya jadi ingat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener teh Yuli, semua diserahkan saja pada Illahi Robbi

      Delete
  8. Kalau gelisah, trus los fokus, terus semua salah. Wudhu ah

    ReplyDelete
  9. Allah tempat mengadu segala gundah..

    ReplyDelete
  10. Betul banget mbak, kalau lagi sedih dan gelisah pelarian yang terbaik cuma kesana. Semoga nggak hanya pas kita lagi sedih aja ingat sama Tuhan :) makasi mbak sharenya.

    ReplyDelete
  11. Saya mengandalkan satu mba "Ingat kepadaNya" mungkin dengan sholat atau berdzikir dan bertemu dengan kawan lama.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Part Of

Protect By

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.