Tentang Phobia

by - 10:25:00 AM

Assalamualaikum, 

Phobia, sudah pada tahu dong apa sih phobia itu??? Ya phobia adalah rasa takut yang sangat berlebihan pada sesuatu atau kondisi tertentu dengan tidak dilandasi alasan yang kuat. Contohnya saya, ya saya adalah salah seorang yang takut akan ketinggian *apalagi orang - orang yang "tinggi"* heheeh, saya selalu merasakan debaran jantung yang menjadi cepat dan rasa was - was serta takut yang berlebihan jika berada diketinggian. Seperti ketika saya naik tangga kaca, tau kan yah? tangga yang pijakannya kaca, ketika naik itu jujur jantung saya berdegup kencang dan air mata langsung mengalir, saya nangis karena takut. 

Tentang Phobia

Phobia ini banyak juga jenisnya loh, ada phobia khusus yang mana pengidap akan mengalami semacam ketakutan berlebihan kepada sebuah objek atau kondisi tertentu, misalnya takut anjing, kucing, ketinggian *kayak saya*, takut gelap dan harus selalu terang serta ketakutan lainnya. Atau mungkin takut pada mantan??? takut ketemu maksudnya, #eh. 


Phobia sosial, orang yang memiliki phobia sosial ini suka menghindari atau males dan tidak mau berada di tempat yang ramai, takut menjadi perhatian banyak orang, padahal kan engga yah malahan saya lebih seneng diperhatiian, hihihi. 

Phobia kompleks, phobia yang ini menjadikan orang takut jika berada di tempat terbuka atau di tempat ramai, yah hampir sama dengan phobia sosial kali yah. 

Jadi penyebab phobia ini apa sih???

Phobia ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal yang memang ia takuti yang sebenarnya sih biasa aja ya tapi ditanggapinya terlalu berlebihan dan tekanan dibawah alam sadar ini lah yang memiliki pengaruh besar, seperti saya nih ketika berada diketinggian itu suka banyak masukan dari dalam alam bawah sadar seperti takut jatuh lah, gimana kalau ginilah kalau gitulah pokoknya semua hal buruk terbesit dalam benak saya, perlahan saya juga sedang melawan rasa takut itu. 

Ketika phobia sedang hinggap biasanya jantung saya berdebar kencang, nafas pun serasa sulit padahal saya tidak sesak nafas, dada terasa terhimpit, keringat dingin keluar, mules, gemetaran, kepala pusing dan lemas. 

Teman saya, seoragn psikolog dan tidak mau disebutkan namanya, heheh beliau menjelaskan bahwa phobia saya ini bisa sembuh loh asal saya nya niat juga mau sembuh. Inilah yang beliau paparkan kepada saya : 


  • Dengan menjalani hipnoterapi, jadi nanti saya akan diberikan sugesti untuk menghilangkan rasa takut akan ketinggian, istilahnya dihipnotis gitu.
  • Desentisasi sistematis, harus rileks serileks - rileks nya dan bayangkan berada di tempat nyaman dan indah meski saya berada ditempat ketinggian.
  • Abreaksi, katanya melalui cara ini saya akan dilihatkan gambar ketinggian,sampai saya merasakan tidak takut terhadap ketinggian itu, oke kalau saya sudah tidak takut maka diajak ke ketinggian sebenarnya secara perlahan dengan pegangan tangannya dan mulai membuka mata perlahan. 
  • Reframing, bayangkann kembali awal ketika saya merasa takut ketinggian, ini biasanya ditemani psikolog untuk konseling.
  • Kalau yang phobianya akut banget sampai depresi itu harus diberikan obat anti depresan, tapi ini untuk mereka yang tingkat phobianya sangat akut dan sampai meninggalkan kecemasan ekstrem. 
Teman saya pun mengatakan, sebenarnya niat dari diri saya sendiri agar tidak takut ketinggian, katanya sih saya harus sering naik roller coaster, dan saya langsung bergidik hiiii takut jangankan naiknya, melihat orang naik roller coaster saja saya yang teriaknya. 

Kalau temen - temen punya phobia gak? share yuk :) 


Wassalam,


Tian Lustiana 




You May Also Like

35 komentar

  1. kalau saya takut ular. Lihat gambar ular aja takut. Apalagi lihat beneran hiii ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih saya juga takut ular mak tapi kalau liat gambarnya doang sih enggak :D

      Delete
  2. saya takut pantai, awalnya karena bayangannya takut kelelep hehe. tp setelah coba dikit2 deketin..main airnya, mainpasirnya..eh asik juga ya pantai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih asik loh di pantai itu bisa selfie :D

      Delete
  3. Saya takut ulet teh, kalau ada ulet kecil, suka langsung gatel-gatel sendiri, padahal ga pegang sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish saya juga geli sama ulet apalagi ulet bulu :D

      Delete
  4. aku takut klo liat kecelakaan, trauma karena adik dua kali kecelakaan motor dan aku yang nunggu di rumah sakit sampai sembuh. trauma liat luka - luka n berdarah2nya itu .. hiks

    ReplyDelete
  5. kalau binatang berbisa dan buas wajib di phobia... tapi klo yang lain apa ya..rasanya ga ada..he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya sih tapi emang beda - beda sih ya mbak

      Delete
  6. Kalau saya phobia laki-laki teh, makanya suka perempuan, xixiixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kalau ngaca takut donng :P

      Delete
  7. Aku phobia sama tempat gelap.. Pikiranku kalo tempat gelap itu berhantu..haha.. Dari kecil sdh phobia gelap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalau gelap pikiran suka aneh - aneh ya mbak

      Delete
  8. jangan jangan aku masuk ke pobhia sosial
    aku orangnya suka males klo di kerumunan atau diajak ngobrol orang yang ga gitu kenal, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihih harus banyak kopdar nih

      Delete
  9. kalau phobianya sdah akut memang harus ada terapi...saya takut ular mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang harus diterapi yah, ish saya juga takut sama ular

      Delete
  10. Saya phobia kalau bokek, suka pusing dan mual xixixi... aku phobia ketinggian mak :)

    ReplyDelete
  11. kalo aku phobia ama jarum suntik, langsung nangis kalo melihatnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi dulu waktu kecil aku juga gitu hohohoh dan sampai sekarang juga takut tp skr ga nangis

      Delete
  12. Aku takut jeruk teeh.. skrg sih udah agak mending bisa megang *demi ioo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya takut jeruk? kalau saya ga suka bau jeruk, tapi jeruknya mau :D

      Delete
  13. Saya (menganggap) phobia sama dua binatang, Mak... Si U dan si K, hehe. Sama si kucing sih bisa ditahan, bukan phobia mungkin tepatnya, hanya takut. Tapi kl sama si U, lihat gambarnya aja merinding bgt! Sering saya gak mau denger nama itu disebut, takut kebayang-bayang. Wew. Salam kenal, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah mak jangan dibayangin tar merinding heheeh

      Delete
  14. Aku phobia ketinggian dan anjing. Ketinggian kadang masih bisa ditolerir tapi kalau ketemu anjing,bawaannya pucet..

    ReplyDelete
  15. Aku phobia jarum ma ular. Rasanya ituuuu hiii

    ReplyDelete
  16. Aku nih phobia kecoa, kalo udh ketemu duuhh mendingan kabur deh.

    ReplyDelete
  17. kalo aku phobia apa ya, biasanya nggak terlalu kelihatan, karena takutnya dalam batas wajar.

    ReplyDelete
  18. Aku phobia ruang sempit, padahal rumahku juga kecil. Apalagi kalau tidak tau jalan keluar, kayak di labirin rumah terbalik di Malang lalu. Napasku langsung sesak. Untung ketemu cahaya luar sebelum pingsan.

    ReplyDelete
  19. Aku pobia sama cicaaak iihh
    getex

    ReplyDelete
  20. Paling takut sama yg namanya ulat.. Walaupun yg ukuran kecil sekali.. Pernah sampek jatuh naik motor gara2 ulat gelantungan

    ReplyDelete
  21. Saya phobia ketinggian. Pernah beberapa kali dilawan spt dgn naik flying fox, tapi masih belum hilang juga sih.

    ReplyDelete
  22. aku phobia bolong-bolong mbakkk, huaa angeri dah kalo udah liat yg bulat bolong2

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D