Selasa, 05 Januari 2016

Tentang Fatamorgana

Assalamualaikum, 

Kemarin, sekelebat lihat iklan magician yang bilang "semua ini adalah fatamorgana" padahal biasanya juga ada magician yang bilang "Semua ini adalah ilusi", hmmm jadi beda magician beda ya tagline nya, hihih ya eyalah. 

fatamorgana


Tentang fatamorgana, ini menarik perhatian saya. Tentang fenomena dimana optik yang biasa terjadi pada tanah lapang yang luas atau jalan tol yang nampak nyaris seperti hamparan padang es, penuh air gitu. Kadang terjadi kalau lagi panas banget tuh, liat perjalanan di depan mata itu kayak genangan air, nah itulah fatamorgana. Pembiasan cahaya melalui kepadatan yang beda, menjadikan sesuatu yang tidak ada seakan menjadi ada. Kadang memang fatamorgana ini suka dijadikan bahasa kiasan sehari - hari yang mengharapkan sesuatu terjadi, padahal itu tidak mungkin. Ya kurang lebih seperti itu. Yah seperti saya yang menginginkan makan masakan korea langsung dari korea namun apa daya yang ada masakan kokoreaan ala saya, eeh. 

Kalau di gurun pasir, fatamorgana ini menyerupai danau. Yang sebenarnya danau ini adalah pantulan dari langit yang kemudian dipantulkan udara panas dan udara panas inilah yang berfungsi layaknya cermin. Fatamorgana ini asalnya bahasa italia yang tiada lain adalah nama dari saudara nya raja Arthur, Faye Le Morgana yang melainkan seorang peri yang sering berubah rupa, makanya disebut fatamorgana kali yah. 

fatamorgana
Jadi inget pelajaran fisika pas SMP dulu ih, tentang konsep pembiasan. Dalam pelajaran fisika prinsip fatamorgana terjadi itu adalah awalnya dari proses pembiasan yang terjadinya pada dua medium melalui lapisan udara yang suhunya berbeda. Perbedaan kerapatan antara udara dingin dan udara panas. Udara dinginnya memiliki kerapatan yang lebih pekat dan lebih berat dibandingkan udara panas. 

Tapi dalam kenyataannya adalah lapisan udara panas yang ada di dekat tanah atau lapangan itu terperangkap oleh lapisan udara yang lebih dingin. Yang kemudian cahaya dibiaskan ke arah garis horisontal pandangan dan akhirnya berjalan ke atas karena terpengaruh pemantulan internal total. 

Ish apaan sih pemantulan internal total itu?? 

Total internal reflection, atau pemantulan internal total itu sebuah proses pemantulan seberkas cahaya *nike ardila ini mah* pada permukaan batas antara satu medium dengan mediun lainnya yang menghasilkan indeks bias lebih kecil. Dengan begitu cahaya berjalan di dalam medium yang indeks biasnya seperti air, kaca dan plastik ke indeks biasnya yang lebih rendah, seperti udara. Hihih jadi nostalgiaan gini sama ilmu fisika. 


Fatamorgana ini suka terjadi pas siang hari, saat matahari sangat terik yang kemudian membuat aspal menjadi panas. Nah aspal panas itu meradiasikan panas sehingga sehingga udara disekitar jalan menjadi panas, udara panas kemudian memantulkan bayangan langit biru serta awan maka yang kita lihat seperti kolam isi air. Suka terjadi dijalanan yang luruuuus, kayak tol. 

Jadi fatamorgana terjadi bukan karena mata lelah, fatamorgana ini nyata dan jika difoto juga nyata kok. Nah kalau yang magician katakan bahwa trik sulap dia cuman fatamorgana gimana? berarti sulapnya nyata dong? hihihi itu mah kita yang ditipu trik sulap mereka yang keren, mata kita dibiaskan. Hahaha. 


Wassalam,
Bandung yang sedang panas, 2016 

Tian Lustiana 


18 komentar

  1. EHm..jadi fatamorgana nyata toh, selama ini taunya fatamorgana itu hanya sebatas semu atau ilusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga selama ini sangka cuman ilusi, ternyata itu ada akibat pembelokkan sinar ya

      Hapus
  2. Eh aku pernah fatamorgana pas naik motor di jalan raya yang luas. Kayak lihat ada genangan air gitu Mak, trus aku langsung pengen minum es teh hhahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sekalian sama makan bakso enak kayaknya :D

      Hapus
  3. Saya udah lupa pelajaran fisika mba. Dan di sini saya belajar lagi ttg apa itu fatamorgana. Jadi peristiwa fatamorgana itu nyata tapi apa yang kita liat itu ilusi? Karena sebetulnya nggak ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iyaaa, bukan ilusi. aspal panas itu meradiasikan panas sehingga sehingga udara disekitar jalan menjadi panas, udara panas kemudian memantulkan bayangan langit biru serta awan maka yang kita lihat seperti kolam isi air

      Hapus
  4. senada dengan Mbak Aireni, saya pikir fatamorgana itu adalah sesuatu yang semu ternyata fatamorgana itu nyata??

    BalasHapus
  5. Ah iyaa, inget pelajaran IPA dulu

    BalasHapus
  6. Yg paling sering tuh melihat fatamorgana ketika habis hujan.. dimana ketika itu kita bisa melihat di jalanan kayak ada kolam atau danau ya Mba.. Padahal itu tipuan mata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa hehheeh :D tapi biasanya fatamorgana itu ada pas panas siang hari mbak

      Hapus
  7. Nah lho? Aku jadi bingung ini. :D

    BalasHapus
  8. Skrg jarang lihat fatamorgana, jalanan penuh mobil terus, pandangan tidak bebas. Bahkan di jalan tol siang2 pun susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa sekarang macet dimana - mana jadi susah nemu fatamorgana :D

      Hapus
  9. Trus makna "dunia hanya fatamorgana" kira2 apa yak? ^_^

    BalasHapus
  10. Saya dulu tahunya fatamorgana itu ilusi juga teh, ternyata itu benar adanya ya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon