Saya Pakai KB, Jadi Marwah Belum Punya Adik

by - 4:06:00 PM

"Marwah belum punya adik?"
"Emang Tian KB nya apa?"
"Marwah kan sudah 7 tahun, kenapa belum dikasi adik?"

Pertanyaan itu muncul, selalu dan terus menerus. Memang sih saya belum pernah mengalami ada pertanyaan "kapan nikah?" karena dulu saya nikahnya muda, kemudaan malah. Tapi, lima tahun belakangan saya kadang suka ditanyain pertanyaan yang sama menyebalkannya dengan pertanyaan "kapan nikah?". 

Kenapa saya bilang menyebalkan? karena mereka yang bertanya itu orang yang sama, dan saya selalu menjelaskan panjang lebar dan akhirnya mereka tersenyum kemudian bertanya lagi dan kemudian saya manyun, udah gitu aja. 


Lebay, emang saya terlalu lebay atau emang yang nanya nya lebay? entahlah. Tapi saya mau sharing sedikit nih seputar KB yang saya pakai. Ya, saya KB itulah sebabnya kenapa Marwah masih belum punya adik bayi, hehehe. Saya KB 10 tahun. Jangan shock gitu ah, biasa aja kali. 

Saya melakukan KB dengan IUD Andalan yang berbentuk batang plastik bentuknya kayak T dan memiliki ukuran sekitar 3 cm, dan dibalut tembaga sekitaran 380mm2. Kenapa saya memilih IUD Andalan?? karena IUD Andalan ini akan mencegah saat sel telur mengalami pelepasan, sehingga enggak bakalan terjadi pembuahan alias gak bakalan hamil. Bukan itu saja, IUD Andalan juga bisa mengurangi mobilitas sperma supaya tidak membuahi sel telur.

Dan, IUD Andalan ini mampu mencegah kehamilan sampai 99.4% jika dipasang sesuai dengan prosedur dan dikerjakan oleh bidan dan dokter terlatih. 


Kenapa saya pilih IUD Andalan??? 



  • IUD Andalan harganya murah, terus selain itu juga efisien karena kan cukup satu kali saja, tapi pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga ahli yess, jangan masang sendiri, wkwkwk. 
  • IUD Andalan merupakan pilihan alat kontrasepsi non hormonal jangka panjang yang aman, efek sampingnya minim sekali. 
  • IUD Andalan mampu mencegah kehamilan sampai 10 tahun.
  • Jika sudah tidak menggunakan IUD Andalan ini, akan cepat subur kembali dan segera hamil sesuai dengan harapan, inshaa Allah. 
  • Sama sekali tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. 
  • Mencegah kehamilan ektopik. 


Untuk efek sampingnya sih palingan perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama saja. Dan kalau memang pemasangannya benar sih gak bakalan ada efeksamping lainnya. Setelah memasang IUD Andalan harus memeriksakan pada bidan atau dokter selama setahun sekali. IUD Andalan juga bisa dipakai kapan saja asalkan sesudah haid. 

Jadi, Marwah punya adiknya nanti yaa pas usianya 10 tahun. Masih ada 3 tahun lagi nih buat persiapan menantikan adiknya Marwah, hehe. 



You May Also Like

23 komentar

  1. aku pernah ketemu pasien iud mbak, katanya abis pasang iud trs pendarahan, kalau kejadian gt mungkin karena pasangnya kurang tepat ya mbk,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin emang masangnya yang tidak tepat dan kalau ada keluhan nyeri ia cuekkan, pemasangan itu kan ada masa adaptasinya jadi dalam beberapa bulan gitu dia adaptasi ada yang pendarahan dan peralihan masa haid, nah kalau pendarahan seharusnya cepetan periksa lagi

      Delete
  2. Hemm kalau pake kb iud andalan kok ada perustiwa berdarah2 itu berarti masangnya gak bener ya mak? Dlu adik iparku gt kaya pendarahan gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya emang gak tepat pemasangannya :D

      Delete
  3. woogh, lama juga ya KBnya sampai 10 tahun :D

    ReplyDelete
  4. aku ga kabe mak..tapi ga jadi2 juga *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sebentar lagi deh Raffi punya adik :D

      Delete
  5. sama doong ..aku juga pake IUD :)

    ReplyDelete
  6. Sepupuku pake IUD malah nyasar ke rahim Mak, tahunya udah 4 tahunan pas dia ngerasa sakit. ternyata stlh di-USG ada IUD itu. Akhirnya oprasi gt. Pantes waktu itu hamil lagi padahal udah pasang KB

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seyerem yah, tapi kalau pemasangan tepat dilakukan ahlinya dan perawatannya serta check up nya oke saya rasa ga bakalan ada masalah :)

      Delete
  7. saya udah 4 tahun menikah mba.. dan saya kepingin banget pasang KB.. tapi suami selalu melarang untuk pakai KB, karena banyak alasan-alasan tertentu..

    terimakaish atas informasidan sharing nya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya setiap pasangan berhak di KB atau tidak mak :)

      Delete
  8. takut saya pake iud mak, adik ipar kebobolan pake ini...

    ReplyDelete
  9. bicara ala Obgyn, "Bu Tian umurnya berapa sih? Oh masih muda? Ya tenang saja, nggak usah buru-buru punya anak lagi, nanti dikasih kalau sudah waktunya ya" hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku juga pakai IUD mak, saran dr dokterku untuk surivor kanker tdk disarankan KB yang mengandung hormon. Mkanya pakai IUD....dan trus inget ini IUD udh brp tahun ya terpasang :)))

    ReplyDelete
  11. Udah 7 tahun, saatnya lepas iud tuh, Mbak. :D Nunggu 3 tahun kelamaan. Bhahhaa

    Etapi, udah program, ya.

    ReplyDelete
  12. kalau dilihat2 IUD manfaatnya bagus juga ya, tapi kadang suka horor (apa ditakut2in) sama cerita orang yang begini lah begitu lah saat pakai IUD. hemm....

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah aku ga pernah KB, dan ketika dirasa cukup, ya langsung steril aja hehe

    ReplyDelete
  14. Aku pake spiral juga sudah 12 tahun ini. Ganti tiap 5 tahunan, jadi sudah 2 kali ganti :)

    ReplyDelete
  15. Tian pake IUD? Ngeri gak sih pakenya? Aku pake inplant...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D