blogging

Ketika Bingung Menuangkan Ide

12:39:00 PM

Edisi curhat ah. Boleh lah sesekali saya curhat kan? Hehe. Saya suka nulis, dari kecil dan saya juga suka ngeblog dari jaman dulu, sebenarnya saya juga punya multiply namun isinya semua curhat abegeh, karena tahun 2004 an itu saya benar - benar masih abegeh haha. Kemudian saya kembali eksis ngeblog lagi sekitar tahun 2006 dengan platform blogspot, dan curhat lagi. Setelah melahirkan, 2008 baru kepikiran lagi untuk ngeblog dan sampai sekarang masih istiqomah, semoga selau mau menulis dan menulis. Masalah ada yang baca atau enggak sih terserah, yang penting saya menulis. 

Ketika Bingung Menuangkan Ide



Tapi meski saya suka menulis dari kecil, kadang saya suka bingung deh ini nulis harus mulai dari mana sih, padahal ide udah numpuk. Ada yang pernah mengalami seperti saya? hehe emang beneran suka bingung deh harus dimulai dari apa nih, harus dimulai dari mana nih untuk menuangkan ide yang berkecamuk dalam otak ini, padahal lagi semangat banget. Namun karena bingung gak tau harus mengawalinya dari mana yang ada ngegantung lagi didraft, dan gak jadi posting, oke makasih kalau gitu. 


Padahal yah, itu ide udah nongkrong cantik aja tapi karena bingung, ya udah tuh ide gak jadi postingan, dan masih menjadi ide yang belum bisa saya pecahkan, haha. 

Dikala saya sedang bingung



Untuk menulis sebuah postingan, saya sih termasuk yang sangat simple. Apa yang ada dalam otak, adalah ide, saya tuangkan sesuai gaya bahasa saya dalam tulisan, saya sudah bisa membayangkan kerangka tulisan yang bakalan saya kembangkan itu kayak gimana. Jadi, saya untuk menuliskan sebuah postingan itu gak perlu outline, udah kebayang lah. 


Yang penting buat saya adalah ide, itu kunci utama menurut saya. Ide bisa membuat dan menentukan sebuah postingan, tapi kalau ide ada tapi gak tahu harus dimulai dari mana sih, ya wassalam saja, BYE. 
Saya termasuk orang yang sering bingung, haha. Kalau sudah bingung gini biasanya saya suka baca apa saja, baca novel atau koran atau apalah - apalah yang pasti saya bisa menemukan ide yang lebih. Karena saya anggap ide yang saya temukan belum kuat sampai saya tidak bisa meneruskannya dalam bentuk tulisan. 

Kadang, kalau saya sudah stress dan bosan tetap tidak menemukan ide untuk menuliskan paragraf awal maka ya udah saya menyerah dengan ide itu dan mengganti idenya dengan yang baru. 

Horeee, Sudah ditemukan 

Oke, saya sudah menemukan langkah untuk mengembangkan ide, menuliskan sebuah paragraf. Tapi ini juga harus memerlukan efort yang sangat keras karena biasanya orang akan meneruskan membaca tulisan kita jika paragraf awal ini menarik, oke berarti ini membuktikan bagaimana para pembaca blog akan terus membaca atau berhenti dan meninggalkan blog, sedih. 

Menulislah, tuangkan semua yang ada dalam otak. Kerahkan semua kemampuan dengan sebaik - baiknya, semangat lah intinya. Kalau paragraf awal sudah lancar, maka seterusnya bakalan lancar selalu dan mengalir. Dan tuangkan terus sesuai dengan passion dan gaya bahasa, asik kan kalau nulis idenya muncul terus dan santai juga nulisnya, cocok deh. 

Jangan lupa, gunakan kata penutup. Jangan digantung, karena digantung itu sungguh enggak enak sekali sodarah, haha. 

Seperti ini nih, saya sudahi tulisan ini.  Semoga bisa melancarkan menuangkan ide yang bersemayam dalam otak yaaa. Dan jangan lupa sambil nulis itu wajib senyum supaya bahagia lahir batin, aamiin. 




You Might Also Like

18 komentar

  1. Makasih ya Mba sharingnya, hihi saya kadang suka bingung nutup tulisan, jadi tulisannya sering ngelantur kemana-mana dan... panjang hehe

    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, terimakasih kembali :)

      Salam kenal juga yah mbak Mustika

      Delete
  2. toss dlu mbak tian, ternyata bukan hanya diriku seorang yang mengalaminya yah? :)
    sering banget ide udah nongkrong cantik di kepala malah jadi draft karena gak jadi posting :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss mbak :)

      Emang yah kala ide lagi nongkrong suka masih galau aja ngembanginnya :D wkwkwk

      Delete
  3. Aku kalo ada ide harus buru2 ditulis kalo ngga ya ilang tuh ide, jeleknya biasanya itu ide munculnya pas mau tidur, hihi. Trus kalo lagi ga ada ide baca buku aja deh sapa tau pas baca buku malah kepikiran ada ide nulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah bener kl mau tidur suka muncul ide, nah kalau saya suka buru - buru saya tulis di note henpon :D jadi ga lupa idenya, tinggal ngembangiin doang deh

      Delete
  4. aku ide banyak....nulisnya yang g ada waktu huhuhu

    tapi kalau lagi nyari ide..aku suka me time...diwc *serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik banget ih banyak ide :D, ehtapi emang enak sih me time di wc :D

      Delete
  5. ngobrol dengan sahabat atau baca status orang di sosmed bikin ide nulis berlimpah hihihi

    ReplyDelete
  6. biasanya saya kalau lagi bingung ide lebih memilih menonton. Udah agak jarang baca buku, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi aku kurang suka nonton :D huehehe

      Delete
  7. cucok tips nya mbak Tian...
    saya termasuk yang selalu nggak punya ide bagus buat ditulis.. hehe..

    ReplyDelete
  8. Hihiii senyum beneran dech saya...ternyata emang ya, bukan saya saja..yang bingung mau nulis apa..padahal banyak banget yang bisa ditulis..,yuk ach senyum senyum dulu, senam pipi

    ReplyDelete
  9. Wah mantap nih tips mbak Tian yg udah senior nge-blog...saya nih baru lahir kali nya blog nya jadi masih suka bingung gitu mau nulis apa, hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya masih junior sekali dalam dunia perbloggingan :D

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook