Kaligata Itu....

by - 12:36:00 PM

Sejujurnya terserang kaligata itu adalah semacam penyiksaan, serius. 

Sudah hampir mau sebulan, saya terserang kaligata (lagi). Kaligata yang hanya datang menjelang isya dan sehabis subuh, pagi, siang dan sore tidak ada penampakannya sama sekali. 
Kaligata Itu....

Sungguh, saya tersiksa luar biasa. Sebadan - badan timbul ruam merah dan gatalnya itu lho. Bayangkan badan saya didatengin segerombolan ruam merah yang bervariasi ukurannya, mulai dari yang kecil hingga yang segede gaban dong. Hmmm panas dan gatel menjadi satu, coba bayangkan rasanya, bayangkan. 

Kaligata itu semacam reaksi alergi, menandakan bahwa kekebalan tubuh saya sedang merespon zat yang dianggap beracun, duh emang saya makan apa sih?? 
Pemicu kaligata biasanya infeksi, obat - obatan, ciuman serangga dan juga makanan. Katanya penyakit lupus eritematosus atau jika bermasalah pada kelenjar tiroid juga bisa membuat kaligata datang menyerang, hiks semoga bukan karena ini yah. Aamiin. 

Udara dingin kadang membuat saya kaligata, tapi kadang juga enggak. Aneh nih saya ga tau kaligata kali ini gara - gara apa. 


Emang gejala awal kaligata itu gimana sih?? Oke saya jelasin yah, barangkali emang ada yang kepikiran nanya kayak gitu, hehe. 

Gejala kaligata itu biasanya ditandai dengan munculnya ruam yang melingkar, secara kasat mata kayak gigitan nyamuk gitu. Ruamnya itu berwarna merah pada pinggir luarnya dan putih ditengah - tengahnya, gatalnya itu banget disertai panas, biasanya ruamnya ini datang keroyokan tapi kadang mereka datang sendirian. Kalau ruamnya sedang menyebalkan mereka datang berlebihan, bahkan sampai ke mata dan bibir, bayangkan bibir saya dalam sekejap menjadi sangat besar akibat ruam kaligata, hiks. 

Jadi, pada saat kaligata menyerang badan saya itu terjadi saat tubuh melepaskan zat histamin, histamin ini dilepaskan sebagai respon tubuh saya pada alergi. Pemicu alergi bisa dari makanan seperti makanan laut, susu, kacang - kacangan, cokelat, keju, tomat dan produk dari kedelai, plus semuanya itu suka saya makan. Kaligata juga bisa muncul jika mengkonsumsi antibiotik dan aspirin atau terjadi karena infeksi yang disebabkan bakteri, virus bahkan parasit. Dan yang sering terjadi itu kaligata karena suhu dingin, yang seperti saya ini, ketika kedinginan langsung deh keluar tuh kaligata. Stress sampai emosional tingkat tinggi juga bisa membuat kaligata saya kambuh, huhuhu. Kalau udah kaligata, enaknya minum yang hangat - hangat dan dalam beberapa jam suka agak berkurang kaligatanya. 

Biasanya kaligata ini suka hilang dalam beberapa jam saja, tapi kali ini kok lama banget sih. Sudah mau hampir sebulan masih suka kambuhan, hiks. 


Baiknya sih sebelum mengobati kaligatanya harus diselidiki dulu penyebab kaligata itu apa. kata dokter sih gitu. Saya mengkonsumsi obat yang mengandung dexamethasone atau prednisone untuk mengurangi respon sistem kekebalan tubuh. Dan menjauh dari yang dingin - dingin. 

You May Also Like

18 komentar

  1. dulu saya juga sering banget kena kaligata sampai wajah bengkak...ga tau penyebabnya apa..cuman dikasih bedak gatel aja..soalnya saking terlalu sering hehehe...sabar ya mak..rasanya pengin di garuk semua ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mak, pengen digaruk tapi kalau digaruk panas dan menyebar kesemuanya hiks

      Delete
  2. Kaligata itu sama dengan biduren nggak mak? bentol-bentol merah kalau kena dingin gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bahasa lainnya biduren :D

      Delete
  3. aduh serem banget jeung Kaligata itu... Jadi sekarang penyebabnya sudah diketahui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Ria, kalau udah kambuh uh gatel plus panas :(

      Delete
  4. Baru tahu ada kaligata. Jarang banget sih terkena ini. Biasanya kalo alergi biasa gak terlalu lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, saya dari kecil suka kaligata dan pas hamil juga pernah terserang kaligata

      Delete
  5. Hemmzzz...pengalaman saya juga sih pernah kena kaligata..bentol dan gatal sekujur tubuh, malah muka jg jd bengkak...haduhh... dan dapet tips dari si embah saya...dicarikan tikar bodol (usang dan tak terpakai) lalu dibakar sedikit dan diasapkan ke seluruh tubuh, seperti tangas gitu...hehee...alhasil sembuh deh dan gak pernah kumat lagi sampai sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sih katanya pake tikar bodong dibakar, kalau bahasa sunda cenah ngaduruk samak :D

      Delete
  6. Aish dicium serangga! Udah mah ga sopan ninggalin jejak yang bikin bete ya. Waktu SD dulu aku sering kena kaligata. Gede-gede lagi bentolnya.

    ReplyDelete
  7. owh jadi itu yang dinamakan kaligata yah?? saya baru tau dan baru dengar istilah ini mbak tian :)

    ReplyDelete
  8. Ohh biduren ya, aku dan suami bbrp kali pernah kena. Biasanya kalo pas cuaca dingin, meski nggak primates kena juga sih. Tergantung tubuh juga mungkin ya. Makanya kalo cuaca dingin, biasanya selalu sedia dexamethasone. Aku pernah jg sampai disuntik krn hampir dua minggu nggak hilang2. Kalo suami suka gatal, aku kok nggak ngerasa gatal ya, mbak. Cuma secara estetis, wajah jadi mengerikan dan jadi bahan pertanyaan tiap kali ketemu orang, hehehe

    ReplyDelete
  9. Beberapa waktu lalu aku kena kaligata juga teh, sama dokter dikasi antibiotik, vitamin C, sama minuman sari lidah buaya gitu (untuk nyegarin badan). Lumayan ampuh sih, langsung panas turun, bentol mulai berkurang.. ^^

    ReplyDelete
  10. ish aku pisan ini mah da, aku juga suka kaligata..
    dari kecil sih udah sering kaligata kalo kedinginan.. tapi anehnya skg mah kalo kepanasan juga suka gatel2 -___- jarang minum obat sih, suka ilang sendiri, kaya jelangkung hihi

    ReplyDelete
  11. wah, baru tahu kalau ada alergi namanya kaligata mbak
    aku udah pernah belum ya kena kaligata?

    ReplyDelete
  12. Kaligata ini maksudnya reaksi urtikaria? kosakata dari bahasa mana ya mbak? kok seperti nama taman makam pahlawan di Jakarta ya mbak.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D