Saya Tidak Mau Dipoligami

by - 11:56:00 AM

Awalnya, chatting whats app yang sedang membahas poligaminya suami @notarich_ana . Wanita cantik, insha allah solehah, sedang hamil anak ketiga dan dipoligami, ah dimanakah letak hati sang lelaki. jadinya saya baper deh nulis ini, hiks. Coba deh tonton youtube nya, sedih banget dan bakalan baper juga deh, gih nonton. 
Saya Tidak Mau Dipoligami



Poligami. Ah sebenarnya saya serem banget membayangkan poligami, semoga Allah Swt senantiasa menjauhkan poligami dari saya. Karena jujur, saya pribadi sih merasa tidak rela dan tidak ikhlas jika harus dipologami. Egois? ah terserahlah apa itu sebutannya, namun saya merasa benar - benar tidak bisa jika harus dipoligami. 

Saya, tidak banyak tahu masalah poligami. Sama sekali tidak banyak yang saya tahu selain rasa sakit hati yang mungkin dirasakan istri pertama. Memang, islam membolehkan seorang pria beristri lebih dari satu, bahkan sampai empat. Namun ada syarat dan aturannya yakni harus berbuat adil terhadap semua istrinya, dan ini adalah firman Allah Swt dalam surat An- Nisa ayat 3. Nah, pada kenyataannya sanggup engga berbuat adil?? 

Poligami itu diperbolehkan ketika jumlah kaum lelaki lebih sedikit dibandingkan kaum perempuan, saat perang. Pada saat perang lho. Poligami diperbolehkan untuk mempercepat penyebaran agam islam, karena dengan menikahi perempuan maka seluruh keluarga akan memeluk agama islam dan poligami itu dibolehkan untuk mencegah munculnya konflik diantara suku. Alasan ini diungkapkan pada generasi awal islam. 

Bahkan Nabi pun marah ketika puteri kesayangannya, Fatimah akan dipoligami Ali bin Abi Thalib. NAbi langsung masuk ke mesjid dan berkhutbah "beberapa keluarga Bani Hasyim Bin Al - mughirah meminta izin kepadaku untuk mengawinkan putri mereka dengan Ali Bin Abi Thalib," kemudian Nabi berkata lagi " saya tidak izinkan, sama sekali saya tidak akan izinkan, sama sekali saya tidak akan izinkan kecuali bila beliau menceraikan anakku dahulu." 

Kemudian Nabi melanjutkan perkataannya lagi " fatimah adalah bagian dari diriku, apa yang meresahkan dia, akan meresahkan diriku dan apa yang menyakiti hatinya akan menyakiti hatiku juga," Diambil dari hadist Jami' al - ushul juzz XII nomor 9026 . 

Bukan hanya secara agama, secara hukum pun ada undang - undangnya. Ada persyaratan diperbolehkannya berpoligami, diantaranya adalah memiliki persetujuan dari isteri, kepastian bahwa suami akan berlaku adil terhadap isteri dan anak dan menjamin semua kebutuhan isteri dan anaknya. Jika semua syarat sudah oke, maka diperbolehkan lah suami untuk berpoligami meski pada kenyataannya banyak suami yang sama sekali tidak berkiblat pada aturan itu, seenaknya saja berpoligami meski isteri pertama belum menyetujui, maka disinilah kesabaran seorang isteri sesungguhnya sedang diuji.

Banyak sekali dampak terhadap seorang isteri yang suaminya berpoligami. Baik secara psikologis atau secara ekonomi. Kadang seorang isteri yang suaminya berpoligami itu suka menyalahkan diri sendiri karena akibat kesalahannya suami sampai berpindah kelain body dan kelain hati, merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan sang suami, oke kasian sekali kan. Namun kadang para suami terlampau egois. 

Dari dampak ekonomi, jika seorang isteri yang ketergantungan akut secara ekonomi terhadap suaminya. Sering kali suami berlaku tidak adil dan lebih mementingkan isteri mudah, sedangkan sang isteri tua masih harus melanjutkan hidup dan perlu sandang, pangan dan papan, lalu bagaimana kalau seperti ini? 

Dan banyak lagi dampak yang memang lebih merugikan perempuan sebagai isteri pertama. Jujur, saya tidak mau dipoligami. Dear suami jangan poligami saya, TITIK. 

Semoga para isteri yang dipoligami diberikan kesabaran ekstra dan selalu diberkahi Allah swt. 
Sementara untuk para suami yang akan atau sudah berpoligami, apakah tidak cukup dengan satu isteri??? 















You May Also Like

64 komentar

  1. Jadi suaminya @notarich_ana tetep poligami? Penasaran pengen nonton youtube-nya, tapi takutnya baper, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih ya biasalah wanita suka baper ya mak :D

      Delete
  2. Sedih mbak bacanya... bingung mau komentar apa...
    Saya juga gak mau dipoligami...
    semoga kaum memahami ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, pasti sebagai perempuan bakalan sedih, merasa iba dan simpati. :)

      Delete
  3. Aku juga gak mau dipoligami, Tian. Titik.
    Dear my suami. *semoga dia baca. :D :D

    ReplyDelete
  4. abis youtubean liat videonya,,
    huaa gak tega,,,
    fuihhhhh
    poligami,,gak snggup ,,,

    ReplyDelete
  5. umur 26 anak 3, di poligami suami,,, padahal masih cantik,,,

    ReplyDelete
  6. Sedih jadinya...semoga jika saya menikah nanti, cukup saya yang menjadi istri pertama dan terakhir, jangan ada istri 2 dan berikutnya...sereemm....

    ReplyDelete
  7. ibu mertua saya juga dipoligami, tapi saya liat ibu saya kuat dan nampak biasa saja, karena memang sudah ikhlas menjalani poligami tsb. Bahkan ibu suka mengingatkan kalau bapak terlalu lama di rumahnya dan blm mengunjungi istri keduanya. Walau ibu saya tdk terlalu akrab dgn istri kedua bpk. Ibu selalu bersikap wajar dan biasa, malah org lain yg suka menggunjing. Kalau sy liat ya ibu ikhlas menerima takdir, dan malah lebih dewasa dlm memandang hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat ibunya, inshaa allah jaminannya surga yaa mbak Tetty :)

      Delete
  8. Cuma bisa meringis menahan nyeri membayangkan sakitnya dipoligami

    ReplyDelete
  9. Aku klik kenapa bukan youtube yg muncul ya Mak? Malah ke tokopedia. Search di youtube pake kata kunci apa toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja pake@ notarich_ana atau pake ana hijaber, bisa kok

      Delete
  10. sedih melihat perempuan yang dipoligami oleh suaminya, hiks :,( semoga saya dijauhkan dari poligami ini karena saya merasa gak akan mampu menerimanya

    salam kenal mbak tian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ketinggalan, salam kenal kembali mak Irawati

      Delete
  11. Udah liat videonya kemaren mbak, sedih yaa. Kadang kita punya roti aja nggak rela jika harus dibagi ama orang lain, apalagi suami. Semoga suami2 sadar kalau wanita juga punya perasaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, hiks. Kebayang pedihnya tuh disini :D

      Delete
  12. Gk bisa dipungkiri lagi, videonya emang bikin baper :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, baper banget dan merasa iba yah. biasa emang wanita suka baper

      Delete
  13. Kadang yang monogami pun mengalami hal yang menyesakan. Intinya sih semuanya dapet ujian.

    ReplyDelete
  14. Dalam islam boleh poligami nggak dosa... Asal banyak syarat2 yang harus dipenuhi....terutama ikhlasnya istri pertama....cuma kalau aku...nggak wes... Bukan g mau masuk surga... Tapi ikhlas itu berat... XD

    Semoga keluarga kita bae2 aja dan suami tetap milih kita sebagai satu2nya istri tanpa harus ada wanita lain seumur hidup smpe maut memisahkan...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang itu jalan masuk surga, mendingan cari jalan lain masuk surga aja ya mak heheh, kan masih banyak jalan lain menuju surga Allah SWt . Aamiin

      Delete
    2. masih banyak jalan lain menuju surga Allah SWT *catet*

      Delete
  15. jangankan kisah nyata. Baca novel atau nonton film tema poligami aja bawaan saya suka baper melulu. Masih banyak buku atau film dengan tema lain yang bisa saya baca atau tonton. Begitu juga Kalau dikatakan ikhlas dipoligami sebagai salah satu jalan untuk mausk surga, lebih baik saya cari jalan lain. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makChi suka sedih yah, hiks.

      Bener masih ada jalan lain menuju surga

      Delete
  16. Aku pernah baca tulisan ttg poligami-nya Ust Hilman Rosyad Lc. Keren banget. Membahas efek jangka panjang poligami bagi peradaban manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba nanti saya stalking artikelnya ah, makasiih

      Delete
  17. kalau saya sih nggak setuju dengan poligami, sakit hati, perasaan dan perih yang dirasakan, bukannya menentang agama sih, soalnya memang orang mengikhlaskan suami itu susah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bukan menentang agama. Namun memang belum bisa ikhlas

      Delete
  18. Salah satu hal yang bikin Rasululloh ga mengijinkan Fatimah dipoligami karena Ali akan memperistri seorang wanita dari musuh nomor satunya Islam saat itu. Bukan karena gak boleh poligami kok :)

    Aku juga pasti bakal cemburu berat kalau suami poligami. Tapi aku gak menentang sih. Takut aja hukuman dari menentang perintah Alloh. Berdoa aja semoga kalau pun poligami suami tetep bisa adil :)

    ReplyDelete
  19. boleh poligami kalau istri sakit keras dan tidak bisa melayani, atau belum punya keturunan itupun jalan keluar yang paling mentok...
    tapi kalau bisa dihindari karena menyakiti istri itu dosa besar kan...
    poligami itu sebuah keputusan yang seolah-olah sudah tidak ada solusi lain...

    salam kenal buat mbak Tian... :)

    ReplyDelete
  20. Jadi penasaran sama videonya, Teh.

    ReplyDelete
  21. Sudah nonton videonya Mak. Yang jadi pertanyaan kok seperti ada kata2 suami harus berpoligami ya? Yang mengharuskan siapa?

    ReplyDelete
  22. Kalau kata calon suami : "Kalau istri gak mau nurut sama perintah Alloh & perintah suami, mendingan suami nyari lagi. Tapi kalau istrinya cantik, solehah, ngapain dipoligami.

    Poligami itu berat, setengah kaki laki-laki bakal melangkah menuju neraka. Kalau salah satu istri merasa suami gak adil, bisa celaka dunia akhirat. Rezeki pun jadi gak berkah"



    Ya... semoga selalu berpendapat kayak gitu ya mbak hahahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus adil, tidak boleh tidak.Kalau gak bisa adil mending gak usah

      Gitu yah

      Delete
  23. Aku nggak mau dipoligami. Blom liat videonya :)

    ReplyDelete
  24. Sedih ya Mak, liat videonya. Saya berharap tidak ada lagi wanita-wanita yang akan disakiti. Saya juga gak mau di poligami ..

    ReplyDelete
  25. Saya belum nikah dan saya baper. Nggak berani lihat video atau Ig-nya, takut makin baper. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sekarnag udh masuk infotement

      Delete
  26. Sama.. Saya juga gak mau di pologami.

    Pernah nanya ke suami tentang poligami dan jawabannya saat itu (dan semoga untuk selamanya) "Ngapain juga nyari istri lagi. Satu aja belom tentu bisa selalu aku bahagiain lahir bathin, gimana kalo lebih dari satu. Lagipula, tanggung jawabnya juga lebih berat. Aku juga belom tentu bisa adil. Jadi satu aja cukup."

    Salam kenal mak :)

    ReplyDelete
  27. ngeri-ngeri sedap baca judulnya :))

    poligami itu gak mudah.. jadi beribu2 kali mikir bila seorg lelaki ingin menambah istri...

    ReplyDelete
  28. Isu ini memang ngg ada habis-habisnya ya maaak.. Dan memang bener deh.. Menjadi orang yg adil itu susaaah.. I doubt bisa semudah itu membagi perhatian dan segalanya dengan adil :(

    ReplyDelete
  29. Menurut saya, terjadinya kisah cinta berawal dari dua hati yang saling terikat...tetapi kalo poligami itu atas nama cinta atau yg lainnya ya?

    ReplyDelete
  30. waduh istri aja belum punya, apalagi mau poligami.hahaha kalo menurut saya sih 1 aja udah cukup.

    ReplyDelete
  31. ya ALLAH jauhkan hamba dari perkara poligami dan semacamnya #Amin

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D