Jangan Angkat Amandel Saya

by - 10:14:00 AM

Amandel, beberapa hari lalu saya merasakan sakit yang teramat sangat dibagian tenggorokan. Rasanya seperti ada yang mengganjal, minum pun serasa digorok, perih dan sakit. Pokoknya sesuatuh banget lah sakitnya. karena merasa enggak kuat, saya pun didaftarkan untuk berobat ke klinik kiara husada, menggunakan BPJS Kesehatan, yess ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan BPJS kesehatan, dulu sih Marwah pernah pakai BPJS Kesehatan dan saya merasa tidak puas dengan pelayanan puskesmas Babakan Sari pada saat itu. Berbeda sekali dengan pelayanan di Klinik Kiara husada, pelayanannya ramah, tempatnya bersih dan dokternya juga baik, saya puas. 

Oke, pemeriksaan berlanjut. Dokter kaget dengan kondisi amandel saya. Berbicara pun sampai enggak bisa karena amandel bengkak dan menutup tenggorokan, jadi inilah penyebab saya merasakan sakit yang hebat ketika menelan, bahkan minum. Dokter kaget dan bilang " Duh untungnya ibu gak punya sesak nafas yah, kebayang kalau punya sesak nafas, makannya sembarangan yah?"  Dan saya hanya nyengir sambil nahan sakit, ya nyengir aja sakit apalagi kalau ngomong, duh ga nahan banget. 

Dokter kembali menjelaskan bahwa amandel saya berbeda dengan amandel yang biasanya, amandel saya tuh pipih sehingga kalau bengkak akan menutupi tenggorokan dengan space yang banyak. Dokter menyarankan agar amandel saya dioperasi, dan jujur saya langsung kaget, hiks. Jadi kalau dioperasi itu saya gak akan lagi merasakan kesakitan seperti ini, tapi saya wajib mengontrol semua asupan makanan yang saya konsumsi dan semuanya harus steril, berarti saya enggak boleh jajan sembarangan lagi, dan itu saya tidak bisa hiks. 

Amandel itu bagian dari sistem limfatik tubuh yang memiliki fungsi melindungi tubuh saya dari kuman yang berbahaya. Jadi kalau seandainya amandel saya diangkat, terus siapa yang akan melindungi tubuh saya? hiks. Memang, letak organ amandel itu strategis bingit, dibelakang mulut dan hidung dan merupakan stasiun yang pertama pertahanan terhadap semua polutan sebelum terhirup atau tertelan. Bagian jaringan yang letaknya pada kedua sisi tenggorokan disebut dengan amandel palatine, fungsinya untuk menjebak bakteri dan antigen yang nantinya akan memproduksi antibodi. Amandel mampu menangkap virus, bakteri bahkan kontaminan yang menular lainnya. Amandel juga mampu menghasilkan antibodi yang menetralisir infeksi pernapadan seperti pneumonia, bronkitis, infeksi telinga,radang pada tenggorokan bahkan sinusitis. Jadi kebayang kan apa jadinya kalau amandel saya diangkat? duh, mengerikan sekali. 

Jadi, saya harus ekstra nih menjaga asupan makanan. Jangan sampai amandelnya bengkak lagi. Dokter menyarankan untuk tidak mengkonsumsi bakso, mie dan makanan gurih lainnya serta minuman dingin. Dan itu semua makanan kesukaan saya, aaah gimana dong?

Semoga saja amandelnya cepat kempes dan enggak kambuh lagi, jadi gak usah dioperasi. Aamiin. 












You May Also Like

11 komentar

  1. Makasih Mbak Tian, jadi tahu saya fungsinya amandel. Selama ini keluarga belum ada yang mengalami dan ga tahu secara spesifik fungsinya amandel. Semoga cepat sembuh ya Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mas Dani, senang berbagi dan terimakasih sudah berkunjung :)

      Aamiin

      Delete
  2. semoga segera sehat ya, keponakan juga kena amandel masih 3 taunan waktu itu pake obat herbal alhamdulillah ga dioperasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih mak :). Iya nih saya juga gak mau sampai operasi mak,

      Makasih mak

      Delete
  3. semoga cepat sehat ya mbak, coba gurah mbak

    ReplyDelete
  4. Waktu itu anakku mengeluh sakit di tenggorokan dan susah menelan. Terus pas dipegang kayak bengkak gitu . Khawatir amandel. Tapi ternyata gak perlu sampe dioperasi, ya? Kirain kalau amandel harus dioperasi, gak ada option lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak aku juga bengkak, sebenarnya gak perlu sampai dioperasi kalau mau jaga makanan :) hehe. Jangan kebanyakan makan yang gurih dan es

      Delete
  5. loh ilang komene xD
    aku termasuk yang udah diambil amandele ...makanya antibodi kelenjareku berkurang :(
    semoga cepet sehat yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih ilang kemana ye mak? :D

      iya kalau amandel diambil antibodi berkurang ya mak, semoga sehat selalu yaaa mak Echa

      aamiin makasih

      Delete
  6. Amandel saya terpaksa diangkat karena mau melakukan operasi besar :( dan saya gampang sakit banget sekarang.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D