Agar Resepsi Pernikahan Berkesan Dan Hemat

by - 9:30:00 PM

Agar Resepsi Pernikahan Berkesan Dan Hemat
Resepsi pernikahan. Hmmm dilema nih sebenarnya, masalahnya setiap resepsi itu pasti bakalan ada bocelnya yang akan dibicarakan. Entah itu kamu yang resepsinya menghabiskan biaya ratusan juta, atau yang biayanya puluhan juta dan lainnya. Pastilah bakalan ada yang ngomongin, namanya juga resepsi. Enak ga enak makanannya tetep jadi omongan, bagus gak bagus make up dan kebayanya juga tetep jadi bahan perbincangan, ah kalau begitu sih sama aja mending resepsi biasa aja deh, iya sih. 


Sebenarnya sih gak perlu mahal menggelar acara resepsi pernikahan, yang penting berkesan. Iya gak? Percuma aja kalau keluar uang sampai milyaran yang akhirnya membuat lieur kalau gak berkesan sama sekali kan?. Setiap ada yang menanyakan berapa sih budget agar resepsi pernikahan itu jadi wah dan keren, lalu kemudian saya hanya bisa menjawab, resepsi itu gak perlu mahal yang penting berkesan, nah loh. 

Emang apaan aja sih yang bisa membuat resepsi pernikahan itu berkesan dan hemat??


Agar Resepsi Pernikahan Berkesan Dan Hemat
  • Point pertama catering, iyalah makanan gitu loh selalu jadi yang utama dalam setiap resepsi. Meski sebenarnya datang ke resepsi itu tujuan utamanya bukan makanan tapi memberikan doa restu tapi ya namanya juga kebiasaan ya udah ikutan aja. Ocehan yang biasa muncul itu adalah "wah makanannya enak banget lho, sampe nambah 2 kali lho," wah maruk itu mah, haha. So, pilih catering dan menu pun jadi lumayan puyeng karena catering merupakan hal yang krusial. Pas order ke catering itu haruslah jujur, gini yah jujur aja deh masalah budget, "mbak, mas saya ada undangan 300 orang, berarti sekitar 600 porsi dan harus jujur jangan sampe meng kolusi kan undangan sama pihak catering," dengan begitu pihak catering bakalan mempersiapkan semuanya dengan baik, dan yakin pihak catering pun ga mau malu dong masa iya ditengah resepsi makanannya abis atau lainnya, kan gak mau. Jadi hal utama itu jujurlah pada pihak catering masalah budget dan undangan. 
  • Cendera mata. Beli lah souvenir yang bermanfaat untuk tamu. Souvenir yang long lasting lah gitu. Bermanfaat, murah dan memiliki umur panjang. Silakan berpikir deh. 
  • Tempat. Jangan pernah memaksakan gedung atau tempat yang alakadarnya dengan jumlah undangan yang banyak, alhasil sempit dan desek - desekkan deh. Tapi jangan juga booking gedung yang untuk seribu undangan sementara undangan hanya 200 orang, situ orang kaya banget yah? buang - buang uang, hehe. Jadi pilih aja gedung yang sesuai dengan undangan. 
  • Flow antrian ketika salaman. Nah, kadang ini suka dilupain gitu aja deh. Sering ga ke kawinan dengan antrian yang puanjang banget? jadi males kan buat salaman? nah untuk antisipasi ini, koordinasikan dengan WO atau pihak keluarga gimana caranya agar enggak kayak antri sembako. 
  • Dekorasi. Gak perlu heboh deh, gak usah kayak nikahan Raffi Nagita. Cari warna yang kesannya mewah, dan harus konsisten dengan tema pernikahannya. Bermain warna dalam dekorasi juga bakalan membuat resepsimu mewah lho. 
  • Photography. Cari vendor foto yang affordable harga. Cari aja, banyak kok.
  • Baju pengantin. Sewa lebih hemat, tapi ingat ceki - ceki dulu takutnya kebayanya jadul, hihi. 
    Agar Resepsi Pernikahan Berkesan Dan Hemat
  • Entertainment. Pilih entertain yang bisa membuat orang bersosialisasi, maksudnya agar orang tidak saling teriak saat dalam gedung. Gak dungdatan juga kali yah, hehe. 

Hampir lupa, lakukan budget subsidi silang untuk memaksimalkan budget. Jadi prioritasin mana yang memang perlu banget mendapatkan budget lebih dan mana yang bisa ditekan budgetnya. Jadi resepsi pun berkesan plus hemat. Hatipun senang, betul? 


You May Also Like

14 komentar

  1. Hmmm... Paling males itu emang kalo desak-desakan di gedung. Personally, aku lebih suka makan sambil duduk, bukan standing party. Lebih enak dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang lebih enak ada tempat duduk banyak jadi nyaman yah

      Delete
  2. Lebih hemat lagi kalo ga resepsi. Huahahah
    Tapi ya susah aja gitu.
    Aku puyeng deh waktu Dulu ngerencanain resepsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iya memang, mending akad aja dan uang resepsinya dipakai untuk kepentingan lain

      Delete
  3. resepsinya di hemat2in biar tetep punya tabungan setelah acara ya mak :)

    ReplyDelete
  4. bener banget pusing mikirin biaya resepsi,,
    sebenernnya pengantin maunya murah meriah,,
    tapi request dari kanan kiri yang banyak
    belum lagi masalah image dan harga diri ,,,
    haissshh mules liat uang puluhan juta abis dalam pesta satu hari,,
    pengenya itu uang buat dp rumah aja,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget biasanya yang pengen wah itu pihak keluarga, karena imej dan harga diri padahal buat dp rumah bisa yah :D

      Delete
  5. tulisannya bagus gak diikutin GAnya mak Yasinyasintha? hehe, temanya sejenis nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya nih masih mikir :D dan gak pede ikutannya mak

      Delete
  6. hahaha..untung ya sudah melewati masa2 ini ;p.. kebayang dulu ribetnya menyusun acara nikah..walo kita pake WO, tp ttp aja yg milih2 dan mutusin kan kita...

    ReplyDelete
  7. Makaci mbaaa tipsnyaah.... Hehehehe


    Ngomongin hiburan, aku pernah lho kondangan berkesan banget. Jadi aku kondangan jam 1 siang dan hiburannya dangdut. Masa' jam segitu penyanyi dangdutnya udah pake mini dress sama stoking belang2, mana panggung dangdutnya sampingan banget sama pelaminan. Pening.... pening....

    Langsung gak pengen makan, cuma 5 menit di sana. Trus pulang makan di KFC -_-"

    ReplyDelete
  8. Urusan makanan memang pentiiing nih.. Soalnya kalau tidak tersedia dengan baik bakal jadi omongaaan yaaa.. Dan buatku foto juga penting, kenang2an soalnyaaa

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D