Mengenal Domain Authority Dan Page Authority

by - 1:42:00 PM

Eh blog kamu berapa DA dan PA nya? 



Kemudian saya pun kebingungan dan hanya cengar - cengir. Hmmm langsung deh buka - buka si mbah dan tanya sana - sini mengenai DA dan PA ini. 




So, dengan ini saya akan sedikit menjelaskan apa sih DA dan PA itu, dengan pemahaman yang sudah saya dapatkan, hehehe. 





Sudah tentu ini erat kaitannya dengan dunia per-blogging-an dong, kaitannya dengan SEO juga, ngemeng - ngemeng SEO jadi suka inget sama DEWA SEO. Jadi, DA dan PA ini erat kaitannya dengan kualitas dari situs web atau blog di search engine




Nilai DA dan PA masing - masing blog pasti akan berbeda atau mungkin bisa saja sama karena semua pemilik web dan blog pastilah ingin berada ada pada posisi satu di si mbah google. Sebelum mengenal kesana, emang pada tau kepanjangan DA sama PA, hihih saya aja awalnya masih bingung apaan sih DA dan PA ini, bingung deh. 


DOMAIN AUTHORITY 




Oke, pertama DA dulu yah, DA atau kepanjangan dari domain authority adalah merupakan ukuran kekuatan suatu domain. DA ini didasarkan pada tiga faktor yakni faktor usia, faktor popularitas dan faktor ukuran. Nah dengan tiga faktor itu maka situs web atau blog akan dengan mudah sekali menempati peringkat yang tinggi dalam pencarian google baik dari komputer maupun dari handphone. Domain authority itu didasarkan pada skala logaritma dari 1 sampai dengan 100, maka sebuah blog yang memiliki DA paling besar maka itulah situs yang oke. 




Lalu gimana atuh cari meningkatkan DA???




Jadi ada beberapa faktor yang disinyalir mampu meningkatkan nilai DA suatu blog atau web, diantaranya adalah : 





Usia Domain, merupakan indikator kepercayaan karena memang sudah terbukti oleh mesin pencari bahwa situs web memiliki umur yang panjang. Jadi harus istiqomah pada satu domain, hihi jangan ganti - ganti domain kali yah. 




Popularitas domain, diukur dari jumlah link yang masuk dari situs yang berkualitas yang tentunya memiliki domain. Link masuk atau inbound link adalah merupakan sinyal bahwa blognya memang memiliki informasi yang berguna. Jadi, membangun link pun bukan hanya didunia nyata, link maya untuk blog pun sangat penting untuk dibangun. Taktik lainnya untuk membangun inbound link adalah dengan rajin BW atau Blogwalking. 




Ukuran domain, nah kalau ukuran sebuah blog pada domain kontibusi berkorelasi dengan jumlah konten yang menghasilkan inbound link. Jadi gini, blog yang lebih besar dengan kualitas konten pada setiap halaman akan memiliki inbound link dari blog yang lebih kecil, kurang lebih kayak gitu deh, hehe. 


Domain authority ini penting sekali karena akan membantu halaman baru dari konten termasuk posting blog tentu akan terindeks lebih cepat  plus memiliki kesempatan yang baik pula dalam search engine



PAGE AUTHORITY 

Sekarang mari berkenalan dengan page authority atau lazim disingkat menjadi PA, PA atau otoritas halaman ini adalah merupakan bagian dari istilah SEO juga yang digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari blog akan ditemukan dimesin pencari. PA didasarkan pada skala logaritmik antara 0 sampai 100 dan kaitannya dengan relevansi informasi serta link dalam halaman situs yang berkaitan. PA yang tinggi kemungkinan besar juga blognya bakalan muncul di search engine. 

Hal yang ikut memiliki pengaruh baik untuk  meningkatkan page authority diantaranya adalah : 

Konten asli. Banyak ahli SEO yang mengatakan konten adalah raja. Serach engine cenderung memberikan peringkat situs yang lebih tinggi dengan konten yang baru serta menarik, konten yang sering diperbaharui, konten yang rinci, relevan dan kaya manfaat serta konten yang memiliki kualtias dan membuat pembaca senang. 

Link ke halaman blog. Link bila digunakan dengan baik dan benar sesuai fungsinya mampu meningkatkan lalu lintas blog lho, jadi rame. Tapi memang, pengen punya blog yang link nya ada dimana - mana susah hehe dan perlu perjuangan keras.

Gambar.  Ternyata gambar juga penting dalam SEO, bukan hanya teks. Coba setiap kali posting itu gambarnya diberikan teks ALT deskriptif agar gambar mampu ditemukan dalam pencarian mesin google. Jadi lalulintas blog juga bisa didapatkan dari pencarian gambar. 

Oke, sudah agak pahamlah yah sekarang tentang domain authority dan page authority, nah untuk ceknya DA dan PA blog bisa langsung search aja di google yah, huahahah. Search aja "cara cek DA dan PA blog". 



You May Also Like

35 komentar

  1. Wah jadi tambah tahu, thanks infonya yaaaa, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. Wah info yg keren nih.... kebetulan saya lg belajar itu. Makasih ya....

    ReplyDelete
  3. Infonya bagus untuk lebih "memberdayakan" blog, hehe
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, selamat memberdayakan blog lebih baik lagi

      Delete
  4. Ilmu baru, nih! Terima kasih ya, Mbak Tian. 😊

    ReplyDelete
  5. Infonya bagus untuk lebih "memberdayakan" blog, hehe...
    salam

    ReplyDelete
  6. Wah, ilmu baru, mak. Lama domain ternyata juga dihitung ya. Aku masuk tahun ketiga ini, mak. Dulu ngiranya make domain bakalan ribet tapi dijalani ternyata bisa juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi nyesel saya juga baru ganti domain beberapa waktu lalu

      Delete
  7. Akuu bangettt...awalnya celingak celinguk..browsing sana sini...akhirnya lumayan ngerti deh skrng.... cuman msh bingung cara masangnya di blog : D.... btw salam knal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi salam kenal kembali mbak Nani

      Delete
  8. sebenernya , aku masih ga bgitu paham mba -__-... Tapi intinya, makin banyak nulis, makin banyak BW, konsisten, sebar link di mana2, akan mempertinggi DA & PA kan ya :D

    ReplyDelete
  9. Kentang mak.. hihihih..
    Melipir lagi ke mbah nyari cara cek DA dan PA

    ReplyDelete
  10. Wah ini topik kekinian, makasih ilmunya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Saya dulu juga ga paham tapi setelah niat monetize blog mau ga mau harus belajar.

    ReplyDelete
  12. Hi..hi..hi. padahal nunggu-nunggu cara ngecheck DA dan PA-nya :D

    ReplyDelete
  13. Aku masih rada2 kurang ngerti...eh..ngertinya dikit...tapi lumayan jadi tau dikit sih..hehhee

    ReplyDelete
  14. samaa mak hilda aku jg engga paham.. hiks

    ReplyDelete
  15. Daku belum paham ukuran domain Mak T.T

    ReplyDelete
  16. Sedikit-sedikit sudah mulai paham sih Teh Tian...tapi yg susah meraktekinnya....kyk harus rajin BW .... duh ga sebebas dulu...tapi dikeureuyeuh we saur sunda na mah :D

    ReplyDelete
  17. SEO, duh masih harus banyak belajar Mak :D

    ReplyDelete
  18. DA-nya lumayan paham, PA-nya hiks masih kurang ngerti :"(

    ReplyDelete
  19. Pelan-pelan mulai paham nih Mak...ternyata penting juga yak...

    ReplyDelete
  20. mantap infonya.....makasih mak,jadi tambah tau

    ReplyDelete
  21. Tambah ilmu lagi mengenai DA & PA yang emang lagi nge-hits ini...terima kasih mba Tian

    ReplyDelete
  22. Kapan ya domain saya bisa popular. . . :D

    ReplyDelete
  23. Jadi tambah ilmu kalau ke Blog mak satu ini

    ReplyDelete
  24. aku belum paham dengan domain mba hehehe

    ReplyDelete
  25. Angguk2...
    tapi kok nae turun ya :"( kayak duit aja kembang kempis :p

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D