Cerita Tian

Manfaat Puasa Sebagai Antiaging

10:08:00 AM

Manfaat Puasa Sebagai Antiaging

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera berlalu, hiks sedihnya. Belum sempat sempurnakan ibadah di bulan ramadhan ini dan semoga Ramadhan tahun depan masih bisa merasakan nikmatnya berpuasa, aamiiin. 

antiaging


Puasa, wajib yah dan juga sudah menjadi tiang pokok dalam pilar - pilar keimanan seorang muslim. Dan ternyata *suaradrum* puasa itu sangat luar biasa sekali, puasa juga bisa sebagai antiaging lho, ah iya beneran. 


Seorang penulis asal Amerika Serikat, Stephen Lau menerangkan bahwa proses puasa adalah suatu cara detoksifikasi yang paling efektif dan efisien pada manusia, terutama pada tubuhnya. Jadi, selama berpuasa itu tubuh manusia akan meningkatkan produksi cairan lendir dalam tubuhnya secara alami dengan tujuan untuk membersihkan virus dan sel yang sudah terinfeksi, amazing. Tubuh akan melakukan pembuangan zat berbahaya melalui kulit, selaput lendir, hati dan juga ginjal. Selain itu juga dengan puasa bisa banget memperlambat penuaan atau antiaging melalui proses metabolisme tubuh yang mampu menjaga pembuluh arteri agar tetap sehat terbebas dari akumulasi para zat yang sangat merugikan tubuh, kalau biasanya suka mengeras karena ada penumpukan kolesterol, lemak dan mineral anorganik. 

Dengan puasa juga tubuh menjadi bisa melakukan autohealing atau menyembuhkan diri sendiri, sehingga tubuh akan cepat pulih dengan cepat. Bahkan ada beberapa hewan loh yang menggunakan metode puasa untuk melakukan proses penyembuhan pada tubuh mereka. 

Ketika sedang puasa maka beban kerja sistem pencernaan akan berkurang, jadinya energi yang tidak banyak dipakai oleh proses pencernaan itu akan difikuskan tubuh untuk mengalirkan nutrisi kesemua bagian tubuh. Dan akhirnya proses regenerasi sel akan lebih optimal dan proses penyembuhan pun akan semakin cepat. Jadi penting memilih asupan gizi yang baik selama berpuasa. Misalnya dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur pada saat berbuka dan sahur. Bolehlah sesekali menyesap secangkir cokelat hangat untuk menyegarkan dan menghangatkan badan. Atau bahkan jika ingin yang segar dan dingin bisa mencoba menikmati jus buah segar. 

Begitu banyak berkah yang didapatkan dengan berpuasa yah, mulai dari berkah dari segi rezeki yang melimpah, siapapun kecipratan rezeki bulan puasa. Yang biasanya jualannya sepi, begitu bulan puasa naik drastis. Begitupun dengan berkah kesehatan yang diberikan, semoga Allah Swt selalu memberikan berkahnya pada kita semua, aamiiin. 

Selamat berpuasa, sehat dan cantik selalu yah. 

You Might Also Like

15 komentar

  1. Alhamdulillah ya Mak, salah satu privilege-nya org Muslim dikasih kesempatan utk detoksifikasi racun-racun tubuh lewat puasa. Apalagi kalo ditambah dgn membiasakan dgn makanan sehat. Terbukti scr scientific juga. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, agama islam memang agama paling sempurna bukan. puasa dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan seseorang karena dengan keluarnya cairan tubuh itu membuat badan memiliki imun sendiri. contoh lain misalnya dengan berwudlu sebanyak 5x sehari maka bisa merupakan tips untuk menjaga kesehatan secara rutin dan merefresh badan agar lebih segar. dengan membasuh muka ketika berwudu, muka seperti di-recharge kembali.
      begitu juga dengan sholat setiap gerakan sholat memiliki nilai kesehatan sendiri, apalagi jika dihitung maka antara berdiri (180 derajat) , ruku (90), dua sujud (90) maka akan didapat sikus 360, sebuah kesempurnaan dalam siklus kehidupan

      Delete
  2. gak terasa ya, Ramahan akan segera berakhir hiks

    ReplyDelete
  3. tapi mak, aku kaya alergi cokelat mak, kalo mam/minum tenggorokanku sakit..

    ReplyDelete
  4. Iya bener, kalo abis puasa itu, kulit rasanya kinclong. Muka juga berasa muda... :D

    ReplyDelete
  5. Puasa memang penuh banyak manfaat ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. apalagi kalau pola berbukanya juga sesuai sunnah rasulullah ya teh....dgn air putih plus kurma lalu sholat maghrib dulu.... kadang2 saya masih langsung plus bala2 cireng setelah yang manis hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, semua kl ngikutin sunnah Nabi insya Allah sehat dan berkah selalu ya

      Delete
  7. Di antara berkah yang saya rasakan adalah sebulan penuh selalu buka puasa bersama. Demikian pula dengan beberapa tahun sebelumnya. Jadinya ngirit, hehe... masak di rumah terutama untuk sahur.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah bersyukur banget bisa terlahir sebagai seorang muslim, banyak banget manfaatnya.. :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook