Fakta Kolesterol Yang Harus DiKetahui

by - 12:29:00 PM

Duh punggung, bahu semuanya pegel. Belum lagi tangan dan kaki terus suka sering lemah dan gampang capek, padahal gak banyak kerja. Belum lagi pusing yang suka datang tiba - tiba, duh. 

Dan ternyata saya kolesterol, uhuk. Emang usia saya berapa sih sampe bisa terkena kolesterol *kemudiancekKTP*, ternyata usia saya masih muda dong. Kolesterol emang menyerang tanpa kenal tua muda, ia datang seiring bertambahnya usia dan untuk manusia - manusia yang tidak mementingkan pola makan, maka bersiaplah didatangi si kolesterol ini, buktinya nyata : SAYAH. 

fakta kolesterol yang harus diketahui

Well, memang pola makan yang sehat seharusnya diterapkan sejak dini, untuk apa? ya biar sehat aja atuh, hehe. Berkaitan dengan kolesterol itu sendiri, ada beberapa fakta tentang kolesterol yang sudah seharusnya diketahui khalayak. Terus apa aja sih fakta - fakta itu? Mari kita simak bersama *serasabacaberitajamandulubanget*. 

Sudah kita ketahui bahwa kolesterol itu memiliki dampak buruk, mengancam jiwa dan kalau sampai kadar kolesterol jahat yang berkuasa dalam tubuh maka sudahlah selesai. 

Kadar kolesterol yang tinggi bisa dicetuskan oleh faktor keturunan juga. Misalnya kalau bapak atau ibunya yang memiliki riwayat kolesterol seharusnya sudah mulai aware karena kemungkinan besar keturuanan berikutnya berpotensi memiliki kolesterol juga. 

Lemak trans *bukantranstujuh* dan lemak jenuh *bukanlagujenuhriofebrian* meningkatkan kadar kolesterol, dan penting banget membatasi asupan makanan yang mengandung kedua jenis lemak itu. Tujuannya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan itu diantaranya adalah : daging, unggas serta susu. 

makanan menurunkan kolesterol
Kadar kolesterol rendah juga efeknya jelek bagi tubuh. Jadi, usahakan untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Bukan hanya orang tua, dewasa namun anak - anak pun rentan lho memiliki kolesterol tinggi. Sebabnya adalah gaya hidup yang TIDAK SEHAT, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Apalagi sekarang mau lebaran pasti banyak makanan bersantan, kue yang banyak kejunya dan makanan lainnya yang harus dikurangi. 

Kadar kolesterol meningkat selepas masa menopause. Perubahan hormon pada wanita yang menyebabkan kolesterol jahat meningkat. Sekali lagi, penting mengatur pola makan yang sehat. Aneka sayuran dan buah mampu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.  Maka mulailah menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya perhatikan asupan makanan yang masuk. 


You May Also Like

4 komentar

  1. Iya, kolesterol tuh ga milih umur ternyata ya?
    Serem, paling males diajak temenan sama kolesterol. Ga aku accept tuh his friend request. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh, nyesel banget aku accept friend requestnya :D

      Delete
  2. Kolestorel aku juga hampir melewati ambang batas, Huhuhu. Tapi memang makanan yang penuh kolesterol itu entah kenapa enak yaaa.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanannya abis enak semuanya yah :D

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D