Tips Menabung : Jangan Tabungkan Sisa Gaji

by - 11:43:00 AM

Bang Bing Bung Yuk Kita Nabung
Tang Ting Tung Jangan Dihitung 
Tahu Tahu kita nanti dapat untung 


Sepenggal lirik semasa saya kecil dulu sampe lupa siapa yang nyanyi deh, hihi. Yang selalu diingat adalah pesan menabungnya, dengan menabung kita jadi untung. Dan ini pun selalu melekat dengan saya sejak kecil, mamah selalu menanamkan untuk menabung, berapapun itu. Dan alhamdulillah pesan menabung terus terpatri dalam otak saya, halah. Hingga akhirnya saya pun memutuskan untuk meneruskan sekolah dan menjadi seorang akuntan, hubungannya apa? ya maksudnya biar saya bisa mengatur keuangan saya dna keluarga lah, hihih. But skip it, untuk menabung itu ada rumusnya. Rumus menabung yang memang saya terapkan dari jaman saya bekerja dan masih lajang, hihih lajang lho yah. 

Here's my tip untuk tetap eksis dan konsisten menabung. 

Tetapkan sebelum benar - benar menabung, tetapkan satu rekening yang akan menjadi rekening tabungan dan ingat jangan pernah membuatkan atm untuk rekening ini, JANGAN PERNAH. 


Oke setelah disiapkan satu rekening atau dua rekening *saya sih punya dua rekening* untuk tabungan, tanpa atm ya lalu tetapkan waktu untuk menabung apakah diisi sebulan sekali atau seminggu sekali atau bahkan mau isinya triwulan, bebas tapi coba tetapkan dulu agar kedepannya bisa konsisten. 

Sekarang, tetapkan juga nominalnya. Berapa sih yang akan ditabungkan setiap bulannya. 

SUdah yah, kemudian sebaiknya jangan pernah menabungkan uang sisa, kalau mau menabung ya harus disiapkan dari awal. Misalnya kayak saya nih, pegawai yang gajian diawal bulan, maka awal bulan itu saya langsung sisihkan untuk menabung dan sisa dari menabung itu saya pakai untuk ini dan itu. 

Saya biasa merumuskan 1234 untuk sistem keuangan keluarga kecil saya. 10% dari gaji saya langsung saya tabungkan. Tabungannya untuk hari tua nanti karena saya kan bukan pegawai negeri yang punya dana pensiun, jadi ya sudah saya siapkan dana pensiun sendiri. 20% nya saya gunakan masih untuk tabungan, tabungan ini saya simpan untuk kalau - kalau nanti ada hal yang tidak terduga tiba - tiba misalnya unutuk sekolah anak juga bisa dipakai tabungan ini, 30% saya gunakan untuk cicilan - cicilan dan pendidikan anak dan yang 40% nya saya gunakan untuk keperluan harian dan bulanan. 

Kenapa saya ga menabungkan sisa gaji? karena saya pikir kalau sisa bakalan benar - benar sisa dan itupun kalau ada sisa, hueheheh. 


Oiya, kalau punya usaha sampingan gimana? 

Misalnya masih kayak saya nih, kerja dan punya usaha kekecilan lah dan plus ada juga tambahan dari hasil ngeblog. Nah itu tetap saya masukkan ke tabungan juga namun enggak semuanya. Misalnya dari hasil jualan online saya suka masukkan tetap 10 persen juga dan sisanya bisa untuk memutarkan uang modal, kalau dari hasil ngeblog sih saya juga masukin 10 persen dan sisanya saya beliin pulsa dan kadang juga kalau dari hasil ngeblog saya abisin semua ke tabungan, hihi jadi tergantung situasi, kondisi, pandangan dan jangkauan kali yah. 

Harga apapun semakin melambung, apakah harus semakin hemat dan irit?? Hihihi kalau saya sih semakin naik harga dan semakin banyak pengeluaran maka saya harus semakin pintar mencari pendapatan yang bisa menambah kas keuangan keluarga kecil saya, hihi bukannya gak mau irit lho, hanya saja saya ingin memacu diri sendiri dan suami agar bisa terus bekerja keras untuk mendapatkan hasilnya kelak, aamiiin. 






"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog SHARE TIPS Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"


You May Also Like

22 komentar

  1. Sama mbak tian, begitu dpet gaji, dr suami, hehe, sekian persen langsung masuk tabungan..

    Tengkiu tipsnya yak
    Sukses bwt mak tian :)

    ReplyDelete
  2. Tabunganku baru numpang parkir hehehe. Kalau 'tabungan paksa' aku baru merintis di Manulife. Kalau ga dipaksain, uang mah seberapa juga abis-abis mulu, ya.

    ReplyDelete
  3. Wah, asyik nih, mau ikutan juga ah mbak

    ReplyDelete
  4. Makin giat bekerja ya buat nabung :D

    ReplyDelete
  5. Wah makasih tipsnya ^^ Bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  6. Baru tau Aku. Biasanya emang nabung sisanya, hehe.
    Makasih tipsnya, Mak ;)

    ReplyDelete
  7. Bner banget, kalau nabung nunggu sisa itu susah banget. :D

    ReplyDelete
  8. disiplin penting untuk bisa nabung dengan baik...dan memang harus niaaat :)

    ReplyDelete
  9. Teh Tian ...
    Ini bener bangat ... setuju pisan ...
    Gaji dateng ... hal pertama adalah pisahkan sejumlah dana untuk menabung ...
    sisanya baru buat makan dan kebutuhan sebagainya ...

    And ... no kartu ATM ... dari pada tergoda badai ... !

    Dan kalau boleh satu lagi ...
    Saya punya cara lain untuk nabung ... yaitu ... setiap menerima kembalian ketika belanja atau beli apapun secara tunai ... uang kembalian tersebut tidak balik ke dompet ... tapi masuk kantong ... dan pulang ke rumah isi kantong harus dibersihkan masukin celengan/tempat uang ... (ini lumayan nih ...)(hehehe)

    Salam saya
    (30/6 : 2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga nih idenya ngumpulin recehannya alias kembalianny om makasih

      Delete
  10. Sayangnya tidak banyak yang melakukan model yang kakak lakukan. Kebanyakan nabung kalau ada gaji sisa.

    ReplyDelete
  11. Kalau saya yg tabungan terpisah biasanya untuk tujuan tertentu hehehe. Misal mau jalan2 atau mau beli apa. Gitu mak.

    Btw sharenya lumayan buat masukan juga mak.

    ReplyDelete
  12. iyaa beneer..
    kalo nunggu sisa gaji, ga bakalan ada sisanya..

    hayu atuh kita nabung!

    ReplyDelete
  13. tips nya bermanfaat banget teh tian. Kalo mau menabung mah emang harus disisihkan sejak awal, jangan sampe nunggu sisa karena biasanya ga akan ada :v

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D