BLOGGER BANDUNG

Moderasi atau pasang verifikasi dikomentar blog?

10:13:00 AM

Moderasi atau pasang verifikasi dikomentar blog? 

Pengaturan komen pada blog ada beberapa, diantaranya adalah dengan memasang verifikasi kode untuk setiap komentar yang masuk. Banyak sekali jenis captcha yang ada, mulai dari angka, abjad, gambar dan sebagainya. Selain verifikasi komentar ada juga yang memasang sistem moderasi pada komen yang masuk, dan saya memakai sistem moderasi juga pada blog saya. Ini saya lakukan karena suka ada orang iseng yang hanya tebar spam aja sampai jualan link hidup, kan itu bisa merugikan blog kita dong. Makanya saya memakai sistem moderasi saja. 

Bebas sih sebenarnya, tergantung sang pemilik blog. Mau pake moderasi, mau enggak atau mau pake verifikasi itu sih urusan pribadi sang blogger, ya kan? Tapi kalau dirasakan oleh sang komentator *tukang komen blog*, hueheheh bahwa sesungguhnya blog yang menggunakan captcha atau verifikasi itu sangatlah menyusahkan, kenapa? karena sekarang itu captcha nya susah - susah, saya aja beberapa kali gagal terus ketika ingin komen dan akhirnya terpaksa saya urungkan untuk meninggalkan jejak cantik, hiks. Bayangkan saja kalau ada yang mau komen tapi susah verifikasi dan akhirnya mengambil keputusan kayak saya gimana tuh, bayangkan jika orang yang mau komen sehari ada lima puluh orang lebih dan mereka kesusahan buat komen, lalu mereka pergi deh tanpa ninggalin jejak, kan sedih. Padahal kan komentar - komentar itu cukup punya andil dalam rangka melangsingkan AR blog. 




Memang enggak semua captcha itu ribetin yah, namun kebanyakan dari captcha itu tulisannya menyang menyong gitu sehingga sulit untuk dibaca, dan ketika membacanya harus mengernyitkan dahi dulu dan lumayan memakan waktu lama sih, tapi pasti blogger yang memasang captcha pada blognya punya alasan tersendiri, itu hak blogger jadi silakan aja. Kalau alasan keamanan karena banyak blog aneh yang ikut nyepam pada blog kita, ya mendingan pake sistem moderasi aja. 

Dengan sistem moderasi kita bisa kok menghapus atau menampilkan komentar yang kita mau. Misalnya kalau ada yang jualan link atau obat bisa dihapus aja. 




Kadang suka penasaran saya ampe beberapa kali nyoba masukin verifikasi nya sampai salah dan akhirnya muncul sejumlah kode yang menyuruh saya untuk mencopy paste kodenya, yang saya bingung dimana saya harus paste kode itu, hiks. Sampai sekarang saya enggak tau dimana harus mempaste kode itu agar komentar saya bisa muncul. Adakah teman - teman yang bisa memberitahu saya dimana saya harus memasukkan kode itu?? 


You Might Also Like

12 komentar

  1. Iya banget teh. Aku pernah mengalami poin paling terakhir. Katanya disuruh paste code nya tapi kolomnya gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi pernah juga merasakan? dan akhirnya ninggalin blog itu dan gak jadi komen yah? hiks

      Delete
  2. Iya, aku lebih suka yang tanpa moderasi. Toh sekarang blogger itu ada folder SPAM. Jadi kalau ada yang sekiranya terdeteksi berupa spam akan masuk ke folder spam.
    Aku suka blogwalking dan suka meninggalkan jejak. Duh, capeknya menulis captcha itu kerasa banget kalau semua blog dikasih begitu. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener nulis captcha capek dan lumayan bikin emosian :D hueheheh

      Delete
  3. Aku sekarang juga mulai pake moderasi untuk komen di blog-ku... Kalo captcha2an ga pernah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, komentar diblogku juga dimoderasi :D

      Delete
  4. blogku pake moderasi aja, iya suka bingung bacacaptcha apalagi mataku kan udah tua suka salah-salah mulunulisnya....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama dong mbak, saya juga gitu :D

      Delete
  5. Nah, ini sempat saya pikirin semalam suntuk, mau dimoderasi atau di chapcta karena mulai banyak penjual obat keliling. Tapi sampai sekarang masih tak biarin aja tanpa capca ataupun moderasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga dulu dicuekin aja gak pake moderasi atau apapun, tapi semakin banyak spam jadi males juga buat apusin satu2 jadi yowess dimoderasi deh :D

      Delete
  6. Iya betul, saya pake moderasi baru2 ini aja setelah banyak komen aneh lolos dr sergapan aplikasi anti spam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun dg moderasi pegel bulak balik mempublikasikan komen ya mak but its work lah buat mencegah spam

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook