Apa sih bedanya Blog dan Website

by - 9:37:00 AM

Apa sih bedanya blog dan website? Jujur saya gak ngerti nih apa sih bedanya blog dan web. Dulu saya kira blog sama web itu sama aja, tapi ternyata beda yah. Maka dari itu, mulailah saya bertanya - tanya pada mbah GOOGLE tentang perbedaan yang terbentang diantara mereka, hihih. 

Yah maklum aja sebagai emak - emak yang gak begitu mahir berselancar di dunia maya, saya hanya mengandalkan google untuk menggali pengetahuan selain membaca buku dan bertanya kesana kemari. 

Pada dasarnya, blog dan website itu adalah sama - sama media yang bisa digunakan untuk berbagi informasi, baik itu informasi secara visual ataupun informasi audio. Sepintas memang mereka berdua itu sama, namun ternyata mereka berbeda. 

Saya pun berselancar ke wikipedia untuk mengetahui arti dari blog dan website, maka wikipedia mengatakan bahwa blog itu adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari entri diksrit yang kemudian dipublikasi di world wide web atau biasa dikenal dengan triple w (www). Nah kalau website itu adalah sekumpulan halaman web yang terkait dan disajikan dari satu domain. Gitu sih kata wikipedia mah, hihih. Jadi blog itu adalah kontradiksi dari web blog sedangkan website adalah kontradiksi dari situs di web. 

Nah, kalau dari sisi konten sih blog bisa berisi berbagai macam konten. Banyak topik yang bisa diangkat untuk dijadikan suatu postingan di blog, misalnya nih posting tentang parenting, hobi dan masih banyak lagi konten yang bisa dijadikan bahasan. Blog itu hampir kayak majalah kali yah namun secara digital dan bisa memberikan postingan yang selalu mengejutkan setiap harinya. Dan kalau website itu biasanya hanya mewakili satu produk saja, jadi bahasannya enggak campur aduk gitu deh. 

Kalau dilihat dari sisi penggunanya, blog sih biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis, biasanya digunakan oleh semua kalangan yang ingin menyalurkan hobi menulisnya agar bisa dibaca semua orang. Dan kalau website itu biasanya dimiliki oleh kalangan profesional, dipakai sama yang udah ahlinya. 

Dari segi kemudahan sih blog kayaknya lebih mudah digunakan dibandingkan website. Kalau blog kita cuma perlu mendaftarkan email dan bisa langsung menggunakan layanannya secara gratis. Fiturnya juga friendly dan gak memusingkan. Tapi kalau website, banyak hal yang harus dilakukan selain domain. Webhosting, script harus dipersiapkan dan nantinya akan diupload ke webhosting, ah saya mah gak kebayang nih gimana bikinnya. Bukan itu saja, untuk menjalankan website ada software file transfer protocol atau FTP juga, banyak deh tetekbengeknya dan kalau saya sendiri mah harus banyak nih tutor nya kalau saya mau bikin website. :D 


Itu sih yang saya tahu tentang perbedaan blog dan website, minum banget kayaknya pengetahuan saya. Yuk jika ada teman - teman yang ingin menambahkan silakan. 

You May Also Like

26 komentar

  1. oh... *angguk2 kepala* :)

    ReplyDelete
  2. mbak...paragraf terakhir baris no.2 bukan minum tapi minim hahaha #typo...sorry ya mbak :)

    makasih atas sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi iya kok jadi minum yah, makasih mbak :D

      Delete
    2. mungkin nulisnya sambil haus ya
      *sodorin sirop ;)

      Delete
    3. hihih emang lagi haus mak :D wkwkkw mana sirop mana sirop

      Delete
    4. haus ilmu..he2.. *ngebelain ceritanya..

      Delete
    5. Aaah makasih mbak Nova, peluuuk :D wkwkwk emang lagi haus kok pas nulis ini #alesan

      Delete
  3. Naahh... bagus nih pencerahannya, selama ini aq nyamain aja mbak blog sama web hehe.. kalo kita sudah punya TLD sepertinya sudah merasa punya web, padahal sebenarnya itu bentuknya Blog yang di upgrade :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih gitu yah mbak Lisa, kirain aku aja yang nyamain blog sama website :D hihihihi

      Delete
  4. Wahhh aku jg baru ngerti nih mba. Selama ini nulis2 aja di blog :D. Bikin blog ini jg minta dibikinin kok ma teman :p. Aku mah cuma nulisin isinya aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kl ngedesain blog lumayan gampang sih mbak, hihi asal mau ngotak ngatiknya aja

      Delete
  5. Wah nambah wawasan :)
    Web emang ribet, sifatnya fokus dan bisa buat branding (baik product branding maupun personal branding.

    Klo Blog lebih simpel.
    Salam kenal Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mbak Arinta,

      nampaknya web harus dikelola oleh sang ahli deh :D

      Delete
  6. Ah, aku juga sebelumnya. kirain sama, makanya sering bilang punya website buat jualan, padahal blog >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih sama dong kayak akuuu :D

      Delete
  7. Kirain jg sama mak...ternyata berbedoohhh...
    Tfs ya mak, daku jd tauuu...
    :D

    ReplyDelete
  8. Sama sama ada akhiran world wide web :)

    ReplyDelete
  9. Dapat pencerahan lagi hari ini. Maklum masih pemula dan perlu banyak belajar lagi. Makasih buat ilmunya ytang insya allah bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl bermanfaat :)

      Delete
  10. ooo gitu ya... *ngangguk2* :)

    ReplyDelete
  11. thank you yan informasinya….TOP bangetttt :))

    ReplyDelete
  12. dulu aku kira web sama blog itu sama,ternyata beda hehe

    ReplyDelete
  13. wah saya kira sama hehehe..kalau ditanya punya website ga? saya kasi alamat blog saya :))

    mampir2 yaaaa :D

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D