Cantik

#7 Totok Wajah Yuk

9:45:00 AM

Totok wajah yuk

Melakukan totok wajah bisa lho dilakukan dirumah sendiri, beneran. Saya dulu pernah ikut pelatihan totok wajah sebelum akhirnya saya memutuskan untuk sekolah makeup, dulu banget sih sekitar tahun 2007 an deh. Karena memang makeup itu identiknya dengan perawatan wajah juga, jadi bukan hanya bisa memoles wajah para perempuan, saya juga didaulat untuk bisa melakukan perawatan kepada calon perempuan yang akan saya poles wajahnya, gitu sih katanya. 

Dasar emang karena kepaksa, jadi saya belajar makeup nya pun ogah - ogahan, mamah yang seorang makeup pengantin yang selalu mendorong saya untuk meneruskan usahanya kelak, perias pengantin. Namun karena hati saya yang memimpikan karir jadi deh belajarnya juga ogah - ogahan, padahal banyak temen yang bilang ih kamu mah bodoh, enak tau bisa makeup mah.Tapi saya bisa kok makeup, meski hanya sekedar untuk makeup keluarga dan pagar ayu nya bukan makeup pengantin. :D 

Lho kok jadi malah curhat sih? #tutupmuka...

Saya sih niatnya pengen berbagi cara totok wajah dirumah aja, hihi bukan curhat masalah sekolah makeup saya yang selalu gagal diujian nasional ini. Wkwkwk.... Iya saya selalu gagal pas ujian nasional, gagalnya hanya pada hair do, sasak saya amburadul :D. Kalau makeup sih nilainya A tapi pas sanggul wiiih E :D. Aaah tuh kan malah curhat lagi. :D 


Kalau kita rajin melakukan totok wajah, serius wajah akan terlihat lebih fresh dan akan tampak muda. :D secara eyke sudah usia 30 nih jadi harus ekstra perawwatan wajahnya. Selain penekanan yang dilakukan saat totok wajah itu akan menambah aura kecantikan lho dan bisa dilakukan sendiri dirumah. 


Sebelum saya utarakan cara - caranya, lebih baik mengenal dulu dong manfaat totok wajah itu apa? 


  1. Otot - otot diwajah akan menjadi lebih kenyal.
  2. Sakit kepala, rasa tegang dan rasa lelah bisa dengan cepat diredakan bahkan dihilangkan.
  3. Wajah akan semakin fresh dan bersinar terang karena akan terjadi rangsangan terhadap sirkulasi darah. 
  4. regenerasi sel kulit di wajah. 

Dokterkecantikan.com 
Dan wajahpun akan terlihat lebih muda, fresh dan pori - pori juga akan mengecil. 

Mari kita lanjut ke hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu. 

  • Gunakan jari tengah dan jari manis pada saat melakukan penekanan. 
  • Tekan pada otot wajah bukan tulang wajah. 
  • Pada saat penekanan berpindah dari satu titik, usahakan jari tetap menempel jangan sampai terputus. 
  • Saat menekan pada titik wajah tarik napas, tahan napas beberapa saat dan lepaskan napas saat penekanan pada titiknya dilepaskan juga. 
Wajah dibagi atas beberapa area, penting lho mengetahui ini sebelum melakukan penotokan. Area dahi atas, tengah dahi, atas mata, bawah mata serta pipi dan dagu. 

DAHI ATAS 

Lakukan penekanan mulai dari tengah garis rambut. Tekan beberapa saat sambil mengatur napas ya. Saya biasa melakukannya dengan berdzikir saja. Setelah itu bergeser sepanjang garis rambut secara perlahan sampai menekan 3 titik. 


TENGAH DAHI 
Penekanan dimulai dari titik ditengah dahi. Lalu geser sekitar 1 cm ke arah luar, ke arah pelipis. Ulangi sampai ke pelipis. 
ALIS MATA 
Tekan dari mulai cekungan pangkal hidung. Lalu pindahkan sampai pangkal alis, tekan dan atur juga napas. Lalu geser ke puncak alis, tekan dan tahan sambil mengatur napas dan lepaskan. Pindah keujung alis lalu serong sekitar 45 derajat dari ujung alis tekan, tahan dan lepaskan. 
BAWAH MATA
Letakkan jari dibawah tulang mata dekat dengan batang hidung. Lalu geser sedikit ke bawah ujung mata dan geser ke pelipis sampai menemukan cekungan di pelipis, tekan, tahan dan lepaskan seiring aturan napas. 
PIPI
Mulai dari bawah cuping hidung, geser ke samping arah luar sekitar 1cm, tekan, tahan dan lepaskan. Lalu geser lagi sampai berada ditengah pipi, tekan tahan dan lepaskan. Dan pindah lagi ke lekukan dekat cuping telinga yang menempel pada pipi. Tekan tahan dan lepaskan. 
DAGU 
Taruh jari diujung dagu bawah, tekan perlahan dan lepaskan. Geser ke ujung bibir dan lakukan penekanan lembut kemudia tahan dan lepaskan. Pindahkan jari ke posisi lesung pipi, tekan dan tahan lalu lepaskan perlahan. Setelah itu geser searah lekungan bibir saat senyum dan lakukan penekanan lembut. Lalu tutup dengan menggosok - gosokkan kedua telapak tangan dan telungkupkan pada wajah, gunanya untuk memberikan energi pada wajah. 

Lakukan penekanan dengan lembut secara bertahap jangan langsung menekan dengan kuat. Andalkan kekuatan tenaga jari saja jangan kerahkan semua tenaga anda yah. :D 





You Might Also Like

23 komentar

  1. huwaaa kalau salah neken itu bahaya gak mba? mau praktekin tapi takut :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau salah neken palingan pusing mak :D hihihi

      Delete
  2. Bisa mengurangi sakit kepala juga ya. Pengen coba tapi belum ada bayangan gimana caranya. Mungkin belajar totok wajah di salon dulu ya biar bisa lebih tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bisa. iya mendingan emang merasakannya dulu baru kebayang

      Delete
  3. Replies
    1. insyaa Allah mak nanti kalau lagi kopdar ya kita buat pelatihan :D

      Delete
  4. wahhh bermanfaat banget ya...sepertinya saya butuh totok wajah ini mak, secara faktor "U", makin tua, makin butuh treatment biar tubuh sehat dan cantik ya...makasih ya mak sharingnya :)

    ReplyDelete
  5. praktek ah,tapi agak ngeri juga klo salah tekan hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, boleh nyoba dulu aja ditotok saya yuk tar giliran totok2an :D

      Delete
  6. Waahh dari dulu pengen nyoba totok wajah tapi takuutt. Padahal manfaatnya bagus banget buat wajah yaaa. Ajarinn duunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi coba aja mak jangan keras2 aja nekennya

      Delete
  7. Kudu pelan2 ngunyah lalu praktekinnya hihihi cobain dulu voucher gratisnya di salon, deh. Haduuuh, udah kepala 3 emang makin banyak warning.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus pelan2, minimal 2 kali totok wajah sama terapist pasti juga nantinya bisa sendiri, atau mau aku totok in? :D

      Delete
  8. Pengeen...secara usia dah jelita nih, hahaa
    Bisa ngobatin pusing jugak yaaa, mau dong ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa ngobatin pusing juga asal benar saja titik - titiknya

      Delete
  9. Butuh energi ekstra nggak ya mbak untuk menekan-nekan bagian yang dituju? Buat perempuan hamil, aman nggak mbak untuk melakukan totok wajah ini? tengkyu sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Energinya gak usah gede dikeluarinnya, cukup andalkan energi telunjuk aja mbak :) . Utk yg hamil aman kl utk totok wajah

      Delete
  10. Bisa dicoba sendiri ya ternyata. Aman nggak ya mbak, untuk perempuan hamil? Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  11. mamaku dulu sempet kursus untuk salon..dan akhirnya punya salon (tapi sekarang udah gak lagi sih)..bisa juga totok wajah. dirumah suka di totokin sama mama klo lagi main facial2an hihihi

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook