#27 Fenomena Batu Akik

by - 10:47:00 AM

Fenomena Batu Akik 

Akan ada suatu masa dimana para anak bangsa disibukkan dengan beberapa hal, dan masa itu adalah masa sekarang. Aktivitas yang kerap dilakukan sekarang adalah MENGGOSOK BATU AKIK. Ah awalnya saya gak terlalu memperhatikan aktivitas mereka yang menggilai batu akik, namun lama - kelamaan kerumunan demi kerumunan kerap saya temukan di setiap tikungan dan perempatan yang tiada lain adalah berkerumunnya orang - orang penggila batu akik. 
Dokumen pribadi 

Banyak pemakai batu akik yang merasa dirinya lebih percaya diri dan lebih keren memakai batu akik itu. Bahkan ada juga yang memiliki kepercayaan khusus pada sang batu akik. Entahlah, mereka sendiri yang bisa merasakan kecintaannya pada batu akik. 

Jika memang batu akik dipakai hanya untuk menambah kepercayaan diri dan sebagai hiasan sih boleh saja, asalkan jangan sampai musyrik. Tidak sedikit orang yang memakai batu akik sebagai ilmu pengasihan atau lainnya, padahal sesungguhnya mereka itu sednag berada pada kemusyrikan. 



Jenis - jenis batu akik itu beragam, dari yang murah sampai yang mahal. Tapi ada beberapa jenis batu akik yang menjadi idola / sedang naik daun serta harganya juga lumayan merogoh kocek dalam, cek ricek deh disini : 


  1. Bacan, Berasal dari pulau kasiruta, Halmahera selatan di Maluku Utara. Populer banget nih batu mulia jenis bacan ini.Karena batu bacan ini dianggap sebagai batu hidup yang akan berproses menjadi lebih indah secara alamiah. 
  2. Kalsedon, Jenis ini seolah - olah diselimuti oleh kabut dan memiliki cahaya yang seolah kusam. Warnanya pun beragam, mulai dari warna merah, kuning, biru, jingga namun yang utama adalah warna hijau. 
  3. Akik Gambar, ada ukiran yang tergambar alami didalamnya. Gambarnya pun ada yang menyerupai ayam, pemandangan bahkan menyerupai sesosok tokoh. 
  4. Idokras, warnanya hijau lumut dan kadang menyerupai warna solar, cokelat kekuning - kuningan. 
  5. Kalimaya, disebut juga opal dan memancarkan cahaya berlian. Harganya pun lumayan mahal karena merupakan batu permata yang lembek dan banyak disukai banyak orang. 


Jadi, mau pilih batu akik yang mana nih untuk hiasan jari manisnya? 




Bandung, 27 Februari 2015

Tian Lustiana



You May Also Like

17 komentar

  1. Batu akik tolak miskin, dengan memakai batu akik tersebut ternyata dia pede untuk bekerja keras menolak dirinya miskin .. lhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih iya bener, tolak miskin agar giat bekerja

      Delete
  2. hahaha komen di atas bener bgt. sebuah benda kalau udah diproduksi masal dan besar2an kayak sekarang pasti dampaknya buruk ke lingkungan. kayak batu akik ini nih. ayok bapak-bapak, adek-adek, gaweeeee! nabung buat sekolah dan investasi di perhiasan emas ajaaahhhh :D wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iyalah mau duit ma kerja atuh lu :D

      Delete
  3. anak saya jadi kebawa2 seneng batu akik mak... hihihi

    ReplyDelete
  4. Suamiku dan para tetangga lagi demam batu akik maakkk. Hampir tiap malam ngumpul buat nggosok batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi awas aja tar gosok batu ali nya pake henpon :D

      Delete
  5. saya bukan pengguna atau penggemar batu akik,meskipun suka terkagum dengan keindahannya dan suka tercengang dengan harganya. Asal jangan jadi syirik aja sih OK aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak sama.
      Hanya utk hiasan dan keindahan boleh aja ya mak

      Delete
  6. Namanya juga trend :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tar juga hilang tergerus waktu ya mak

      Delete
  7. wah iya nih mak, dimana-mana pada ngomongin batu akik
    ya kalau cuma buat penampilan sah-sah ajalah ya, asal tidak dihubung-hubungkan dengan mistis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi happening banget. malah saking trend nya ada pamerannya lho

      Delete
  8. Batu akik mainan laki laki daripada mainin yg lainnya kan .......sangatlah berbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sah2 aja yaaa mainin batu akik kalau gitu hehe

      Delete
  9. Kalau batu kerakal dibuat batu akik bisa ga ya mbak. hehehe...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D