#26 Apa Itu Baby Blues

by - 2:05:00 PM

Apa itu baby blues?

Baby blues itu adalah suatu perasaan sedih, gundah dan gulana yang dirasakan seorang wanita / perempuan setelah melahirkan. 

Saya sendiri pernah merasakannya, dulu ketika melahirkan Marwah. Pada saat itu mungkin saya terlalu lelah, dan perasaan sedih, galau dan gundah itu saya rasakan ketika suami sedang tidak di rumah. Alhamdulillah, segera saya bisa mengatasi baby blues syndrome yang sekitar 3 hari melanda saya. Ketika Marwah kecil menangis, ada sedih dan rasa ingin menangis juga dalam hati, hmmm mungkinkah itu baby blues? Entahlah, yang pasti saya merasakan perasaan yang tidak biasanya. Namun seiring waktu, saya bisa mengatasi baby blues itu dan bisa kembali riang gembira. 

Memang apa saja gitu gejala baby blues itu? 
  1. Lelah
  2. Lebih mudah merasa kesal
  3. Suka menangis tanpa sebab yang jelas
  4. cemas selalu
  5. tidak sabaran
  6. Merasa tidak percaya diri
  7. mudah tersinggung 
Jika syndrome ini sudah melebihi dari 2 minggu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter atau psikolog, karena dikhawatirkan akan naik levelnya ke PostPartum Depression. 

Untuk menyikapi masalah ini, perlu penanganan yang khusus secara emosional. Selain dorongan dari pasangan, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi syndrome baby blues. Diantaranya: 


  1. Membaca majalah bisa membuat sedikit tenang.
  2. Melakukan "me time", berikanlah kesenangan untuk diri sendiri.
  3. Jika bayi sedang tidur, maka beristirahatlah.
  4. Buang semua ketakutan dan keresahan dengan banyak berdoa, berserah diri dan shalat. 
  5. Sering tukar pendapat dengan pasangan atau keluarga dekat. 

Dengan begitu, perlahan rasa takut pun akan hilang. Dan jangan lupa untuk selalu tersenyum dan percayalah bahwa setiap ibu yang dititipkan seorang anak adalah seorang wanita sempurna, banggalah menjadi wanita sempurna.... 






You May Also Like

4 komentar

  1. Setelah kelahiran anak pertama aku ngalamin jg baby blues yg cukup serius dan bbrp lama mak. Dokter pikir bisa krn faktor diatas dan faktor2 lain... sprti ketdksiapan mental dll. Dulu aku msh sangat muda, jauh dr ortu dan bnr2 g tahu gmn jadi seorg ibu... wah parah pokoknya hiksss...hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya mak, duh emang faktor usia juga mempengaruhi ya mak, menikah muda juga bisa jadi faktor pencetusnya yah :)

      Delete
  2. Saia sempet ngalamin baby blues mbak hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu yah mak, tapi sudah teratasi kan mak?

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D