blogger

Kriteria khusus Blogger

10:51:00 AM

Sebagai seorang blogger yang masih newbie, memang banyak sekali yang harus saya pahami dan pelajari. Seputar kepenulisan tentunya. Seputar permainan kata yang harus saya tulis demi memuaskan si peminta jasa blogger. Yah blogger kini merupakan profesi yang bisa mendatangkan pundi - pundi yang akan menjadi harta pada kolom debet. Namun tidak semudah itu saja, buat blog, jadi blogger dan meraup untung? Tidak begitu saja. 

Proses harus dilalui dengan berbagai macam cara, tentu saja konsekuensi dan ciri khas penulisan yang akan memberikan kita nama dalam dunia BLOG. 
Sumber : Koleksi Pribadi 


Setelah saya mengamati dari cara menulis beberapa teman blogger yang keren, saya mulai bisa mengartikan apa sih ciri khas kepenulisan itu? Apasih bedanya blogger A dan blogger C? sementara biasanya yang direview kan sama tuh namun hasil tulisannya selalu berbeda makna dan pemahaman, biasanya. Tak jauh dari tangan dingin seorang koki yang memasak, dengan bahan sama dan bumbu sama namun memberikan rasa yang berbeda, seperti itu pula lah seorang blogger. 
sumber : Search Engine GOOGLE 

Menurut saya ada beberapa kriteria khusus yang bisa membuat blogger menjadi semakin keren dan terkenal, ai ciyeeeeh. Hihi tapi ini hanya menurut saya yah. . . 

1. Ciri khas 

Seorang blogger memiliki ciri khas kepenulisan yang beda satu dengan yang lainnya. Meskipun mereview satu tempat atau satu produk yang sama, dan press release yang sama namun begitu postingan lahir, terlihat bedanya. 

2. Berani Jujur 

Buat saya ini agak sulit, jujur mengungkapkan apa yang kita review. Saya suka mikir aja kalau jujur saya tulis kejelekannya gimana yah? Tapi beberapa blogger keren lainnya ada yang berani jujur dan itu juga malah menjadi senjata mereka untuk semakin meraup untung dari blog. 

3. Komitmen 

Ini memang agak mahal harganya. Komitmen memang agak susah untuk dilakukan. beberapa blogger yang sudah berkomitmen untuk selalu berbagi info dan cerita ini bisa merasakan asil komitmennya. 

4. Komunitas

Bergabung dengan komunitas adalah salah satu hal yang seharusnya memang dipertimbangkan blogger. Karena dengan masuk komunitas, justru jaringan terjalin dan pintu rejeki semakin terbuka. Rejeki mendapatkan saudara, teman dan job tentunya. 


Dan aku? sedang dalam proses menuju ketiga kriteria itu, semoga saja saya selalu bisa menulis dan berbagi inspirasi dan informasi untuk semua orang, aamiin.... 




You Might Also Like

30 komentar

  1. Setiap, blogger memiliki ciri dan gaya menulis masing-masing dalam menuangkan ide atau gagasannya.
    Demikian pula ketika menulis review. Namun demikian pada menulis review produk dan jasa ada pakem tersendiri sesuai pesan dari yang minta jasa kita. Pada umumnya mereka mengharapkan tulisan dengan tone positif tentang produknya. Untuk itulah blogger diberi imbalan/ fee.

    Menulis resensi buku seyogyanya jujur dalam menilai sebuah buku. Tujuan resensi adalah memberikan gambaran kepada calon pembaca tentang kualitas buku tersebut. Lagi-lagi, dalam menilai buku juga tak bioleh semena-mena. Jika ada kekurangan buku ungkapkanlah dengan kata yang santun. Penulis tentu sudah berusaha keras untuk menulis yang baik, namun manusia tentau tak sempurna, ada salah dan lupa.

    Mari kita ngeblog untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah.
    Salam hangat dari Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Pakde, terimakasih atas pencerahannya, semoga ilmu yang disebar melalui blog ini memiliki banyak manfaat ya pakde, Terimakasih

      Delete
  2. Tulisan yang apik, Mak Tian! You are in the process to be a great blogger. Enjoy each step, learn, practice and feel the sensation! Hold your own character, then you will be well known as Tian Lustiana, even though you are invited to post on other's blog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks a bunch mak Al, and you're my true inspiration

      Delete
  3. Open Mind, Open Hand.
    Bagiku, seorang Blogger tentunya harus berpikiran lebih fleksible, tidak hanya memandang dari satu sudut saja tapi dari berbagai sudut lainnya. Dan yg pasti, Blogger haruslah selalu "membuka tangan"nya utk merangkul Blogger2 lain terutama newbie seperti kita.
    Kita? aku doang kaliiii.. teteh satu ini mah udah beneran jadi Blogger sejati :)

    Salam Blogger. *peyuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah saya masih sangat newbie neng Hani, kita belajar bersama menuju blogger keren ya :D hihih. Benar sekali sbg blogger harus bisa merangkul dan berbagi ilmu yah

      Delete
  4. bentar mak,bukannya itu 4 kriteria kok penutupnya ketiga kriteria ya hehehe....
    tfs mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak ada 4 kriteria, tapi kriteria akhir bergabung dengan komunitas sudah saya jalani :D hihih jadi sisa peer saya 3 kriteria lagi :D

      Delete
  5. Ikutan ya makkk jadi blogger yang baik :) saya juga masih dalam tahap mencari jati diri #ceileeee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mencari jati diri bersama teh Nonik, menjadi blogger keren

      Delete
  6. terima kasih untuk pelajaran hari ini mbakyu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama :) , ini hanya sharing :D hehe

      Delete
  7. Terima.kasih artikelny mba

    Jadi pngen uterus belajar jadi blogger heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasi mbak Tri, mari terus belajar dan posting blog terus yaaa

      Delete
  8. Begitupun denganku mak.. masih terus belajar menjadi blogger yg profesional.
    Happy blogger day ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar bersama yuk mak, saya juga ingin banyak belajar dari mak tentang blog traveller

      Delete
  9. untuk jadi blogger yang punya ciri khas masih belum bisa menentukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi seperti apa kang Jum yang bisa menentukan itu? mohon sharingnya :)

      Delete
  10. Kalau saya masih pemula mbak di dunia blog dan masih harus banyak belajar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pemula kok mbak sama, mari belajar bersama

      Delete
  11. Happy blogging mak tian :)
    bagus kok blognya tinggal dikembangin, ngeblog asik soale wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mak Shinta,,, asik banget ya mak bisa keluarin uneg - uneg :D

      Delete
  12. paling susah kalo saya komitmen deh...abis masih slebor kmna2 hehe

    ReplyDelete
  13. Setiap blogger mempunyai karakter khusus yang unik, karakter tersebut bisa dilihat dari gaya tampilan dan tulisan di blognya. Tpi yang harus bener-bener di perhatikan adalah kekonsistenan dalam ngeblog. :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook