#14 SAY NO to VALENTINE DAY

by - 2:13:00 PM

Valentine Day? Hmmm maaf dari dulu saya ga pernah tuh ngerayain, apalagi dapet kado dihari valentine,, belum pernah sama sekali * iya belum pernah * kasian yah.. Hihihihi... 

Jadi inget zaman dulu pas SMK , saya dari sekolah diundang untuk menghadiri acara seminar tentang valentine , yah tentang penegasan arti valentine yang sebenarnya diimport dari faham non muslim gitu, dan sebagai umat islam kita ga boleh dong ngikut ngikuti ajaran dan faham agama lain.


Valentine day yang sepertinya sudah menjadi kebiasaan tahunan para anak muda bahkan yang beragama islam juga. Hmmm mungkin mereka belum tahu apa sih valentine day itu, makanya bisanya cuman ngikutin aja yah. 

hasil search dari GOOGLE

Saya coba jelaskan sedikit yah,apa yang saya tahu dan apa yang pernah saya pelajari bahwa valentine yang diartikan sebagai hari penyampaian atau pesan kasih sayang sebenarnya adalah seorang martir yang rela mati karena mempertahankan kepercayaannya * dalam islam disebut syahid* . Ia adalah seorang dermawan dan bergelar santo , karena berseberangan dengan penguasa romawi yang pada waktu itu adalah Raja Clauduis II ( 268 - 270 M ), Valentine dibunuh tepat pada tanggal 14 februari 270 M , maka untuk mengenang St. Valentine  ini, sebagai simbol ketabahan , keberanian dan kepasrahan maka para pengikutnya merayakan hari kematianya pada setiap tanggal 14 februari sebagai upacara keagamaan tersebut sudah mulai pudar dan berangsur2  hilang dan berubah dari hari raya keagamaan menjadi hari pesta jamuan kasih sayang romawi kuno yang disebut " supecalis" yang jatuh pada 15 feb .

Dan pada akhirnya setelah orang - orang romawi itu masuk agama nasrani, hari pesta jamuan kasih sayang itu dihubungkan dengan upacara kematian St . Valentine sebagai hari kasih sayang , sesuai dengan kepercayaan ornag eropa bahwa hari kasih sayang itu jatuh pada tanggal 14 Feb dan dilambangkan sepasang burung jantan dan betina .

Nah lumayan jelaskan? dari mana itu asal muasal valentine , karena islam agam yang konsisten alias tidak ikut - ikutan , meniru - niru keyakinan dan gaya hidup barat adalah bukan bagian dari ajaran islam, meskipun memang berkedok kebaikan dan kasih sayang , karena islam itu telah mengatur cara untuk menanam kebaikan dan menyediakan fasilitasnya ( wasilah ). Rasul saw bersabda : 
Siapa-siapa yang dikehendaki oleh Allah untuk mendapat suatu kebaikan, Allah berikan kepadanya kepahaman tentang agama Islam. (Al-Hadis).
hasil search dari GOOGLE


Ajaran kasih sayang yang diikuti lewat Valentine day bukanlah ajaran agama islam , Rasul Saw melarang untuk meniru - niru cara agama lain : 


Siapa-siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) dia termasuk kaum (agama) itu.

namun jangan juga salah persepsi , bukan berarti islam tidak mengajarkan kasih sayang , malah sebenarnya islam lah agama yang paling konsisten menebarkan kasih sayang di muka bumi ini , sampai - sampai setiap langkah perbuatan yang akan dimulai dianjurkan membaca Bismillâhirrahmânirrahîm (dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).



Nah semenjak saya tahu akan Valentine ini , saya ga pernah tuh rayain atau memberikan kado , bahkan nerima kado nya saja ga pernah * kasian banget * .. hihihihi . Mari kita belajar saling mengingatkan ketika khilaf yaah :) ....






You May Also Like

5 komentar

  1. Udah dibilangin, ini sih akal2annya pedagang coklat sama bungkus kado aja, h-haayyy....

    ReplyDelete
  2. hehhe, saya hanya jadi pendengar atau penonton mbak tidak pernah merayakannya :D

    ReplyDelete
  3. hehehe,,jadi inget dulu pas ngajar,pasti dapet seabrek cokelat mbk

    ReplyDelete
  4. Keren mba Tian, sepakat..
    Eh mba, saya belum menikah nih ya,
    Tapi kepikiran kalau suatu saat menikah, nanti tgl 14 Feb ya beli bunga atau coklat gitu ke istri, niatnya sih biar romantis aja
    Kalau kayak gitu, terhitung niru agama orang ga sih mba kira2?
    hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D