Sabtu, 23 Oktober 2021

Kurangi Sampah Makanan Untuk Lingkungan Yang Lebih Baik

Bismillah, 


Sampah sisa - sisa makanan itu ternyata merupakan jenis sampah yang memiliki pengaruh besar terhadap perubahan iklim loh, duh jadi mikir keras dan merasa bersalah soalnya kadang saya juga suka buang - buang sisa makanan, huhu. 




Makanya nih sangat perlu banget ya kita semua itu untuk belajar dan juga melakukan sesuatu untuk kurangin sampah sisa makanan supaya tidak membuat lingkungan sekitar kita itu menjadi buruk. 


Karena kebiasaan buang makanan yang akhirnya numpuk deh jadi sampah, ingin beli makan ini dan itu tapi kadang enggak kemakan deh, huhuh akhirnya busuk dan menjadi sampah. Sedih yah? 


Yuk, belajar bareng dan lakukan bersama untuk kurangi sampah makanan supaya enggak terbuang percuma. 


Yuk, kurangi sampah sisa makanan 

Ngomongin masalah sampah makanan, sebenarnya bukan hanya dari rumah tangga saja, tapi juga bisa dari pasar tradisional, rumah makan sampai perusahaan besar yang memang engga bisa semudah itu untuk kita kendalikan. 

Tapi, yang bisa kita lakukan adalah kendalikan sampah mulai dari lingkungan terkecil. Mulai dari diri kita sendiri. Karena dengan mengurangi sampah dari sisa makanan sendiri, maka kita sudah melakukan kontribusi yang berarti. 


Belanja dengan bijak 

Belanja dengan bijak adalah salah satu sikap awal yang menurut saya sangat efektif untuk kurangi sampah sisa makanan. Saya awalnya mikir kalau belanja untuk kebutuhan sehari - hari itu lebih hemat dan efektif jika saya belanjanya banyak. Ternyata cara ini salah dan kurang efektif karena saya malah membuang lebih banyak stok makanan. 


Saya biasa beli sayuran dan bahan masakan setiap minggu dalam jumlah banyak, tapi kadang karena sibuk dan hal lainnya, makanya bahan masakan akhirnya jadi busuk dan terbuang deh. Ini juga terjadi ketika saya beli roti atau cemilan, kelupaan karena tersimpan dalam lemari eh malah berakhir di tempat sampah karena keburu expire. 




Karena hal ini, maka saya bertekad untuk kurangi sampah ya minimal dengan berbelanja bijak, jadi saya beli belanjaan yang memang saya butuhkan, saya buatkan list daftar barang yang akan saya beli dan beli produk segar dalam jumlah terbatas saja, jangan kebanyakan. 


Simpan makanan dengan baik 

Selain harus belanja dengan bijak, menyimpan makanan pun harus bijak dan juga harus simpan makanan dengan baik. Karena jika simpan makanan kurang baik maka makanan itu bisa langsung basi dan akhirnya engga kemakan deh. 




Simpan buah - buahan itu engga boleh disatukan dengan daging mentah karena buah - buahan bisa terkontaminasi dengan bakteri dari daging, jadi malah jadi cepat busuk. Bukan hanya itu, suhu kulkas juga harus diperhatikan karena suhu tertentu bikin bakteri dan juga jamur bisa tumbuh pada makanan. 


Makanya, perlu ilmu khusus juga loh untuk menyimpan makanan. Jadi kita harus simpan makanan buah dan sayur segar itu pada suhu dibawah 4°C. Untuk daging mentah, simpan pada wadah yang tertutup dan pisahkan dari makanan lain jangan disatukan. Pisahkan makanan yang mengeluarkan gas etilena dari makanan lain, kayak buah pisang, alpukat dan juga tomat. 


Saya biasanya simpan makanan dalam wadah yang transparan supaya bisa terlihat, jadi enggak lupa deh. 


Masih banyak sih cara lain untuk kurangi sampah sisa makanan supaya tidak mencemari lingkungan. Yang penting sikap kita dalam memperlakukan makanan, saya sih miukrinya asalkan kita bisa menghargai makanan dan jangan asal buang makanan. Dan selalu bersyukur pada Allah atas semua rezeki yang diberikan kepada kita semua. 




Bismillah, saya bersumpah untuk belajar tidak menyumbang sampah sisa makanan lagi demi lingkungan yang lebih baik lagi. Aamiin. 


Gimana nih, temen - temen ada tips gak untuk kurangin sampah sisa makanan? Sharing yuk!



With love,



Tian lustiana

6 komentar:

  1. Bener banget ini Mbak semakin lama semakin menumpuk saja apalagi sampah makanan sulit didaur ulang pasti bisa menuhin bumi nantinya kalau tidak diatasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus segera diatasi minimal dari lingkungan terkecil kita yah.

      Hapus
  2. Saya beberapa tahun terakhir mulai mengompos, Mak.. Tapi memang selain mengolah sampah, kita harus mulai mengurangi kebiasaan "nyampah" sih.

    Makanya pelan-pelan saya juga bikin daftar menu untuk seminggu, biar belanjanya kekontrol dan ngga mubazir.

    Btw, saya baru tau nih kalau kita sebaiknya memisahkan makanan yang mengeluarkan gas etilena dari makanan lain, kayak buah pisang, alpukat dan juga tomat. Noted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener emang enaknya dikontrol ya dan bikin food prep gitu supaya makanan gak mubadzir dan ga kebuang.

      Hapus
  3. Iya sedih banget ya makanan terbuang percuma karena kebanyakan di kulkas, basi dan busuk huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadinya basi dan kebuang, sedih yah.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.