Inovasi Dan Pelayanan Prima Dalam Bisnis Retail

by - 10:25:00 AM

Assalamualaikum, 

Jadi, beberapa hari ke belakang saya mengunjungi Alfamart Nanjung. Saya dan beberapa teman blogger itu bakalan menyerap ilmu tentang Manajemen Retail untuk UMKM bersama Branch Trainer Pt. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pak Yogie Septiyana Rochman. Saya jadi tertarik, seenggaknya saya flash back sama Manajemen Retail yang pas kuliah pernah saya serap, meski tidak sampai "molotok" haha. Dan inilah cerita saya yang bisa saya bagikan kepada temen - temen, semoga bisa memberikan manfaat yaa, gengs!


Berbicara tentang Manajemen Retail, tentu saja setiap hari kita ini berhubungan dengan bisnis retail, setiap saat mungkin yah. Apalagi untuk saya yang doyan banget jajan, sudah pasti saya hampir setiap saat berhubungan dengan bisnis retail. 

Tau kan apa itu retail? atau bisnis retail? 

"Bisnis retail itu adalah Rangkaian kegiatan perdagangan barang atau jasa dari pihak penjual kepada konsumen secara langsung"

Jadi, gampangnya gini kali yah. Retail itu adalah yang menjual langsung pada konsumen. Banyak contoh bisnis retail yang sudah ada disekitaran kita, salah satunya Alfamart. Alfamart masuknya kedalam retail modern, nah kalau retail konvensional itu kayak warung, tukang bakso dan lainnya. 

Dalam bisnis apapun, yang namanya persaingan itu pasti ada, iya kan? Lihat saja banyak sekali toko, warung bahkan sampai minimarket terus menjamur dari waktu ke waktu. Sebagai pelaku usaha, yang diinginkan adalah barang laris manis. Dan untuk pembeli sih kita pengennya mendapatkan harga barang yang baik dan pelayanan prima dari pelaku usaha. 

Supaya usaha atau bisnis yang dilakukan itu bisa terus bertahan dari waktu ke waktu, apa sih yang seharusnya dilakukan? Apa yang wajib dilakukan agar bisnis kita itu tetap bertahan? 

Jawabannya  adalah INNOVASI. 

Ya, innovasi itu dibutuhkan agar bisnis kita bisa tetap bertahan dan bisa diakui plus laris manis. Sebelum melakukan perubahan atau inovasi tentu saja ada yang harus dipahami dulu, terutama tentang produk yang kita jual. Produk yang dijual harus dipahami dengan seksama, karena dengan memahami dengan jelas produk yang dijual akan mudah untuk melakukan inovasi ke depannya. 

Teman - teman pernah denger KEJU 2MBER dalam melakukan identifikasi produk? Yang mana merupakan singkatan dari Kemasan, Jenis, Ukuran,Merk,Manfaat, Barcode/PLU,Expired date dan Rasa. 


  1. Kemasan. Harus dipahami dan dikuasai tentang kemasan produk, apakah kemasan itu dalam bentuk kardus ataukah botol. Atau mungkin dalam kemasan tetrapack. Jadi pemahaman kemasan harus dikuasai. 
  2. Jenis, tentang bahan dasar produk apakah cair, gel, spray dan lainnya.
  3. Ukuran, tentang satuan isi produk seperti gram, ml, kg dan sebagainya.
  4. Merk, identitas produk. 
  5. Manfaat, fungsi dan guna suatu produk. 
  6. Barcode/PLU, Kode barang.
  7. Expired date, batas konsumsi produk.
  8. Rasa, Sifat dari suatu produk. 
KEJU 2MBER wajib dipahami oleh pelaku usaha / bisnis / UMKM supaya terus bisa bertahan dan memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan. Jangan sampai ketika ada pelanggan atau konsumen yang menanyakan tentang produk, ga tau apa - apa. Pelanggan yang ada jadi bete dan mungkin tidak akan lagi berbelanja ke warung kita. 

Supaya bisnis bisa tetap bertahan, selain KEJU 2MBER adalagi lainnya yang harus dilakukan, diantaranya adalah pengetahuan tentang produk substitusi dan produk komplimenter.  

Untuk produk subsitusi itu menawarkan barang yang sejenis ketika barang yang diharapkan pembeli tidak tersedia, misalnya nih ada yang pengen beli pasta gigi merk A namun tidak ada, capcus deh kita tawarin produk serupa lainnya namun beda merk. Kan jadinya barang pun jadi terjual, ya kan? 


Photo credits : Ummi Bindya 

Produk komplimenter atau produk pendukung, misalnya ketika ada yang beli shampoo, ya bagaimana caranya supaya sekalian beli conditionernya juga. Begitu. 

Produk lainnya yang wajib ada dalam toko / warung / bisnis retail adalah produk rutin seperti sembako yang jadi kebutuhan harian. Dan produk lainnya yang menjadi pendukung ataupun produk musiman harus ada dan tersedia. 

Penataan barang pun penting loh untuk agar bisnis tetap bisa bertahan, karena kalau display barang ga rapi, pelanggan pun akan menjadi malas. Pelayanan prima juga harus diutamakan. Meski inovasi dilakukan secara besar - besaran namun pelayanan prima nya tidak digerakkan maka akan sia - sia juga. karena biasanya pelanggan selain mencari kualitas dan harga produk, pelayanan juga sangat diutamakan. Biasanya banyak yang rela membeli dengan harga mahal asalkan pelayanannya ramah dan baik. 

Jadi gimana? Siap berinovasi dan melakukan pelayanan prima yang baik? Pasti akan selalu bertahan bisnisnya, aamiin. 

Photo Credit : Bang Aswi 

Seperti Alfamart yang selalu berinovasi dan menggaet pelanggan dengan promosi dan diskon yang rajin diberikan. Selain itu, pelayanan prima dari Alfamart juga diutamakan untuk selalu senyum dan sapa. Kalau temen - temen yang pengen diucapin selamat pagi langsung aja ke Alfamart, hehe. 

Terimakasih Alfamart untuk ilmu Manajemen Ritelnya! 



Wassalam,

Tian Lustiana 















You May Also Like

9 komentar

  1. Senangnya dapat pelatihan seperti ini ya, siapa tau bisa berbisnis retail hihi..

    ReplyDelete
  2. Dulu sewaktu kerja di Kraft sampe molotok dan di luar kepala pelatihan manajemen retail ini. Tapi, jadi nambah ilmu, tinggal diaplikasikan di kehidupan nyata belom kesampean.
    Jadi kita bisnis apa atuh ahh

    ReplyDelete
  3. Ahaha..aku mau juga dikasih ucapan selamat pagi. Secara bukan orang kantoran lagi,jadi ga tiap hari disapa gini,kecuali kalau lagi di luar hihi

    ReplyDelete
  4. Aku sempat kerja di retail fashion. Cuma nggak bertahan lama karena didalamnya nggak masuk ke kriteria pelayanan prima. Ilfeel jadinya hahaha

    ReplyDelete
  5. Teh Tiaan....
    Abis nonton Revolutionary Love...terus baca blogpostnya teteh. Lengkap sudah ilmu pemasaran yang aku dapet hari ini.

    Lagiii, teh...
    Menarik banget yaa...ada strategi yang bisa kita lakukan dari mengamati pola-pola pasar.

    Tsakeep.

    ReplyDelete
  6. Lucu ya singkatannya keju 2mber :D

    ReplyDelete
  7. Waah,keren banget nih ilmunya jadi tahu ada KEJU 2MBER

    ReplyDelete
  8. Keren nih pelatihan manajemennya, cocok buat yang mau usaha retail juga

    ReplyDelete
  9. Pelayanan yang baik emang nomer 1. Konsumen akan jadi nyaman, ya.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84