Jangan Minta Oleh - Oleh Pada Teman Yang Sedang Liburan

by - 4:37:00 PM

Assalamualaikum, 

Kenapa ya setiap ada yang liburan atau sedang travelling ke luar kota ataupun luar negeri selalu saja dimintain oleh - oleh?


Saya memang jarang melakukan perjalanan luar kota apalagi luar negeri, namun beberapa teman saya kerap kali melakukan perjalanan luar kota bahkan luar negeri, baik itu perjalanan dinas ataupun liburan. Tentu saja, beberapa teman yang tahu akan chit chat dan minta oleh - oleh, ada juga sih yang pengen jastip ( jasa titip) saja. Tapi ya kebanyakan sih pada minta oleh - oleh, termasuk saya hihi. 


Misalnya ada teman yang sedang berkunjung ke Semarang, otomatis mintanya oleh - oleh khas Semarang. Ada yang ke Surabaya, oleh - oleh nya pun minta oleh - oleh khas Surabaya dan begitu saja seterusnya, tergantung ke kota mana perginya. Gak nyambung juga kali ya kalau ada temen yang sedang ke Palembang kemudian kita minta oleh - oleh khas Semarang, aneh kan?

Tapi setelah saya berbincang - bincang dengan teman yang sering melakukan perjalanan luar negeri ataupun luar kota, mereka itu sebenernya risih jika ada yang minta oleh - oleh. Melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri bukan berarti kebanyakan uang dan bisa beli banyak oleh - oleh, hmm saya pun jadi merenun dan merasa bersalah pernah meminta oleh - oleh hehe.

Iya juga sih, kan mereka travelling itu pake duit, mereka harus mikirin akomodasi selama travelling, makan juga dan perintilan lain, tapi masa kita tega menambah beban mereka dengan minta oleh - oleh, gimana kalau mereka ga tega dan maksain beli. Duh kasian kan? Apalagi denger curhatan temen yang menabung demi perjalanan ke luar negerinya dengan uang pas - pas an dan hemat parah selama liburan, yang penting bisa jalan - jalan eh direcokin minta oleh - oleh. Mau nolak ga enak, dijabanin juga bikin puyeng, gitu katanya.


Terus, hal lain yang perlu dipikirin sama tukang minta oleh - oleh, kan kalau liburan itu ada itineray nya dan itupun harus dibayar, biaya bus dan lainnya. Nah coba deh pertimbangkan kembali apa tega minta oleh - oleh sama temen? Kalau mau titipin uangnya aja dan kamu bisa titip oleh - oleh.

Dan yang wajib diperhatikan kembali jika ada teman yang sedang liburan ke luar negeri adalah masalah bagasi, kita minta oleh - oleh banyak terus temennya ga beli bagasi, lah gimana? perhatikan kembali hal kecil seperti ini. Pikirin lagi masalah tas yang dibawa temen, kebayang kan kalau temen hanya bawa ransel dan tas pribadi. Apa yang akan dilakukan? masa iya temen langsung beli tas tambahan demi memenuhi membelikan oleh - oleh, kasian kan?

Saya pernah juga ngobrol sama temen yang bawa oleh - oleh karena kepaksa, antara kasian sama sebel katanya. Gak dibeliin ya kasian, udah minta mulu oleh - oleh tapi kalau dibeliin juga dianya merasa terpaksa, karena faktor males diomongin dan curhatan lainnya yang bikin mata saya terbuka.

Jadi, mulai saat ini lebih peka aja ya, jangan seenaknya minta oleh - oleh, ya kecuali kalau memang mau jastip sih gak apa - apa. Silakan saja. Ya, kalau dikasi oleh - oleh sih itu rezeki, ambil aja.


Kalau menurut temen - temen gimana nih tanggapannya soal yang suka minta oleh - oleh? sharing yuuuk!



Cheers
Wassalam,

TIAN LUSTIANA









You May Also Like

24 komentar

  1. Alhamdulillah, saya mah gak pernah minta oleh-oleh ke teman yang lagi pergi-pergi atau liburan. Mikirnya ya biar gak jadi beban ke si teman itu. Gak mau ngerepotin. Soalnya kalo pergi-pergi sendiri juga saya gak mau digituin. Kecuali kalo sama suami sendiri. Daftar oleh-oleh sejambreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga kl ke suami daftar oleh - oleh nya panjang hehe

      Delete
  2. Duluuu banget ku masih suka kepo minta oleh-oleh dan kata pacar, sekarang suami enggak boleh gitu. Sejak saat itu saya cuma ikut seneng dan bilang take care n enjoy! Lagian saya juga kurang suka dikepoin hihi makanya kalo liburan keep silent aja enggak pamer foto dulu biar living in the moment lah plus bisa nolak halus kalo ada yang minta souvenir hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, males sih ya banyak yang kepo dan minta oleh - oleh

      Delete
  3. Alhamdulillah udah nggak pernah minya oleh2 lagi,terakhir minta oleh2 itu pas SMP haha..habis itu nggak pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah engga kan mbak Hana hehe

      Delete
  4. saya juga suka sebel dimintain oleh-oleh apalagi yang minta tuh bukan yang akrab-akrab banget. Sedangkan keluarga saya aja berpesan "yang penting uangnya cukup untuk liburan nggak usah mikirin oleh-oleh" tuh kan :D

    Kalau memang orang tersebut penting dalam life circle kita pasti dibawain oleh-oleh tanpa diminta. Makanya saya kalau ada sahabat dan keluarga yang liburan saya cukup bilang "have fun ya, kirim foto-fotonya" dan pulangnya malah dikasih oleh-oleh padahal nggak minta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kalau orang2 penting dalam life circle kita tanpa diminta biasanya memang suka pengen beliin oleh - oleh yah

      Delete
  5. Aku juga sebel sebenarnya kalau mau pergi dimintain oleh2. :(

    ReplyDelete
  6. Hihi memang dilema ya mba. Tapi aku sellau berusaha beli walau dikit aja dan ya nggak semua juga. Intinya ada yang kebagian dikit deh. Hehhee
    Asal jangan minta pake maksa pula. Nah itu yang bikin ilfil mbaa

    ReplyDelete
  7. Emang iya sih. Kerasa terbebani gitu kalau minta oleh-oleh. Kalau dikasih ya Alhamdulillah. Kalau gak dikasih ya semoga bisa beli sendiri :)

    ReplyDelete
  8. teh Tian aku dong uang saku selama dinas abis tak tersisa gegara oleh2 abis kalau ga dikasi oleh2 pada cemberut dan ngomongin dibelakang padahal aku teh kalau kemana2 dibayarin kantor wkwkwkwk *sedih makanya klo ada yg pergi2an kecuali org terdekat aku berani nodong oleh2 klo ga dekat mah kasian :/

    ReplyDelete
  9. aku mah mau jastip aja ya ka hahaha :D

    ReplyDelete
  10. Gak usah minta oleh-oleh, kalo diminta ya jawab aja jalan2nya bekpekeran. Duitna terbatas heuheuheu. Atau saya mah biasanya kirim oleh2 dlm bentuk foto, leuwih watir heuheuheu

    ReplyDelete
  11. Minta oleh-oleh ini sama sensitifnya kayak nanya: "kapan nikah?" Hahahaha

    ReplyDelete
  12. Bener banget, makanya aku ga lagi minta oleh-oleh sama yang traveling karena beli dan bawa oleh-oleh itu berat bo

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama kartun-kartun di blog Tian,kereen

    ReplyDelete
  14. Aku gak pernah minta oleh-oleh. Kalau nyeletuk itu cuma bercanda. Teman-teman kayaknya juga gak ada yang serius minta oleh-oleh ke aku. Mungkin karena wajahku jutek dari sononya ya hahahahaha.

    ReplyDelete
  15. Beli oleh2 wajib buat keluarga... Pernah ada tetangga yg minta oleh2, saya cuekin aja :))
    Kalau orang lain yg pergi ke suatu tempat, saya ga pgn oleh2, pengennya didoain biar bisa jalan2 ke situ jg ;)

    ReplyDelete
  16. Aku juga termasuk yang suka bete kalau ada yang minta oleh - oleh. Dan justru biasanya yang kaya gini adalah mereka yang ga terlalu deket sama kita :D
    Suka serba salah, paling ampuh ya cuekin aja ya hehe dan berdoa ybs ga tersinggung di cuekin

    ReplyDelete
  17. saya biasanya nanya dulu teh, kalo gue nitip beliin barang A bisa ga? keberatan ga? bagasi lu cukup ga? kalau si kawan oke di titipin saya akan nitip uang sebelum berangkat. jadi sama2 enak dan senang :)

    ReplyDelete
  18. Aku lebih suka jastip klo ada temen yg traveling ke LN. Paling minta oleh-oleh klo sama keluarga dan sobat doang. Hahaha

    ReplyDelete
  19. Saya suka minta oleh-oleh saat teman liburan tapi itu sebagai bentuk bercandaan. Kalau beneran minta itu berarti nitip dengan kesepakatan dia ga keberatan dan uangnya udah ditransfer duluan hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84