Begini Caranya Agar Pompa Asi Tetap Terjaga Kebersihan Dan Keamanannya

by - 2:26:00 PM

Assalamualaikum, 

Menyusui memang suatu hal yang sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk memberikan asinya kepada sang buah hatinya. Meski saya dulu menyusui neng Marwah tidak sampai 2 tahun namun saya tetap memberikan asi pada neng. Apalagi ketika baru saja melahirkan, dimana bayi masih susah menghisap asi, sehingga pompa asi adalah andalah banget yang sering di lakukan terlebih lagi untuk ibu menyusui yang seringkali pergi keluar rumah misalnya bekerja dan meninggalkan anak, jadi nyetok asi di dalam kulkas adalah salah satu cara yang tepat agar si kecil tetap terpenuhi gizinya dengan asupan asi. Karena pentingnya pemberian asi untuk anak, maka pemilihan alat untuk pompa pun mendapatkan perhatian khusus agar selalu higienis. 


Asi yang harus diberikan kepada anak pun haruslah asi yang terbebas dari bakteri, sehingga hal inilah ibu harus selalu memperhatikan pada alat untuk memompa asi agar asi yang diberikan pun tidak tercampur dengan bakteri. Asi yang terkontaminasi oleh bakteri, maka hal ini pun juga akan berdampak buruk pula bagi anak, dan ini lah beberapa tips yang bisa temen - temen lakukan supaya asi nya tetap terjaga kebaikannya dan juga aman. 

Dan inilah cara untuk melakukan perawatan pada pompa asi manual agar tetap terjaga kebersihan serta keamanannya, yaitu sebagai berikut ini:

1. Sebelum digunakan, sebaiknya pompa di cuci terlebih dahulu.

2. Setelah pompa digunakan pun harus mencucinya kembalinya, hal ini bertujuan agar pompa terhindar dari bakteri serta tidak tumbuh jamur akibat dari pompa yang tidak segera dibersihkan setelah dipakai.


3. Bagian penting yang harus temen - temen perhatikan pada saat mencuci yaitu bagian corong, botol, leher serta pada bagian klep. Untuk selang maka tidak perlu untuk dicuci.


4. Lepaskan pada bagian-bagian dari pompa tersebut satu persatu.


5. Temen - temen bisa membersihkannya dengan sabun dan air hangat.


6. Setelah selesai maka keringkan.


Selalu menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangatlah penting dan perlu untuk selalu mewaspadai segala hal termasuk pada masuknya bakteri yang dapat menyerang sang buah hati, sehingga untuk menghindari dari masuknya materi pada asi yang dikonsumsi oleh sang buah hati, maka dari pihak sang ibunda yang seharusnya memperhatikan pada tempat asi serta alat pompa untuk asi agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

Membersihkan pompa untuk asi pun dapat temen - temen lakukan dengan cara yang mudah dan praktis, karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus, dengan begitu temen - temen haruslah rajin dalam hal membersihkannya supaya terjaga kesehatan bayi dengan baik, dengan begitu maka bayi yang sehat pun tidak akan mudah terserang oleh penyakit apapun, sedangkan asi merupakan asupan gizi yang sangatlah penting untuk dikonsumsi bayi, sehingga memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan asupan gizi pada buah hati merupakan suatu hal yang wajib diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Bagi temen - temen yang saat ini sedang menjadi ibu baru, maka tetaplah selalu memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin, meskipun hal ini dianggap sebagai suatu hal yang sepele akan tetapi apabila hal ini terjadi secara terus-menerus pun hal ini dapat berdampak buruk pula pada bayinya, dengan begitu temen - temen bisa  melakukan perawatan pada pompa asi yang sedang digunakan seperti yang saya ceritain tadi, agar produksi asi yang dikonsumsi sang buah hati selalu dalam keadaan yang aman dan steril dari bakteri.

Semoga membantu yaaa gengs!



Cheers,
Wassalam


TIAN LUSTIANA 



You May Also Like

4 komentar

  1. Oh enggak perlu direbus ya Teh, cukup bilas air hangat, sip deh tfs yaa

    ReplyDelete
  2. Pompa asi memang harus terjaga kebersihannya. :D Buat kesehatan adik bayi. :D

    ReplyDelete
  3. Info yang bagus, nih. :D Bisa kasih tahu sodaraku. :D

    ReplyDelete
  4. Kupikir, selama ini cukup direndam dengan air panas saja. :'D

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84