Menambah Penghasilan Atau Mengurangi Pengeluaran?

by - 2:51:00 PM

Assalamualaikum, 

Wah - wah sudah akhir bulan lagi nih, berarti beberapa hari lagi gajian deh. Gimana sisa gajian bulan kemarin, masih nyisa, pas - pas an ataukan ludes? Mudah - mudahan sih masih pada nyisa yah, terus sisanya tabungin deh. Eh kan Tian nabung itu baiknya diawal gajian, iya sih tapi kan kalau akhir bulan masih ada sisa ya ga salah juga kalau dimasukin ke tabungan, kan jadinya tabungan semakin banyak. 

Tapi ada juga temen - temen yang suka ngeluh nih, " ah saya mah gaptek, ke atm aja gak bisa, kalau harus ke Bank setiap mau ambil uang ya males, terus ga ngerti juga cara nyatet pembukuannnya", dan alasan - alasan klasik lainnya yang bilang bahwa mengatur keuangan keluarga itu susah dan akhirnya tekor, hmm. 

Saya jadi inget dulu deh, pas kami (saya dan adik - adik) masih kecil, mama saya gak kerja. Bapak aja yang kerja, ya gaji TNI AD tau lah ya. Tapi mamah sama bapak bisa loh membayar uang sekolah, makanan kita itu makanan enak - enak semua dan kebutuhan lainnya yang termasuk mahal, tapi mamah masih bisa menabung dan beli emas. Saya kan jadi penasaran dan nyari tau deh kok bisa ya ibu - ibu yang tidak bekerja dan hanya mengandalkan gaji suami namun tetap bisa bertahan dan tanpa ada utang. 

Gak semua wanita belajar keuangan iya kan? Ga semua wanita lulusan akuntansi? betul? Tapi wanita itu adalah perencana keuangan keluarga dan memang kebanyakan yang sudah menikah sistem keuangannya dipegang mutlak oleh isteri, meski ada juga yang dipegang suami.  Mau ga mau ya harus mau dong belajar tentang mengatur keuangan keluarga.  

Eh ngomongin mengatur keuangan, beberapa hari lalu saya baca postingan mbak Henny Puspitarini di #KEBLoggingCollab yang berjudul Sedikit cukup, Banyak tidak habis.  Kalau masalah menghemat uang dalam keluarga pasti beda - beda dan setiap keluarga memiliki tips tersendiri. Sebenernya saya pernah beberapa kali nulis tentang masalah penghematan keuangan keluarga ini, silakan search saja  "keuangan" di blog saya ini.  

Dan motto andalan keluarga saya adalah "menambah penghasilan tanpa mengurangi pengeluaran" . Saya dan suami sih sepakat untuk tidak mengurangi pengeluaran, misalnya kalau sehari jajan 20ribu, ya gak usah dikurangi jadi 10ribu tapi gimana caranya nyari penghasilan tambahan. Entahlah kenapa saya dan suami mikirnya gitu, aneh memang. Tapi niat kami berdua menerapkan motto itu supaya bisa menikmati hidup saja namun masih bisa tetap nabung. Insya Allah rezeki nya ada yang ngatur kok, betul tidak gengs? 


Tips ala - ala dari saya untuk menghemat serta mengatur keuangan keluarga yang versi ke sekaian kalinya adalah : 

Pendapatan dan Pengeluaran

Pendapatan keluarga pasti ada dong, kecil atau besar itu sih tergantung. Ya kalau disyukuri sih semua juga akan terasa besar dan berkah. Sebelum melangkah pada tips selanjutnya, yang harus dilakukan adalah mengetahui berapa sih pendapatan keluarga setiap bulannya, pokoknya totalin aja semua pemasukan. Dari gaji atau dari penghasilan lainnya ditotal aja semuanya. Setelah itu hitung juga pengeluaran, apa saja yang harus dibayar yang rutin setiap bulan. Jadi, kalau kita tau pendapatan serta pengeluaran bulanan otomatis bakalan bisa deh ngatur keuangan keluarga. jadi bisa hemat karena tau berapa pendapatan dan berapa pengeluaran, jangan sampai besar pasak daripada tiang!

Merencanakan

Oke, sudah tau kan berapa pendapatan dan juga berapa pengeluaran setiap bulannya? nah, selanjutnya adalah bikin rencana untuk mengatur keuangan. Hati - hati loh, harus jeli dan teliti antara keinginan dan juga kebutuhan, ya meski kadang keinginan suka mendominasi hasrat tapi sebagai isteri yang dimandati suami untuk mengurus keuangan keluarga, saya biasanya suka tahan nafas eh tahan nafsu untuk nurutin keinginan. Sebagai seorang isteri yang bijaksana, saya harus bisa mengatur keuangan, mana yang harus didahulukan antara keinginan dan kebutuhan. Merencanakan keuangan akan terasa sulit diawal namun jika dilaksanakan dengan konsisten bakalan terbiasa kok, percayalah!

Merencanakan uang untuk belanja bulanan berapa, untuk sekolah anak berapa dan untuk lainnya berapa. Jadi sudah dikalkulasikan gitu sebelumnya. 

Jika ada uang lebih, ga ada salahnya untuk mengalokasikan rencana keuangan untuk berlibur, piknik gengs biar gak panik.


Nabung,

Pastilah semua keluarga menerapkan sistem nabung pada pengaturan keuangannya, wajib menabung biar kaya. Tabungan akan terasa manfaatnya jika kita sedang mengalami hal darurat misalnya tiba - tiba ingin beli mobil atau tiba - tiba ingin beli rumah, kan bisa ngambil uang dari tabungan, hehe aamiin semoga saja tabungannya bisa buat beli rumah dan mobil secara cash, aamiin yaa Rabb.


Sebisa mungkin, hindari utang, 

Usahakan menjauhi utang, jangan dibiasain gitu punya utang karena kalau sudah kebiasaan bakalan susah dihentikan. Jika kebiasaan ngutang tidak dihentikan secepatnya maka akan menjadikan kita sebagai orang yang konsumtif. 


Untuk tips lainnya silakan ditambahkan saja ya, karena setiap orang kan beda ya. Nah kalau kunci utama saya mengelola keuangan keluarga ya ini. Dan yang paling penting adalah banyakin berdoa meminta rezeki yang berkah dan barokah sama Allah Swt. 


Dan tulisan ini adalah #KEBloggingCollab ke-  3 untuk kelompok Sri Mulyani dengan tema Finansial : Hemat dalam Keluarga.

Cheers
Wassalam,


Tian Lustiana  

You May Also Like

7 komentar

  1. Nah ini catatan pemasukan dan pengeluaran... ya kecatet cuma yang pemasukan terbesar dan pengeluaran bulanan terbesar.. yang kecil-kecil belum diperhatikan hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa padahal yang kecil - kecil ini kalau numpuk jadinya banyak haha

      Delete
  2. Pengen bisa keduanya tapi banyak saletonirojim ya Teh hehe karena sebanyak apapun gaji tidak akan cukup untuk gaya hidup, saya pilih berhemat aja untuk kesejahteraan hari tua dan pendidikan anak kelak^^ tfs Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya tuh saletonirojim bikin dompet menangis

      Delete
  3. Dulu pas awal2 kerja juga sdh diajari sama orangtua utk menyisihkan gaji diawal gajian, biar ga pailit di akhir bulan, hehe

    ReplyDelete
  4. Saya masih suka kebanyakan pas-pasan Ma', mau ikutin ah tips nya

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84