Karena Percaya Diri Itu Penting

by - 3:49:00 PM

Assalamualaikum, 

"ih kamu mah meni pede gitu"

Ledek temen saya dulu ketika saya merasa pede sekali akan masuk kelas akuntansi. Ya, saya sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan, pada saat pertama masuk kelas 1 SMK saya sudah yakin dan pede aja kalau nanti pas kelas 2 penjurusan saya bakalan masuk kelas akuntansi dan akhirnya  saya memang masuk kelas akuntansi.  Saya mah orangnya emang pede an sih, gimana ya soalnya sudah dididik sejak kecil sama mamah, kalau jadi orang itu harus percaya diri tapi bukan berarti sombong. Gitu sih kalau mamah saya ngajarin. Sampai akhirnya saya terus menerapkan dalam keseharian, untuk selalu percaya diri dan berpikiran positif. 




Percaya diri itu penting loh, kalau kita ga percaya diri yang ada malahan susah kalau ngelakuin apa juga, kebayang ga sih kita merasa ga percaya diri di tempat baru, duh kebayang kikuk nya. 
Percaya diri itu adalah keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk melakukan hal, percaya diri itu harus diterapkan namun tidak berlebihan. Karena kalau percaya diri berlebih ujung - ujung nya bakalan dilabeli sombong. 


Dulu saya sempat bertanya sama mamah, kenapa sih saya disuruh untuk selalu percaya diri. Mamah menjelaskan secara detail dan inilah jawaban kenapa saya harus selalu percaya diri : 


BEBAS MELAKUKAN APAPUN 

Mamah bilang jika saya merasa percaya diri maka saya akan merasa bebas melakukan apapun juga karena saya merasa bisa melakukannya, tapi mamah juga sering mengingatkan "jangan percaya diri berlebih". Jika kita merasa takut melakukan sesuatu atau merasa tidak mampu ya itu berarti tandanya kehilangan rasa percaya diri alias ga pede. Asik loh kalau kita merasa pede, semua akan terasa mudah dan gampang. Saya selalu menyemangati diri sendiri " I can, if i think i can"


BERPENGARUH PADA SUATU HUBUNGAN 

Jika kita percaya diri, otomatis kita akan menjadi diri sendiri dan ga berusaha menjadi orang lain, bener ga?Biasanya kita kalau menjadi orang lain itu karena merasa engga pede dan ingin tampil lebih baik tapi ga bisa, jadilah berbohong. Dengan merasa percaya diri  ya pengaruh terhadap hubungan pertemanan pun akan baik, karena kita sudah percaya diri menjadi diri sendiri. 

TIDAK MENGURAS ENERGI DAN WAKTU

Saya pernah ngerasa bener - bener nguras energi ketika saya tidak mampu melakukan sesuatu, sebenernya saya bukan tidak mampu melakukannya namun entah mengapa saat itu saya merasa sangat tidak percaya diri. Dan ternyata kalau kita tidak merasa percaya diri itu sangat menguras tenaga dan juga waktu, tapi jika sebaliknya maka waktu dan energi tidak akan terbuang percuma. karena merasa percaya diri itu ibarat memberikan nilai pada diri sendiri. 


TIDAK MERASA TAKUT

Merasa percaya diri itu sama saja dengan diri kita menyadari akan apa yang menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurang dalam diri kita sendiri. Dengan begitu kita tidak akan merasa takut dong untuk menyembunyikan kekurangan karena kita tau betul bahwa kita masih memiliki kelebihan. Tidak merasa takut akan kritikan teman atau yang lainnya, percayalah dengan pede maka akan membuat diri lebih shinning


Dan masih banyak alasan kenapa harus merasa percaya diri. karena kita hidup dengan garis hidup sendiri bukan atas opini orang sekitar. Kita hidup menjalani hidup sendiri bukan mengikuti omongan orang lain, bayangkan saja jika kita hidup dipengaruhi opini orang lain, yang ada kita stress sendiri karena menjalani hidup karena asupan opini luar, kapan kita menjadi diri sendiri?

Menurut saya ga rugi menjadi orang yang pede, karena jika kita enggak percaya diri melakukan apapun akan terasa sulit. Karena hidup ini keras, apalagi omongan orang - orang yang bisa menghujat kesalahan kita, bener gak sih? Jadi keep percaya diri dan teruslah berkarya, eh jangan lupa ibadah juga biar balance hidupnya. 

Kalau menurut temen - temen nih penting gak sih merasa percaya diri dan berpikir positif? Sharing yuk, gengs!


Cheers
Wassalam,

Tian Lustiana 

You May Also Like

4 komentar

  1. Saya orang ngga pedean sebenernya, tapi saya orang yang berusaha berpikir positif untuk banyak hal.
    Pengalaman masa kecil kadang membuat ngga pede, makanya sekarang berusaha supaya Fauzan jadi anak yang pede. Tapi tetep aja, itu anak masih kurang pedenya. PR banget buat saya.

    ReplyDelete
  2. Penting bgt! Soalnya ada hadisnya looh...kalau kita berpikiran positif, Allah akan mengabulkan apa yg ada di pikiran kita. Allah menuruti prasangka hambaNya. Makanya mikir kudu yg baik2 biar semuanya emang jadi baik2 saja😊

    ReplyDelete
  3. Saya sebenarnya orangnya cari aman. Cari aman disini maksudnya ga mau gembar gembor kalo saya itu bisa..hahaha.
    Kalo berpikir positif, itu wajib ya.. Soalnya kan itu termasuk energi positif 😁

    ReplyDelete
  4. Mba, penting banget bagiku agar tetap percaya diri. Kalau minder, biasanya jadi minder melakukan aktivitas positif dan tak bisa berkarya

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84