Kenapa Memilih Jurusan Akuntansi

by - 3:45:00 PM

Assalamualaikum, 

"Serius ambil jurusan akuntansi?"
"Emang ga pusing ya mikirin angka mulu?"
"Akuntansi susah loh"

Hmm, itu yang sering dipertanyakan oleh temen - temen saya dulu ketika saya memilih jurusan akuntansi. Sejak lulus SMP saya mantap sekali ingin masuk ke SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) dan mengambil jurusan akuntansi. Entah kenapa saya kok merasa tertarik sekali dengan jurusan akuntansi ini. Padahal belum terbayang oleh saya seperti apa sih akuntansi itu, tapi kok saya bisa seneng dan mantap masuk SMK karena ingin mengambil jurusan akuntansi.

Di SMK dulu, penjurusan mulai di kelas 2. Jadi saat kelas 1 itu menentukan mau masuk jurusan mana. Kelas akuntansi merupakan kelas unggulan di SMK saya saat itu, jadi kalau mau masuk kelas akuntansi, ya pelajaran akuntansinya harus nilai bagus. Saya belajar terus menerus, belajar memahami worksheet, neraca, jurnal dan semua yang berkaitan dengan akuntansi. Hingga akhirnya saya bisa masuk kelas akuntansi, kelas 2 AK 2. Bahagia rasanya bisa masuk jurusan akuntansi. 

Saya jatuh cinta sejak pertama kenal akuntansi. Menurut saya akuntansi itu berbeda dengan pelajaran lainnya, akuntansi itu real. Dan mempelajari akuntansi itu gampang serta bertahap, jadi ga akan mabok angka, percayalah. 

Kenapa harus memilih akuntansi??

Well, pada zaman yang terus menerus berkembang dan kemajuan teknologi yang terus maju ini kita semua ini harus bijak memilih jurusan dalam pendidikan, pilih yang cocok dengan kemampuan berpikir kita, jangan terlalu memaksakan. 


Alasan saya memilih akuntansi adalah saya melihat prospek yang lebih jauh dari seorang lulusan akuntansi, fleksibel loh jika kita masuk ke jurusan akuntansi. Mau kerja dimana saja oke, mau jadi manager, staff akunting, dosen,guru dan auditor juga bisa. Perusahaan mana saja bisa kita masuki lamaran kerjanya loh. Perusahaan swasta atau negeri? bebas silakan pilih saja. Asalkan sejak awal belajar akuntansi harus dengan sungguh - sungguh belajarnya, jangan asal lulus akuntansi saja. 

Hal yang paling menarik dari ilmu akuntansi itu adalah metode pencatatan keuangannya, bagaimana pembuatan laporan keuangannya, dan masalah yang ada ketika audit yang mana harus dipecahkan dengan sempurna. Bukan hanya menghitung, seorang akuntan harus pintar dalam menganalisa dan mengambil keputusan juga. 

Menurut saya ada banyak sekali kelebihan jurusan akuntansi dibandingkan jurusan lain, bukan berarti jurusan lain ga ada kelebihannya ya. Lulusan akuntansi itu banyak dibutuhkan, perusahaan banyak membutuhkan tenaga kerja akuntansi untuk divisi akunting dan itu tidak sedikit. Selain kerja pada perusahaan seorang lulusan akuntansi juga bisa menjadi seorang konsultan pajak atau bekerja di perpajakan. 

Selain itu belajar akuntansi, kita bisa menghitung cashflow keuangan sendiri, saya juga menjadi seorang akuntan di rumah saya. Saya bisa menghitung uang masuk dan biaya - biaya rumah tangga dengan detail, jadi saya tau apakah keadaan keuangan keluarga saya sehat atau tidak. 

Jadi, untuk adik - adik yang akan lulus SMP, saya sarankan masuk SMK dan ambil jurusan akuntansi, asik loh kita bermain angka dengan jurusan akuntansi. 



Oiya, di Bandung sekarang ada SMK Bahagia yang membuka jurusan akuntansi juga, buruan daftar ya sebelum terlambat. 



SMK BAHAGIA / Jl. Kliningan III No. 11

Phone(022) 7313708


Wassalam,


Tian Lustiana



You May Also Like

5 komentar

  1. waaaah kereeeen, haturnuhun tiaan geulis

    ReplyDelete
  2. Aku kebalikannya mba benci sama akuntansi pas SMA kelas 2 karena blm penjurusan jadi dapet semua pelajaran IPA-IPS salah satunya AKuntansi belum juga masuk ke yang susah baru pertama kali bikin neraca apa jurnal apa gitu ulanganku dapet 4 hahahah *kelaaamm
    Eh sapa sangka suamiku ternyata lulusan akuntansi meskipun skerang krn hobinya dy kerja jadi Programmer

    ReplyDelete
  3. saya dulu kuliah ambil jurusan akuntansi karena alm. ayah saya. saya sebenarnya gak terlalu suka sama hitung menghitung. dan skrg malah bekerja di bagian keuangan. hehe...

    ReplyDelete
  4. saat ini sangat dibutuhkan akuntan-akuntan publik yang kredibel dan berkompeten, pastinya peluang kerja sangat luas juga ...

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat 19 tahun lalu ikut UMPTN. Pilihan pertama akuntansi UGM gak lolos. Pilihan kedua akuntansi Brawijaya gak lolos juga . Eh yang ketrima pilihan ketiga Teknologi Pangan Brawijaya baru lolos. Padahal dulu pengen banget masuk akuntansi

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D