Inilah Penyebab Keputihan Patologis

by - 5:00:00 AM

Assalamualaikum, 

Keputihan, saya yakin semua perempuan pernah deh mengalami keputihan. Wajar kan ya karena keputihan terjadi karena perubahan hormon apalagi kalau pas mau menstruasi, pada masa kehamilan atau pada masa subur. Tapi kalau keputihan terjadi diluar waktu itu, kenapa ya ? 


Saya pernah mengalaminya, keputihan patologis atau keputihan yang diluar kondisi normal, dan termasuk penyakit. Setelah melahirkan Marwah dulu saya sempat mengalami keputihan patologis ini. Awalnya saya kira normal eh tapi keterusan, lalu saya cek deh ke dokter dan ternyata ini adalah keputihan patologis. 

Penyebab keputihan patologis emang apa???

Keputihan patologis ini kata dokter bisa memiliki dampak negatif dan tidak bagus untuk kesehatan reproduksi kita sebagai wanita. Ciri keputihan patologis ini adalah teksturnya kental, warnanya putih kayak putih susu atau kalau sudah parah kadang warnanya kuning kehijauan, ada rasa gatal, baunya pun tidak sedap dan keluarnya banyak. Tentu ini akan membuat tidak nyaman, dan menganggu aktivitas sehari - hari. 

Dan sebab keputihan patologis itu disponsori oleh : 

Kebersihan, 

Kebersihan reproduksi perempuan ini penting. Kebersihan menjadi pemicu utama datangnya keputihan. Kan alat reproduksi itu lembab banget jadi kalau tidak dijaga kebersihannya maka bakteri patogen bakalan betah deh disana dan memicu keputihan. 

Stress, 

Stress ini kondisi psikis ya? Emangnya ngaruh? Kata dokter, ngaruh loh. Karena kondisi psikis juga bisa memicu hormon menjadi tidak seimbang, ya termasuk pada hormon di organ reproduksi juga. 

Obat - obatan,

Konsumsi obat - obatan seperti antibiotik jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa melemahkan imunitas dan akhirnya jadi mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri, termasuk virus atau bakteri penyebab keputihan. PIl KB juga bisa memicu keputihan, karena keseimbangan hormon jadi terganggu.

Jamur,

Keputihan bisa saja terjadi karena adanya infeksi jamur atau dikenal dengan istilah candidas / monilia. Ciri keputihan yang terjadi karena infeksi jamur ini menimbulkan radang atau adanya kemerahan pada organ reproduksi, cairan yang keluar pun lebih kental dan baunya enggak enak. 

Bakteri Gardnella,

Jika disebabkan bakteri ini, akan ada rasa gatal yang teramat sangat pada alat reproduksi. 


Parasit, 

Namanya parasit trichomonas vaginalis , parasit ini bisa menular dari hubungan intim, dari sepakainya peralatan mandi yang sudah terinfeksi parasit atau di toilet umum. Ciri - cirinya adalah keputihan yang keluar berwarna kuning pekat cenderung hijau, berbusa dan bau nya amis serta ada rasa sakit pada organ intim. 


Dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Intinya kita harus menjaga kebersihan alat reproduksi sebaik mungkin. Jika keputihan terus berlanjut mendingan segera kontrol ke dokter, ke dokter kandungan ya jangan ke dokter gigi, hihi. 



Wassalam,


Tian Lustiana 

You May Also Like

9 komentar

  1. duuuuh jangan sampai deh kena keputihan pantologis.. sumpaaah itu rasanya gak enak banget.. mesti harusa da tindakan dokter seperti, toilet vagina dan diberi obat antibiotik :(
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semoga sehat selalu kita ya

      Delete
  2. aku juga belum sempat aja ni ke dokter teh pengenperiksa kebersihan hehehe..makasi infonya teh

    ReplyDelete
  3. Dulu sempet keputihan kayak gini teh, pas hamil ahza. Asli parnooo banget dan nggak nyaman. Gatteeeell 😷😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl lg hamil emang biasanya keputihan kan ya.

      Delete
  4. Tapi keputihan biasanya tanda sebelum datangnya haid loh mba ;) aku sih biasanya rutin keputihan, biasanya seminggu gtu hbs tu udh ga lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tp diluar siklus mau haid kl keputihan merajalela suka gemes

      Delete
  5. Thanks ia udah share Ilmunya, sangat memberikan manfaat nih ....

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D