Tentang Mengubah Sikap Manusia Dalam Menjalani Hidup

by - 10:08:00 AM

Assalamualaikum, 

"Kalau udah watak mah, susah ga bisa berubah". 

Sering banget saya mendengar kalimat itu, kalimat yang mengatakan bahwa sifat dasar manusia itu ga bisa berubah. Kalau sudah sifat bawaan susah diubahnya. 



Katanya juga, kalau sifat bawaan itu adalah sifat yang dirasa paling nyaman oleh sang pemilik, entah itu positif atau negatif. Misalnya seseorang yang ekstrovert akan susah jika sekonyong - konyong disuruh introvert atau sebaliknya. Seperti saya, yang bawel akan merasa stress jika disuruh diam selama seharian, bisa mules ga karuan deh. 

Iya kan? 

Menurut saya, sebenernya bisa sih berubah. Tapi cuman berubah luarannya doang. Tapi banyak sih yang berubah drastis, beberapa teman saya ada yang mengalami perubahan drastis dalam hidupnya, dalam kepribadiannya dan dalam cara berpikirnya juga. Mengubah sikap dan cara berpikir itu harus ada dari dalam dirinya sendiri, niat yang kuat adalah salah satu faktor pendorong yang membuat manusia bisa beralih menuju perubahan. 

Ada faktor lain yang membuat manusia mengubah dirinya sendiri, diantaranya adalah : 

Tentang trauma dan pengalaman buruk 

Pernah mengalami pengalaman buruk? sampai trauma? Semoga saja enggak pernah yah. Jika pernah mengalami trauma, akan ada rasa dendam, sakit hati bahkan rasa iri. Rasa ketidakpuasan itu akan melekat dalam hati, dan akan membuat obsesi, dendam. Dendam yang harus dilampiaskan apapun dan bagaimanapun caranya. Dengan rasa obsesi yang menggebu ini. Karena obsesi mampu mendorong kita untuk melakukan perubahan dalam diri. Obsesi jika dilakukan dengan baik bisa meraih mimpi juga loh. 


Tentang Cobaan hidup 

Jika terbiasa hidup enak terus tiba - tiba jatuh, ini juga bisa merubah sikap dan diri kita. Yang dulunya hidup enak bak puteri raja kemudian tiba - tiba harus mengalami hidup susah dan berubah menjadi wanita tegar serta tangguh, bukankah itu juga sebuah perubahan? 


Dan banyak faktor lainnya, termasuk faktor yang ada dalam diri, niat yang kuat untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Meninggalkan semua kejelekan dan siap menyongsong semua sikap dan pemikiran yang lebih baik lagi. 


Semoga usia saya yang terus bertambah ini, saya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan lebih bisa berpikir positif. Semoga di usia yang terus bertambah ini saya menjadi dewasa dalam pola pikir juga bukan hanya tua usia. Aamiin Yaa Rabb. 


Kalau menurut temen - temen, bisa gak sih perubahan sifat terjadi pada manusia??? 



Wassalam,


Tian Lustiana










You May Also Like

5 komentar

  1. Bisa banget. Ketemu temen jaman kuliah, beda banget pas udah 15 tahun ga ketemu euy... mungkin orangnya ngalamin masalah berat pisan jadi berubah banyak kelakuan & cara mikirnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kadang gitu ya yang dulu gimana sekarang jadi gimana wkwkw

      Delete
  2. memang susah sih mbak, kecuali mmg bener2 ada hal luar biasa yg mendorong seseorang utk berubah. contohnya hidayah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa. Hidayah bisa datang kapan saja ya

      Delete
  3. Amin, Semoga semakin kedepan di masa depan menjadi semakin lebih baik ...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84