Inilah Faktor Penyebab Kosmetik Kadaluarsa

by - 8:00:00 AM

Assalamualaikum, 

Kemarin, saya ceritain seputar kosmetik mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudha tidak layak dipakai, ya kan? 

Kosmetik yang sudah tidak layak dipakai berarti kosmetik itu sudah kadaluarsa alias sudah expired yah. Kosmetik atau produk kecantikan yang sudah kadaluarsa itu selain hilangnya bahan pengawet masih ada lagi beberapa faktor yang mempengaruhinya, faktor yang mempengaruhi dan yang menjadikan produk tersebut kadaluarsa. 

Kadang, saya juga suka heran yah kenapa ada produk yang cepat kadaluarsa namun ada juga yang waktu kadaluarsanya itu lama, beda gitu. Kira - kira apa saja ya faktor yang mempengaruhinya? 

1. Kandungan kosmetik 

Lets see ke bahan pembuat kosmetiknya, kan ada yang memiliki bahan dasar air namun banyak juga produk kosmetik yang berbahan dasar minyak. Nah untuk yang berbahan dasar air ini umurnya cepat kadaluarsa loh dibandingkan dengan produk yang berbahan dasar minyak. Kosmetik yang bertekstur krim akan lebih cepat kadaluarsa dibandingkan dengan produk kosmetik yang bentuknya bubuk padat, bener gak? 



2. Pemakaian 

Untuk menggunakan krim wajah, suka pake spatula gak? Memakai foundation suka nyolek pake kuas? Atau kalau nyolek produk suka pake aplikator atau langsung colek jari? Sebenernya nyolek - nyolek produk kosmetik dengan tangan bisa membuat umur kadaluarsanya cepet loh, karena dengan nyolek - nyolek itu kebayang ga kalau tangan kita lagi kotor lalu kumannya pindah dan kemudian masuk ke dalam produk kosmetik, dan ini mengakibatkan cepatnya kadaluarsa suatu produk. 


3. Penyimpanan 

Ini juga mempengaruhi loh, simpanlah produk kosmetik di tempat yang kering dan juga sejuk. Dengan begini, akan mengurangi jumlah kuman yang masuk, dan membuat umur kosmetik menjadi lebih lama. 


Sekarang, saya juga jadi lebih memperhatikan kalau mau colek - colek krim pake aplikator aja takutnya cepet kadaluarsa hehe. Kalau temen - temen suka langsung colek pake jari apa pake aplikator?



Bandung, 03 Januari 2017

Wassalam,


Tian Lustiana

You May Also Like

3 komentar

  1. Untuk krim pakai jari sih. Kan habisnya cepet juga. :p Hehehehhe

    ReplyDelete
  2. Wah, ternyata temeratur rungan dan tangan kita sendiri juga mempengaruhi ya? :( Duh, kudu mulai hati2 dari sekarang.

    ReplyDelete
  3. Kalau kosmetik mah 1 bulan udah habis hehehehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84