Tentang Stretch mark

by - 4:35:00 PM

Assalamualaikum, 


Ada yang punya tatto alami? hihihi iya tatto alami selepas melahirkan, alias stretchmark. Stretchmark buat saya adalah tatto alami yang merupakan guratan kulit dengan pola memanjang sangat tidak beraturan. Panjangnya variatif, ada yang hanya beberapa milimeter saja bahkan ada yang sampai ber-sentimeter. 

Tentang Stretch mark

Guratan stretchmark terjadi karena lapisan dermis yang regang melebihi daya regangnya dalam waktu yang singkat, saat hamil. Yang mana mengakibatkan dermins pecah dan terbentuklah stretchmark. Hanya kerutan kulit sih memang, cuman lapisan dermis saja yang terpengaruh sedangkan lapisan epidermisnya masih utuh.
Stretch mark biasanya nongol ditempat yang banyak lemaknya atau dibagian kulit yang sering meregang. Saya sih adanya dibagian perut karena pas dulu hamil suka asal garuk katanya sih gitu, padahal bukan karena alasan itu aja deh kayaknya. Stretch mark gak berbahaya kok, cuman jadi ga pede aja kali yah. Apalagi kalau stretch marknya muncul di betis atau paha. 

Penyebab stretch mark apa?? 

Stretch mark itu penyebabnya adalah pembesaran tubuh, alhasil kulit jadi meregang. Bukan hanya itu, peran serta hormon - hormon pun ikut mempengaruhi pembentukannya, lho.
Pada masa kehamilan, dinding perut itu kan meregang karena menampung rahim yang membesar karena bayi kan, yang mana biasanya mulai terjadi ketika usia kandungan pada trimester kedua. 
Pengaruh obesitas, dikarenakan kenaikan berat badan yang menyebabkan penumpukan lemak yang sangat berlebihan dan akhirnya kulit menjadi regang. 
Masa pubertas, selama masa ini terjadi peningkatan simpanan lemak dan perluasan permukaan tubuh yang diakibatkan aktivitas hormon saat pertumbuhan.
Syndrom cushing, adalah penyakit gangguan sekresi hormon adrenalin yang akan menyebabkan obesitas dan kulit akan meregang. 
Edema, adalah pengumpulan cairan diruang antar sel yang terjadi di semua bagian tubuh, biasanya edema ini diakibatkan karena penyakit ginjal dan penyakit hati yang biasanya akan meregangkan perut. 

Nah stretch mark itu sebenarnya bisa memudar seiring waktu. Pada awal melahirkan, stretch mark saya jelas sekali, namun setelah delapan tahun sekarang sudah memudar, jadi untuk pengobatan itu hanya akan mempercepat prosesnya saja supaya cepat pudar, pudar ya bukan hilang. 

Saya pernah sih mencoba memakain salep atau krim yang dijual dipasaran yang berbahan sintetis vitamin A (retinol) yang kerjanya menghambar degradasi kolagen pada dermis. Teman saya pernah melakukan terapi laser, yang mana teknik laser yang disebut dengan fractional laser resurfacing ini digunakan untuk membuat luka mikroskopis di kulit dan akhirnya memancing collagen dan epidermis agar terbentuk. Melakukan laser ini emang mahal, namun sangat mempercepat pemudaran stretch mark meski tidak hilang total. 

Gimana nih caranya agar tidak ada stretch mark? 

Ya dengan tidak membuat peregangan pada kulit dan tidak terjadi defisit collagen. Gitu aja sih kalau cara mencegahnya, hehe. 






You May Also Like

7 komentar

  1. Aku punya steckmark di sekujur perut dan payudara. Gak bisa hilang, kadang sedih, kurang ilmu tentang strechmark

    ReplyDelete
  2. Kayaknya smua yg pernah melahirkan pasti ada ya mba.. akupun jg gitu. Tp seiring waktu jd memudar dan krn rajin perawatan. Cobain pake virgin coconut oil. Itu ampuh bangetttt... Tp hrs rutin ya :)

    ReplyDelete
  3. Caranya simple banget ya biar gak ada stretch mark tapi sulitnya minta ampau. Ehehehe

    Ga apa-apa lah aku ngaku ada juga lagian sekelas Britney Spears aja ada kok. Hihihi

    Olahraga juga ngaruh buat minimalkan cakaran macan itu, hihi

    ReplyDelete
  4. Waalaikumsalam teteh, udah ga bisa dipungkiri lagi memang kalo ibu2 yang udah melahirkan pasti punya tato alami alias stretch mark. Aku untungnya cuma beberapa garis. rajin olahraga dan minum air putih aja. hihihihi

    ReplyDelete
  5. Stretch mark? Huaaaa sebadan-badan. 4 kali hamil dan melahirkan bikin stretch mark gak bisa ditahan. Wkwkwkw... Yang penting, suami masih cinta. Hihi

    ReplyDelete
  6. aku banyak banget strech mark. Tapi ya suami juga mengerti dan tetap menerima aku apa adanya. gpp lah. lagian semua salep yang dijual itu sepertinya bohong semua... eh?

    ReplyDelete
  7. Aku tatonya dikit, trus kalo lihat yang lain tuh blang2 putih kan.
    Kalo aku mah merah guratannya hahhaa..

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D