Cerita Tian

Ketika Hati Kecewa, Tenangkanlah

5:00:00 AM

Assalamualaikum, 


Pernah merasa hati kecewa?
Hati terluka?
Hati sedang lemah dan tidak tenang? 


Semua orang pasti pernah mengalaminya, saya yakin. Meski tak ada manusia yang ingin hatinya terluka dan kecewa apalagi sampai lemah dan tidak tenang, semua manusia termasuk saya sangat menginginkan hati yang tenang dan kuat. Kecewa dan terluka bukan hanya karena urusan cinta, namun bisa saja kecewa karena ulah teman atau banyak hal lainnya yang membuat hati kita menjadi kecewa dan terluka. 


Benarkan? Tidak semua masalah kecewa karena cinta dan masalah jodoh. Banyak perkara lain yang bisa menjadi penyebabnya, apapun itu saya selalu inginkan hati yang besar dan tidak berkecil hati. Pokoknya banyak lah alasan yang membuat hati kecewa dan lemah. 

Tenangkan hati yang kecewa

Saya, suka ingin terlihat kuat dan tidak lemah ketika hati saya kecewa dan terluka, saya berpura - pura kuat. Tersenyum namun dalam hati perih itu perih jenderal haha, tapi masa sih saya harus berpura - pura terus??? Saya hanyalah manusia, manusia biasa yang diberikan hati dan perasaan, ada lemah dan dukanya. 

Bismillah, saya hanya ingin meguatkan hati dan menenangkan kembali hati yang lemah, dan saya ingin berbagi apa yang biasa saya lakukan ketika saya terluka, kecewa dan hati yang sedang lemah. 

Dulu, saya pernah diajarkan oleh guru ngaji, ketika kita sedang merasa ga tenang atau lemah coba deh mengaji surat Yaasin, meski memang mengaji itu enggak boleh pilih - pilih ayat. Namun memang setelah mengaji biasanya perasaan menjadi lebih tenang, memang ya mengaji Al - quran itu apapun suratnya membuat hati tenang dan damai sekali, sungguh luar biasa aura Alquran. 

Banyak istighfar dan memperbanyak dzikir juga menjadi jalan untuk menuju ketenangan dan kedamaian hati. Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Swt, dan cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah Swt adalah sebaik - baiknya pelindung. Tapi inget yah dzikirnya bukan cuman ucapan saja namun masukkan dalam hati yang paling dalam biar lebih khusuk. 

Selama hati saya enggak tenang, saya males buat dengerin lagu yang galau dan kecewa, yang ada saya malah tambah sakit dan merana huhuhuhu, kalau yang patah hati karena cinta sih biasanya suka pengen dengerin lagu yang "gue banget" yah hahah.

Selalu mengingat Allah Swt, sangat penting pake sekali dan banget karena dengan meyakini sepenuh hati bahwa Allah Swt maha mengetahui dan selalu bersama hambaNya lah yang akan menenangkan hati. Apa yang kita rasakan, Allah Swt maha tau dan yakinilah bahwa itu yang terbaik untuk kita. Seperti dalam surat Ar- Ra'd ayat 28 : Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram. Dan surat At - Taubah ayat 40 : Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita

Semoga kita semua tentram dan tenang selalu hatinya yaaa, aamiin allahummaamiin. 


Wassalam,

Tian Lustiana 


You Might Also Like

10 komentar

  1. memang ketika hati tdk tenang, akan lebih baik jika kita banyak istighfar, banyak baca alquran dan banyakin sholat sunah. InsyaAllah hati menjadi tenang

    ReplyDelete
  2. Ya mbak..Hanya Allah yang bisa buat hati kita tentram. Dengan membaca Al-Qur'an, maka hati kita pun jadi tenang ya..
    Saya juga setuju, kalau ngaji itu gak perlu milih-milih ayat/surat. Semuanya sama indah dan menyejukkan ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. kalo lagi kecewa, biasanya saya tarik nafas semabri mengulang-ulang istighfar mbak, memang gak bisa langsung hilang total sih kecewanya, tapi dada jd terasa lebih lapang

    ReplyDelete
  4. Mbacanya hati jadi adem,,, makasih mba

    ReplyDelete
  5. aku kalau kecewa mendingan tidur mbak, aman..

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook