Begini Cara Mencuci Muka Yang Benar

by - 8:51:00 PM

Assalamualaikum,

Aktivitas luar ruangan yang saya lakukan emang engga banyak, hanya sebelum pergi ke kantor dan pulang dari kantor, atau sesekali pas istirahat suka jajan keluar. Nah pada saat diluar ruangan itulah wajah saya terpapar sinar matahari dan debu yang semakin merajalela, hiks. Debu yang nempel, utamanya di wajah itu banyak negatifnya, pokoknya ga enak banget deh. Enaknya sih langsung cuci muka yah biar kembali fresh, namun kalau sering cuci muka juga ga boleh loh. 

Begini Cara Mencuci Muka Yang Benar

Mencuci muka ada aturannya, jadi ga asal kotor langsung cuci muka gitu, ada cara yang benar yang harus dilakukan supaya hasilnya maksimal. 


Tangan Bersih Sebelum Mencuci Muka 

Terlihat sepele namun ini penting, sebelum mencuci muka sebaiknya cuci tangan dulu, *kayakmaumakansaja*. Kalau dipaksain nyuci muka dengan keadaan tangan kotor, bisa bayangin dong itu bakteri dan kuman yang ada di tangan  bakalan pindah ke muka, iiih dan bisa bayangin juga kan apa yang akan terjadi nanti? JERAWAT, dan saya selalu lupa buat cuci tangan sebelum cuci muka makanya jerawat saya timbul tenggelam, hiks. 

Menggunakan air hangat

Mencuci muka dengan menggunakan air panas akan membuat kulit  wajah menjadi kering, eh tapi lagian emang ada ya yang suka cuci muka pake air panas? hihih. Konon sih katanya kalau cuci muka pake air panas itu bakala membuka pori - pori wajah, dan untuk mengecilkan atau menutup kembali pori – pori itu menggunakan air dingin. Nah kalau menggunakan air yang terlalu dingin juga ga baik buat kesehatan kulit wajah, karena air dingin hanya akan membuat pembuluh kapier pada wajah rusak. Makanya suhu yang paling baik untuk mencuci muka adalah dengan menggunakan air hangat, untuk hasilnya sih silakan mencoba sendiri yah.

Sabun yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum membeli produk untuk kulit wajah, sebaiknya sih berkenalan dulu dengan jenis kulit wajah. Karena kan jika salah menggunakan produk bakalan tidak maksimal nanti hasilnya, misalnya kulit saya berminyak dan saya malah menggunakan produk untuk jenis kulit yang kering, yang ada kulit saya malah tambah berminyak, ya kan?

Begini Cara Mencuci Muka Yang Benar
Dalam memilih jenis sabun muka ini harus hati – hati, apalagi yang ada scrubnya. Usahakan mencari jenis sabun muka yang berbentuk gel atau cair dan tanpa scrub, namun andaipun ingin menggunakan yang berscrub maka pilih scrub yang lembut dan aman di kulit wajah. Sabun muka yang baik adalah sabun muka yang membuat tekstur wajah menjadi kenyal, lembut dan lembab. Namun jika karena memakai sabun wajah terus kemudian jenis kulit kamu jadi kering, nah segeralah ganti jenis sabun atau konsultasikan saja dengan dokter J.

Sering cuci muka? NO

Jangan terlalu sering mencuci muka, tadinya sih berniat agar wajah menjadi halus dan bersih, yang ada kulit wajah menjadi rusak karena akan menjadi kering dan iritasi. Untuk yang merasa kulitnya banyak minyak kayak kulit saya, awalnya saya kira dengan mencuci muka sesering mungkin bakalan membuat minyak di wajah saya berkurang, namun saya salah justru minyak jadi bertambah banyak. Cukup satu kali saja mencuci muka adalah pas malam hari dan pagi harinya hanya menggosok perlahan dan membasuhnya dengan air hangat saja, selesai deh.  

Gimana? Apakah mencuci wajah atau muka yang sudah dilakukan teman – teman selama ini sudah benar???


Wassalam,


Tian Lustiana 

You May Also Like

22 komentar

  1. Aku biasanya cuci muka pake air biasa aja yang dari bak. Kalau mau pake air hangat sih sebenernya bisa ngambil dari dispenser hehehe. Cuma ga mau ribet pake yang gampang aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya aku juga gitu, ga mau ribet maunya yang gampang dan oke :D

      Delete
  2. Okeh, noted, Mba.

    Pakai air hangat jarang sih, tapi kayanya bisa sekalian melepas lelah ya, Mba. Thanks infonya

    ReplyDelete
  3. Wah harus pakai air hangat ya...baru tahu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya sih tapi tergantung pengennya juga haha

      Delete
  4. bener mba, poin 1 yang tangan harus bersih dulu sebelum cuci muka.
    dulu gw jerawatan, tapi begitu cari alat khusus untuk cuci muka, jadi double dan efektif ngebersiin wajahnya, karna dengan wajah yang bersih penyerapan nutrisi skincare jadi bagus.

    hihihiii

    buleipotan.com

    ReplyDelete
  5. Waaah.. Ini tips buatku nih. Aku kalo cuci muka, semberandal banget. Kayak nyuci panci. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semberandal artinya? hahaha aya2 wae teh Nia mah

      Delete
  6. Saya rada males cuci muka. Cuman pakai air biasa.

    Jadi tahu deh kenapa muka saya belum mulus-mulus 😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi rajin cuci muka yuk mak tapi jangan sering - sering

      Delete
  7. Jadi sering cuci muka juga ga bagus ya teh
    Klo pake aer anget tapi bukannya malah jadi terkelupas teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga kok, asalkan jangan digosok kencengn hehe

      Delete
  8. kalau sedang ilfiil sama air tanah, aku cuci muka pakai air mineral, hheeee...okay air dengan susu hangat mungkin ya, kalau kepanasan bisa rusak atuh tangan dan wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah oke tuh pake air susu hangat sekalian diminum hihihihi :D

      Delete
  9. di bagian cari pencuci muka yang pas baru ini rada susah di aku. ehehe. aku cuci muka sekali dua kali. pas pulang kantor yang double cleansing. selesai. haha

    ReplyDelete
  10. Kalo aku biasanya diawali dengan air hangat untuk membuka pori-pori baru diakhiri dengan air dingin biar pori-porinya nutup lagi ^^

    Makasih infonya teh ^^

    ReplyDelete
  11. Cuci mukanya kalo aku sambil wudhu.. mayan lah 5 kali sehari heheh

    ReplyDelete
  12. Ternyata sering cuci muka juga tidak baik ya,,,

    ReplyDelete
  13. poin terakhir bener banget, dulu aku cuci muka tiap pagi, siang, dan malam setiap hari, dan parahnya minyak gak hilang malah makin banyak.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D