Menjadi Pribadi yang Lebih Asertif

by - 8:00:00 AM

Assalamualaikum, 

Pernah gak merasa bosan didominasi orang lain? Atau mungkin ingin mencoba mengutarakan pendapat namun suka merasa tidak diterima karena merasa kurang asertif?? Yang kadang bibir ini kelu banget gitu buat ungkapin yang ada dalam otak.
Menjadi Pribadi yang Lebih Asertif


Manusiawi sih kalau pernah punya perasaan kayak gitu, namun ga bagus juga sih. Percaya diri harus namun tidak sombong, bener kan? Kalau perasaan tidak diterima pendapat kita itu menyakiti terus menerus, ya ayo kita gali dan kembangkan sifat asertif dalam kepribadian. 


Untuk belajar agar jadi lebih asertif itu tak jauh dari tentang menghormati hak, nilai dan keyakinan yang ada pada diri sendiri tanpa mengabaikan hak orang lain, jadi tetap harus menghormati hak orang lain juga. 

Asertif, penting dan harus ada dalam diri kita sebagai mahluk sosial. Asertif ini merupakan kualitas yang perlu dijaga, dalam hubungan personal, bisnis dan hubungan sosial lainnya. Ekspresikan sikap asertif secara positif. 

Emang, susah banget untuk mengekspresikan hak, mengungkapkan keinginan dan juga mengemukakan pendapat itu, kadang ketika kita mengungkapkan apa yang kita rasakan itu dianggap tidak menghormati orang lain, padahal kan enggak gitu yah. Sedangkan mengemukakan pendapat itu penting dalam hubungan manusia sebagai mahluk sosial, supaya apa? ya supaya tidak diperlakukan seenaknya, supaya orang tidak memiliki asumsi yang negatif pada diri kita. 

Untuk saya, menjadi pribadi yang asertif itu meningkatkan rasa percaya diri. Lebih percaya diri, yakin untuk berbicara. Jadi engga beraninya dibelakang, berani dan percaya diri mengungkapkan keinginan dan keyakinannya. 

Katakan saja apa yang diinginkan, tapi jika mengatakan langsung apa sih yang diinginkan, kok kesannya jadi agresif gitu yah, saya sih merasanya begitu. Tapi memang mengekspresikan keinginan dan pendapat itu perlu, hanya lakukan dengan baik kali yah. Jangan diam saja dan selalu menunggu, belajar mengekspresikan diri. 

Kemudian, sekarang kita melipir ke bahasa tubuh, ya komunikasi non verbal ini memiliki andil penting juga lho. Kontak mata dengan lawan bicara juga penting loh supaya terlihat lebih percaya diri. Jujur, saya kadang suka gugup nih kalau harus kontak mata dengan lawan bicara apalagi kalau lawan jenis, cakep lagi hahaha #eeeh. 

Jangan kebanyakan minta maaf, udah kayak mpok Minah aja. Eh Kim Young aja sering minta maaf, kemudian Lee Gun juga marah karena Kim MI Young nya kebanyakan minta maaf. Emang, meminta maaf adalah salah satu dari norma kesopanan yang harus dilakukan jika kita melakukan dengan atau tanpa sengaja suatu kesalahan. Bukannya gak boleh lho minta maaf, yang tidak boleh itu jangan keseringan minta maaf. 

Berani bilang TIDAK. Kadang susah ya bilang TIDAK apalagi sama temen deket. Biasanya orang sunda tuh yang gitu, dikit - dikit ga enak euy, dikit - dikit ga tega euy. 
Jangan sampai ini justru membuat kita menjadi korban, ya korban perasaan untuk melakukan sesuatu yang kita tidak sukai. Padahal kan sesama teman itu harusnya saling menghargai, bukan saling mendominasi.
Oke, selain yang tadi saya jelaskan ini nih yang paling pentin. Bekali diri dengan berbagai informasi dan ilmu. Ini bakalan melejitkan rasa percaya diri dan pasti bisa lebih asertif lagi. Dengan ilmu dan informasi yang akurat, mengemukakan pendapatpun akan lebih percaya diri. 

Yang penting, bagaimana saling menghargai dalam hubungan dengan manusia. Saling memahami kelebihan dan kekurangan masing - masing dan jangan terlalu mendominasi terhadap rekan atau kerabat, itu saja. 

Semoga kita semua mampu menjadi pribadi yang lebih asertif dalam hal positif yaaa, aamiin. 

Wassalam,
Cikaso Selatan, Bandung

Tian Lustiana


You May Also Like

16 komentar

  1. setuju..
    asertif dlm hal positif..
    tp emang susah mah begini, suka nggak enak soalnyah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa beneer suka ga enak ya mbak. Tapi penting sih hehe

      Delete
  2. Asertif memang bisa bikin hidup lebih mudah. Saya berusaha banget ngurangin ngomong maaf nih sama orang. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bukannya ga boleh minta maaf tp diatur aja ya mas. Hehe

      Delete
  3. Perlu ketawa ala Lee Gun gak mak? Hihihi.. ampyun maaak Tian, bawa2 Lee Gun jdi pengen ngakak nih.

    ReplyDelete
  4. kudu berfikir positif agar menjadi pribadi asertif yg tangguh ya Mba..

    ReplyDelete
  5. Catet, lawan bicara cakep itu bikin klepek-klepek hehehe. Iya, nih aku juga suka ga enakan, harus berusaha lebih keras menjadi orang yang asertif.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah udah lepas dari dominasi orang lain. Semoga tak ada yg merasa aku dominasi :))

    ReplyDelete
  7. Aamiin. Semoga semuanya bisa bersikap asertif, walau sulit. :)

    ReplyDelete
  8. Setuju

    Perlu latihan nih biar terbiasa dan sesuai porsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mbak, perlu latihan banyak

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D