Tentang Kulit, Penuaan Dini dan Pencegahannya

by - 10:14:00 PM


Assalamualaikum, 

Sudah pada tahu dong yah tentang fungsi kulit bagi tubuh kita ini, yaitu melindungi semua gangguan dan rangsangan dari luar. Perlindungannya ini terjadi melewati mekanisme biologis, hmm seperti pada pembentukan lapisan tanduk yang terus – menerus (pelepasan sel – sel kulit ari yang sudah mati), respirasi serta ikut mengatur suhu tubuh juga memproduksi sebum kulit dan keringat plus ikut membentuk pigmen melanin yang dipercaya untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultra violet matahari. Sebum itu adalah kandungan minyak yang melembabkan kulit dan melindungi kulit cantik dari polusi. 

Tentang Kulit, Penuaan Dini dan Pencegahannya

Sebum ini sebagai pertahanan jika ada musuh menyerang kulit cantik, apakah serangan itu??? Tiada lain tiada bukan adalah musuh semua para wanita dan perempuan sealam dunia, PENUAAN DINI. Penuaan dini ini sering terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit kering *pegang kulit wajah*, kadar sebum pada jenis kulit kering ini sangat – sangat sedikit. Penuaan dini diawali dengan kondisi kulit yang sudah lelah, bersisik, kering, kasar dan dihadiahi dengan vlek dan noda hitam serta keriput.

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab hadirnya penuaan dini itu???


Oke, kita bahas yah. Penuaan dini disponsori oleh beberapa faktor, diantaranya faktor internal yang meliputi faktor keturunan, kesehatan  dan daya tahan. Faktor internal ini adalah faktor yang tidak mampu dihindari oleh siapapun juga. Yang memicunya adalah stress dan perubahan hormonalnya. Faktor ini memang tidak dapat dihindari namun mampu dikurangi efeknya, adalah dengan merawat kulit dengan rutin dan tepat, kurangi stress dan stay calm aja. 

Faktor lainnya adalah faktor eksternal. Nah kalau faktor eksternal ini ada beberapa juga yang ikut mensponsori, diantaranya adalah : 

·         Radikal bebas. Adalah semacam molekul jahat, ganas dan menyebalkan yang merusak sel tubuh, termasuk merusak kolagen adalah jagonya. Radikal bebas yang nyebelin ini dibentuk dari efek polusi lingkungan, paparan sinar matahari, pemakaian air yang sudah terkontaminasi bahan kimia dan perubahan cuaca juga bisa mengganggu tumbuhnya kolagen. Radikal bebas ini bisa dicegah dengan mengatur pola makan, coba deh diet yang mengandung protein tinggi, banyakin makan buah dan sayur. Dengan begitu struktur sel akan kembali baik dan proses penuaan dini bisa diperlambat. 

·         Udara. Jika udara lagi engga stabil kelembabannya ini bisa juga menyebabkan penuaan dini, apalagi kalau kulit enggak dirawat dan dilindungi. Lindungi kulit dengan rajin menggunakan pelembab yang bisa mempertahankan kadar air dalam kulit.

·         Sinar matahari. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit agar terhindar dari pengaruh buruk sinar mataharinya. 

Untuk mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit plus memperlambat datangnya penuaan dini rajinlah menggunakan tabir surya, lakukan perawatan rutin untuk wajah dan tubuh seperti scrubbing, peeling, masker dan massage. Dan ingat, lakukan pola hidup sehat, mulai dari makan sampai istirahat yang cukup. 

Yuk cegah penuaan dini dari sekarang juga, jangan sampai ia datang duluan deh.

Wassalam,

Tian Lustiana


You May Also Like

3 komentar

  1. ini bukan script dari doktor david kan? :P

    ReplyDelete
  2. Huhuhu, aku malah gak pernah perawatan -,-

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D