Dunia kerja : Lakukan Ini Jika Stres Melanda

by - 3:17:00 PM

Pernah merasa tertekan saat kerja??
Pernah merasa stress saat kerja??

Saya pernah. 

Stress kerja, semacam perasaan yang menekan atau merasa tertekan yang kadang dialami oleh karyawan dalam menghadapi pekerjaannya. 

Dunia kerja : Lakukan Ini Jika Stres Melanda

Apa yang menyebabkan seorang karyawan stres? pastilah berbeda - beda ya sebabnya, tapi sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang stres kerja. 
  • Dengan kondisi pekerjaan yang selalu dibawah tekanan.
  • Persaingan yang teramat sangat ketat dengan sesama karyawan, jadi saling sikut dan akhirnya bikin stress dan alhamdulillah di kantor saya gak kayak gini :D. 
  • Soal penjelasan pekerjaan, kadang tidak sesuai denganjob description, yang harus dikerjain apa yang dikasi kerjaannya apa, yowess meneng mbae. 
  • Tidak ada planning waktu bekerja sehingga kadang kerjaan tertunda, dan ketika kerjaan numpuk stress deh. 
  • Perubahan situasi bibsnis yang kemudian menyebabkan ekonomi yang tidak stabil kemudian karyawan mencemaskan kesejahteraan, stress deh. 
  • Kadang kalau ada masalah dengan keluarga juga suka terbawa ke kantor dan melihat tumpukan berkas dikit aja suka bikin stress.
  • kurang bisa memanajemen keuangan keluarga juga ternyata bisa menjadi faktor pencetus stres kerja lho. Karena kepikiran uang sudah habis dan gajian masih lama, haha. 

Namun pada umumnya sih, seorang karyawan akan mengalami stress kerja ketika mereka mengalami gangguan fisik atau mental yang meliputi tiga aspek, yakni : 
  1. Physiological. Dimana memiliki indikator yang terdapat dalam perubahan metabolisme tubuh, kecepatan detak jantung dan napas yang meningkat, tekanan darah yang meningkat juga serta timbulnya sakit kepala yang mana akhirnya menyebabkan serangan jantung. 
  2. Psychological. Yang memiliki beberapa indikator seperti suka merasa tidak puas dengan hubungan kerja, merasa tegang dan gelisah, cemas dan cepat marah serta merasa bosan dan kerap menunda pekerjaan. 
  3. Behavior yang memiliki beberapa indikator, yaitu perubahan pada produktivitas, sering absen kerja, suka mengalami perubahan pada selera makan juga, intonasi bicara yang terbilang cepat serta suka susah tidur. 
Apapun penyebabnya, mendingan langsung cari solusi saja supaya cepat hilang stres nya. Saya sesekali suka merasa stres ditempat kerja juga, ya namanya manusia ya kadang kalau sedang suntuk ya suntuk dan males ngapa - ngapain. 

Yang pertama saya lakukan ketika sednag stres itu adalah mencoba berpikir positif dengan cara bersyukur, kadang suka ngomong sendiri "ayo Tian semangat, liat deh orang lain susah loh cari kerja," dan itu selalu membangkitkan sistem kekebalan psikologis saya ketika saya stres, karena dengan bersyukur kadang saya merasa lega dan kembali mampu menyunggingkan senyum kembali. 

Jika, langkah pertama saya belum jitu, biasanya saya suka ijin ke mushola, wudhu dan sholat mutlak. Karena katanya gerakan sholat mampu meningkatkan aliran darah ke otak yang nantinya akan mencukupi asupan oksigen. 

Bisa juga dengan merencanakan kegiatan sebaik - baiknya, misalkan rencana liburan akhir pekan dan akhir bulan dengan keluarga, itu akan menyemangati juga lho. 

Komunikasi sehat dengan rekan kerja dan ciptakan lingkungan yang asyik di kantor dan ini jitu sekali, alhamdulillah sih ya saya memiliki rekan kerja yang menyenangkan serta bos yang baik dan menyenangkan juga jadi kadar stres saya di kantor bisa diminimalisasikan. 

Mendengarkan musik juga bisa membuat nyaman dan senang dalam menyelesaikan pekerjaan. Buat playlist lagu favorite dan silakan mendengarkan musik sambil bekerja. 

Jadi, intinya kerja itu dibuat senyaman mungkin saja oleh sendiri, iya gak?? 




You May Also Like

13 komentar

  1. iya bener sekali, biasanya aku selalu dengerin musik mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang asyik kalau kerja sambil dengerin musik

      Delete
  2. Kalo mulai stres, aku lebih milih buat jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik tuh jalan - jalan apalagi sambil makan2 ya mak

      Delete
  3. Mantaaap!
    Klo stress melanda, bisa dicobain nih hehe.
    Thanks y sharingnya

    ReplyDelete
  4. kalau stress buka internet aja mbak...atau minum kopi..hehe..

    ReplyDelete
  5. Saya sependapat dengan Tian. Melawan stress dengan melakukan kebaikan termasuk dzikir.
    Terima kasih atas artikelnya yang menarik dan bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih pakdhe sudah berkunjung :)

      Delete
  6. sebaiknya pilih leah pekerjaan sesuai dengan passion, hobi, minat agar bisa menikmati pekerjaan itu sendiri, ada pepatah "love what you do, do what you love"..:)

    ReplyDelete
  7. Kalo saya, kika stress sukanya googling tempat wisata yang asyik, sambil hitung2 budget, cukup dan sempat ga ya ke situ? Hehe.

    ReplyDelete
  8. Kalo stress sy biasanya lari ke menulis, nyorat nyoret kertas kpsong juga. Hehe..

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D