blogging

Share Postingan Blog Di Waktu Yang Tepat

11:33:00 AM

Lho kok blog saya sepi komen sih, padahal kan rajin share di sosmed? 

Lho biasanya kalau saya posting dan share blog itu suka langsung rame deh komennya, tapi tumben hari ini enggak? 

Ada yang pernah punya pertanyaan serupa? Tenang, saya juga pernah kok. Yah manusiawi aja kali, namanya juga usaha ye pengen lah blognya memiliki traffic yang WOW dan komentar yang WOW juga, iya kan? ayolah ngaku. 

Kalau saya pribadi sih awalnya ngeblog pada jaman dahulu kala itu ga pernah peduli masalah ginian, ah bodo amat mau ada yang baca apa enggak, ada yang baca syukur ga ada yang baca juga ya udah ga masalah. But, waktu bergulir seiring berkembang dan majunya teknologi plus dengan merangkaknya eksistensi saya dalam dunia perbloggingan ini, saya sekarang ini jadi agak - agak memikirkan hal ginian, suka rajin cek traffic blog setiap malam dan suka senyum bangga kalau pengunjung blog sampe angka ratusan bahkan pernah sehari nembus angka jutaan lho. Padahal dulu gak ada lalat pun yang lewat, hiks. 
Share Postingan Blog Di Waktu Yang Tepat
Taken from : detik(dot)com
Jujur, kalau liat traffic yang enggak sesuai harapan suka agak galau dan sedih gitu deh. Udah kayak anak gadis yang diputusin pacarnya, huahaha. Oke, biar saya enggak galau dan sedih lagi akhirnya saya pun mencari sebabnya kenapa sih sampe bisa begini dan begitu, dan ternyata salah satu yang menyebabkan sepinya pengunjung blog adalah masalah waktu yang tepat, tentunya kualitas artikel itu yang paling penting. 

Bukankah rezeki akan datang disaat yang tepat? Yap, sama halnya dengan waktu kita untuk share postingan blog, waktunya harus tepat. Waktu yang tepat share blog di sosmed akan membuat postingan menjadi viral *viral yuniar bukan?* bahkan banyak sekali yang re share dan komen, itu jika kamu beruntung. Lumayan pisan lah eta mah buat meningkatkan popularitas keartisan blog. 

Coba deh share tengah malam buta ketika semua orang sedang terlelap, ada yang mampir ke blog? paling satu dua orang yang lagi insomnia yang berkunjung, hehe. Artinya waktu yang kita gunakan untuk share salah, kurang tepat. 

Dalam dunia perwayangan per-sosial-media-an ada yang disebut dengan peak time, adalah waktu dimana sosmed itu lagi banyak - banyaknya diakses semua kalangan semua manusia. Nah tapi peak time ini ga bisa disama ratakan untuk semua sosmed, setiap sosmed memiliki peak time nya masing - masing. 
  1. Facebook, sosmed yang jumlah usernya paling banyak di seluruh dunia. Sok aja tanya pasti semua orang punya akun facebook deh, mamah saya juga punya kok. Facebook banyak diakses setiap hari, biasanya user memuncak di hari kamis dan jumat dan akan menurun dengan sangat drastis pada sabtu - minggu. Statistik facebook menunjukkan bahwa jam 1 siang adalah waktu dimana hampir semua user melakukan share dan kira - kira sore jam 3 an lah user baru mengklik postingan. Jadi sudah kebayang kan kalau mau share di fesbuk?
  2. Twitter, twitter user pun tidak kalah banyaknya, hampir 600 juta tweet dikirim setiap hari, bayangkan. Makanya banyak sekali perusahaan yang menggunakan para buzzer untuk mempromosikan produk dan jasanya melalui twitter karena memang akan membuat produk dan jasa dibicarakan secara masif oleh para jamaah twitter. Lagi - lagi masalah timing, kalau salah ya sudah wassalam deh. Salah waktu bisa membuat kicauan kita justru tenggelam dan enggak sempet dibaca oleh target. Di twitter justru rame kalau akhir pekan, kebalikannya facebook. Statistik twitter menunjukkan bahwa jumlah user aktif twitter diakhir pekan berpotensi lebih besar 17% dibandingkan weekday. Jam 12 siang sampai jam 6 sore adalah waktu yang lebih oke untuk share, dan jam 5 sore kebanyakan user senang melakukan retweet. 
Dan masih banyak lagi sosmed yang bisa diselami peak time nya. Untuk saat ini saya hanya sering melakukan share di dua sosmed ini saja, facebook dan twitter meskipun instagram juga sebenarnya memiliki potensial yang besar juga. 

kalau kamu sukanya share sosmed jam berapa dan pake akun apa sih??? 













You Might Also Like

24 komentar

  1. selalu suka baca postingan mbak tian bnyak nambah ilmu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah senang sekali kalau ada yang suka baca postingan saya, terimakasih turis cantik

      Delete
  2. Aku share cuma di twitter dan temen di WA, hehe

    Sharenya pas abis posting aja sih, aku jarang promo postingan lagi kalau udah lama, hihi..

    ReplyDelete
  3. kalo sore bayak yang lagi me time ya,jadi waktu yang tepat buat share..tapi aku seringnya sewaktu2 gitu,habis publish lagsung share hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sore banyakan yang lagi me time, jadi kemungkinan besar link yang kita share itu diklik mereka

      Delete
  4. Gara2 pernah baca artikel apa gitu di salah satu link berbahasa Inggris bahas ttg waktu yg tepat ubtuk smua sosmed (including path,pinterest,tumblr you named it lah!) Sy jg jdinya timing share link. Pake discheduled pula. Tapi belakangan agak keteteran malah kdg2 lupa. Langsungnpost serombongan gitu pdhl kan masing2 grup jg beda2 waktu peaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga kadang suka segerombolan sharenya :D huahaah

      Delete
  5. Istilahnya peak time ya mak, bukan prime time heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kl primetime itu waktu tayang sinetron

      Delete
  6. Aku publish postingan malem. Soalnya kan saat anak-anak bocah bobo. Tapi share-nya besok paginya. Facebook aku tulis manual jam 8 pagi. Nah kalo di twitter, aku dijadwalin aja via tweetdeck. Masalah rame yang baca dan komen biasanya dari BW. Aku gak terlalu ngarep dari share di socmed. Di socmed semacam pengumuman aja. Kalo pun rame yang nge-view aja. Kelihatan dari angkanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayanlah yang nge view juga heheh

      Delete
  7. Kalo postingan blog aku sukanya posting rada sore antara jam 3-6 gitu, langsung di-share ke medsos kayak fb dan IG juga sekalian mbak. Untuk update di IG atau Fb yang terpisah siy suka-suka aja update-nya... kapan sempet aja.. hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess IG dan Fb juga lumayan membuat traffic menanjak

      Delete
  8. Aku juga mikirin hal-hal begini, tapi kadang suka seenaknya aja nge-share di sembarang waktu mbak hehehe.. tergantung mood ngeblognya kapan dan biasanya setelah publish di blog langsung dishare di facebook atau twitter.

    Makasih tipsnya mbak Tian.

    ReplyDelete
  9. Jam 3 sore, ya. Noted, Mbak. :D
    Aku mulai jarang share di gruo2 nih. ..

    ReplyDelete
  10. iya mak tian aq juga suka lirik lirik waktu.. tapi.kalo lg repot posting sesukanya aja deh jadinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih kl lagi repot jadi gak inget yah

      Delete
  11. Aseegg..nambah ilmu lageee..makasih mak tian :)

    ReplyDelete
  12. aku ribeet karena beda jam dengan Indonesia jauh banget ..11 jam..tapi biasanya ada ajaaa dari belahan dunia lain yang nyaut hehehe :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook