Proses Tahapan Penuaan

by - 11:56:00 AM

Alami deh rasanya menjadi tua, setiap manusia juga pasti bakalan menjadi tua. Proses yang alamiah yang terjadi. Tidak ada seorang pun yang sanggup menghentikan proses penuaan. Proses penuaan biasanya mulai berlangsung sejak usia mencapai 40 tahun an, adanya kehilangan jaringan pada otot dan jaringan lain sehingga tubuh mengalami penurunan sedikit demi sedikit. Sebenarnya tidak ada batas pada usia berapa seseorang penampilannya mulai menurun. Proses penuaan tidak serta merta harus menurunkan kuailtas kehidupan kita dong, umur boleh 40 tapi tubuh 20 tahun. 

Oke, baiknya kenalan dulu dengan penuaan (aging) biar tambah paham yah. 

antiaging

Penuaan atau aging adalah proses menghilang dengan secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan untuk mempertahankan struktur serta fungsi normalnya. 

Proses penuaan tidak dapat dihentikan. Siklus ditandai dengan tahapan mulai menurunnya berbagai fungsi organ tubuh dikarenakan telah mencapai dewasa, secara alamiah seluruh komponen tubuh sudah tidak dapat berkembang lagi. Penuaan merupakan proses multidimensional, yang tidak melulu terkait dengan faktor jasmani, namun juga psikologis dan sosialnya. Dan penuaan itu sendiri merupakan suatu proses alamiah yang kompleks dimana melibatkan setiap molekul, sel dan juga organ dalam tubuh. 

Proses menua bukan penyakit, ya iyalah. Tapi suatu tahap dari kehidupan, mulai dari kandungan, bayi, anak, dewasa, tua dan manula. Mati bukan karena lanjut usia juga, tapi karena takdir dan penyakit. Dengan berkurangnya daya tahan tubuh dalam menghadapi rangsangan dari dalam dan luar tubuh itulah penuaan. 


Proses Tahapan Penuaan



Penuaan itu tidak terjadi dengan begitu saja, namun ada fasenya. Nah dengan fase atau tahapan ini berarti kita masih bisa menghambatnya, salah satu upaya menghambat penuaan adalah dengan mengatur pola makan dan perlindungan kulit dari sengatan matahari. Adapun beberapa fase proses penuaan itu diantaranya adalah : 


  • Fase 1 Subklinik. Pada usia 25 - 35 tahun. Nah pada masa usia inilah produksi hormon mulai menurun, yakni hormon testosteron, growth hormon dan hormon esterogen. Pembentukan radikal bebas juga bisa merusak sel dan DNA lho. Polusi udara, diet yang tidak sehat dan stress juga merupakan pemicu rusaknya sel - sel tubuh. Kerusakannya biasanya nampak dari luar. Baisanya juga pada fase ini suka mulai merasakan mengalami gejala penuaan. Penuruan terjadi terus sekitar 14% pada usia 35 tahun. 
  • Fase 2 transisi. Nah fase kedua ini berada pada usia 35 - 45 tahun. Penurunan produksi hormon sudah 25% sehingga tubuh mulai benar - benar merasa mengalami penuaan. Gaya hidup pola makan harus benar - benar dirubah menjadi lebih sehat. 
  • Fase 3 klinik. Puncaknya nih pada tahap klinikal, pada usia 45 tahun keatas. Produksi hormon sudah sangat berkurang dan akhirnya akan berhenti. Perempuan biasanya mengalami menopause pada fase ini dan kaum pria mengalami andropause. Kulit akan menjadi kering karena dehidrasi, ujungnya kulit menjadi keriput. Tubuh pun menjadi cepat lelah. Sudah banyak penyakit degeneratif yang mulai menyambangi seperti diabetes, osteoporosis, hipertensi dan penyakit jantung koroner, ih syerem. 



Masih ada waktu untuk menghambat proses penuaan, menghambat yah bukan menghentikan. 30% dipengaruhi oleh faktor genetika dan 70% itu dipengaruhi oleh gaya hidup. lalu apa yang harus dilakukan agar mampu menghambat proses penuaan?? NAh nanti saya akan lanjut yah, tentang ilmu antiaging dari Dokter David, tapi nanti yah. 

postingan ini masih berlanjut,,,, 


Sumber foto dari hasil search di Google 








You May Also Like

12 komentar

  1. aku berada di face subklinik,, emang ngerasa menurun semuanya sih, daya ingat pun menurun.. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nantikan postingan selanjutnya ya tentang cara menghambat agar penuaan tidak berlangsung cepat :D hihih

      Delete
  2. Iya betul, saya di fase subklinik dan sudah merasa cepat lelah gitu Mak. Mau ahhh nunggu penjelasan selanjutnyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu penjelasan selanjutnya :D

      Delete
  3. Informasinya bagus banget. Sangat informatif. Btw Saya menuju fase transisi ni hiks hehhe .. ga sabar menungu lanjutannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kang Rhenza, ditunggu ya lanjutannya

      Delete
  4. so far sih aku menghambatnya dgn minum vitamin anti aging, cream perawatan wajah, ama banyak minum air putih mba... tp kalo memang waktunya udh harus tua, ya trima ajalah ya... yg ptg hati happy, jd terpancara di wajah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaah yang penting hati bahagia :D

      Delete
  5. fase subklinik.. hmm.. here I'm.. thx infonya mak Tian :)

    ReplyDelete
  6. Aku masuk fase subklinik, mak. Buat ngurangi penuaan itu gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu postingan saya selanjutnya yaah :)

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D