Cara Jitu Mendapatkan Dan Mengembangkan Ide

by - 2:08:00 PM

Sebenarnya menulis suatu postingan blog itu tidak melulu mencurahkan apa yang tersirat dalam kepala. Wajib lho untuk mengetahui minat orang yang nantinya akan membaca blog kita, dan juga harus memikirkan bagaimana sih caranya agar yang baca merasa nyaman dan betah membaca postingan kita dan membuat mereka kecanduan dengan artikel kita, iya kecanduan. 



Sebenarnya sih ide itu alamiah datang kedalam diri kita sendiri, kita ya hanya mengembangkan ide itu saja. Tapi kalau tiba - tiba buntu ketika mengembangkan ide, gimana atuh? 


Hmm, dilema deh kayaknya. Begitu dapat ide, buru - buru nyalain laptop, ketak - ketik dan buntu, huh menyedihkan bukan? Ternyata ada lho beberapa cara yang lumayan sih bisa membantu untuk memulihkan kebuntuan dan ide kembali lancar jaya, hihi. Lumayan membantu sih disaat saya merasakan kebuntuan dalam mencari ide untuk nulis dan posting. 

Ga sabar yah?
Pengen cepet - cepet tahu yah?
Baiklah, mumpung saya lagi baik makanya sini saya kasi bocorannya :D, check this out


  • Lupakan rutinitas. Tahu ga kalau ide itu dipicu panca indera kita, iya ide itu bisa masuk melalui telinga, mata bahkan dari hidung. Eh beneran inimah bukan becanda, panca indera itu semacam radar tubuh yang mampu menemukan harta karun ide - ide besar. Coba deh, kalau lagi diem tiba -tiba denger lagu lawas dan pasti adalah sedikit ide mampir, atau lagi jalan - jalan kemudian lihat ada yang bening - bening juga pasti langsung muncul ide. Hmmm iya kan? atau lagi puasa gini tiba - tiba nyium wangi masakan, langsung kan muncul ide?? 
  • Relaxing is a must. Iya dong, harus rileks. Karena kalau pikiran semrawut mana ada ruang bagi ide baru. Semua orang juga harus memiliki pikiran yang jernih dan tenang kalau ingin dihampiri ide - ide briliant. Coba buang deh hambatan yang menghalangi munculnya ide. Eh tapi jika memang lagi ada pikiran dan ga bisa konsen maka selesaikan dulu saja pikirannya, pikiran ada pasti karena masalah kan? jadi selesaikan dulu masalahnya, :) gitu. Pengalaman akan membentuk suatu ide dan nantinya pendapat akan tercermin dalam tulisan. Jadi coba menemukan diri sendiri, coba selami dan cari tahu apa sih yang bisa memicu emosi. 
  • Tempat yang nyaman. Suasana yang nyaman diyakinkan mampu mendatangkan ide juga. Jadi benahi aja dulu tempat yang nantinya akan dipakai untuk merenung. Simpan foto anak dimeja kerja, pasti akan cepat datang tuh ide. 
  • Jadwalkan mood. Penting ini, saat lagi ga mood mana bisa menulis, nah begitu mood datang buruan deh nulis, udah gitu aja. Saya sih kalau pengen datangin mood suka baca sambil nyemil kacang atau cokelat. Bahkan ada juga yang mengatur mood dengan jalan - jalan atau shopping. 
Itulah ide, muncul dan terus mengalir kalau memang diinginkan dan kembangkanlah sebisa mungkin sampai benar - benar menjadi ide menarik. Pokoknya ini urusannya sama kreativitas deh. Semakin kreatif semakin berkembang ide nya. 


Selamat berkreasi dengan idenya :)... 

Sampai jumpa dipostingan berikutnya, 





    







You May Also Like

9 komentar

  1. wah, saya masih based of the mood, mak. hehe..

    ReplyDelete
  2. Betul Mak...harus rileks..kalo gak rileks,boro-boro ide datang ya... :)

    ReplyDelete
  3. Nulis sama mood itu memang kyanya ga terpisahkan deh dan klo lagi ga mood jalan2 aja abis tu pasti si moomood ini balik lagi :p

    ReplyDelete
  4. Kalau gak dapat tempat yang nyaman? :)

    ReplyDelete
  5. Waduh maaakk.. kl mood dijadwalin masih jadi PR buatku nih. Masih nurutin mood aku. Hehehee..
    Aku biasanya ditulis di note HP poin2 aja yang bisa ditulis. abis itu baru kembangin di laptop deh :D

    ReplyDelete
  6. Biasanya aku dari membaca, pasti muncul ide. :)
    Terus cepet-cepet ditulis di note hp. Karena yg sering dipegang hape hihi

    ReplyDelete
  7. Tiaaan.. senangnya bisa kopdar denganmu di Bandung walau sekejap..

    btw gambarnya lutjuuu.. ajarin dong,pake apa itu ^^v (ciyus nanya)

    ReplyDelete
  8. kalau mau nulis nggak ada ide emang berasa buntu mbak..ide itu emang harus ada ya...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D