LINE, WHATS APP atau BBM?

by - 9:53:00 AM

Aplikasi chatting smartphone sudah banyak, diantaranya yang saya download adalah line, whats app dan BBM. Diantara ketiga aplikasi itu pastilah sudah mengklaim dirinya sendiri paling oke dan paling cetar, hoho. Tapi, tidak ada yang sempurna. Diantara mereka bertiga ada baik buruknya, halah mereka jadi kesannya sayah lagi membandingkan para manusia sih, :D .

So, bagaimana bisa mengetahui plus minus dari chat yang saya pakai? 

Mana yang lebih saya sukai? 

Baiklah, saya akan urai mudah - mudahan detail yah, hihih. 

Mulai dari BBM atau kepanjangan dari Blackberry Messenger, but saya donlod juga di android lho, wkwkwk. Sesuai dengan namanya, awalnya BBM ini hanya bisa digunakan pada perangkat blackberry, seperti yang sudah diketahui sekarang tak hanya blackberry yang bisa menikmati aplikasi ini, namun iphone dan android juga sudah bisa. Dalam aplikasi ini kita bisa berchit chat pake teks, suara bahkan sticker juga *stickernya standar sih*. kalau mau add temen bisa pake barcode scanner, dan juara banget buat ngebroadcast jualan, hihih. 


Dari segi pin bisa dibedakan juga, mana yang pake bb dan mana yang pake perangkat lain. Yang pake bb biasanya pin itu berawalan 2 atau 3 kalau pake perangkat lain bisa berawalan 5 atau 7. Dan kita bisa PING berkali - kali lipat kalau pake bb, sepuasnya silakan PING ampe pegel, namun ini tidak berlaku kalau pake iphone atau android, PING cuman bisa tiga kali saja. DI bb enak kita bisa mengkategorykan kontak sesuai keinginan, saya sih yang bb dipake buat jualan, jadi saya bisa kategorikan berdasarkan mana pelanggan yang rutin dan tidak, asik kan. Beda dengan android dan iphone, gak ada category kontaknya jadi kalau mau broadcast gak bisa pilih - pilih. 

Untuk kelebihan, privasi lebih terjaga karena dengan sistem pin.kekurangannya hmmm karena harus bayar kali yah dan gak free kuota dan kalau di bb aplikasi ini memang jadi sering hang, tapi tergantung kualitas dari smartphone nya juga sih. Fitur stickernya juga masih sedikit dan sering banyak DELAY, oke fine. 

Whats app adalah aplikasi gratis *awalnya* ujungnya disuruh bayar juga, hahaha. Tapi aplikasi ini better lah dibandingkan dengan BBM, saya lebih suka whatss app. Dengan aplikasi ini kita bisa tau nomor telepon lawan chit chat, tapi kadang suka ada nomor yang ga kesave tetiba kirim message whats app. Oiya untuk group juga hanya 30 orang atau 30 nomor saja dan membernya hanya bisa ditambahkan oleh admin saja. 

Kelebihannya adalah kemudahannya yang bisa digunakan siapapun, asalkan donlod aplikasi ini langsung bisa digunakan tanpa harus memasukkan pin atau kode lainnya. Kekurangannya adalah harus bayar setahun sekali, hiks. 


Kalau untuk LINE, ini nih lucu banget apalagi sekarang ada stickernya syahrini, hihihih. Kalau pake aplikasi ini saya lebih seneng perang sticker sama lawan chit chat nya, tanpa kata hanya sticker aja udah lucu. Cocok nih buat yang gak bisa mengungkapkan perasaan merangkai kata, huahahah. 

Kelebihan LINE adalah stickernya yang lucu *IMHO*. Selain itu juga aktivitas menyenangkan bisa dishare melalui timeline dan game nya seru - seru banget. Kekurangannya adalah kadang suka ada tetiba nomor atau id lain nongol di friend list, jadi mari kita blok saja yang enggak kenal, hohoh. 


Jadi, kalau kamu pilih yang mana aplikasi untuk chattingnya???








You May Also Like

7 komentar

  1. Untuk saat ini aku lebih suka menggunakan BBM soalnya selain gampang untuk di gunakan secara BBM itu adalah aplikasi paling canggih dan bisa menjadi tempat untuk berbisnis yang halal :)

    ReplyDelete
  2. Kalo aku sampai saat ini sih lebih suka pake WA :)

    ReplyDelete
  3. Aku senengnya whatsapp mak. Jarang gangguan soalnya :)

    ReplyDelete
  4. Aku pakai line, soalnya BBM gak bisa dipake dengan koneksi WiFi, harus pake paket data, nyebelin

    ReplyDelete
  5. Whatsapp mbayar ya mak?
    Udah 4 thn sy pake whatsapp kayaknya kok enggak pernah disuruh mbayar soalnya. Paling suruh update, dan biasanya android saya update sendiri.
    Mbayarnya itu gmn mak? Pake pulsa atau CC? Fitur klo mbayar seharusnya lebih bagus ya..

    ReplyDelete
  6. Whatsapp sih enak...simple sih

    ReplyDelete
  7. Semuanya pernah saya pakai, tapi yang line dan whats app gak lagi dikarenakan Hp rusak. Untuk BBM belum lama makai di Hp baru dan rasanya masih banyak keponya.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D