Cerita Tian

Makna Hari Kartini

4:12:00 PM

Selamat Hari Kartini, telat kali yah? Ah enggak apa - apa deh, hihi. Masih tanggal 21 April kan? 

koar - koar hari kartini dimana - mana, dari ujung sana sampe ujung sonoh semuanya update status " selamat hari kartini " , emang apaan sih makna dari hari kartini itu sebenarnya? 

kemudian suasana hening sesaat.. 

Hari kartini itu adalah hari yang ditetapkan sebagai rasa penghormatan atas wujud perjuangan perempuan, simbol persamaan, emansipasi wanita. 

Setelah ibu kartini meninggal, mulailah terasa pergerakan wanita yang semakin terasa berdampak luar biasa. Lihat deh sekarang, banyak sekali wanita yang memmimpin, banyak wanita yang lebih tangguh dibanding para pria. Wanita kini urusannya bukan hanya dapur, sumur dan kasur saja. Wanita jaman sekarang bukan hanya pengguna lipstick semata, bukan hanya penyuka kegiatan menjahit. Wanita jaman sekarang adalah wanita yang lahir dengan semangat untuk maju. 


Memakai baju adat saat hari Kartini. 

Sampai saat ini pun saya suka bingung, emang ada relasinya antara baju adat dan perjuangan ibu RA kartini? Mungkin lebih menghargai adat istiadat daerah yang ditinggali kali yah. Seru - seruan memakai baju adat bersama teman - teman.

  
So, sebenarnya makna dari hari Kartini ini apa? pake baju adatnya gitu? atau perjuangan RA Kartini yang memang wajib diperingati? 

Beda kepala beda juga isinya. Setidaknya momen hari Kartini ini bisa membuat rasa nasionalisme semakin tumbuh dan selalu menyemangati kita semua untuk membangun bangsa ini dengan sempurna. menjadikan diri kita lebih baik dan lebih maju agar bisa mewujudkan Indonesia yang lebih baik dari sekarang. 

Sederhana saja sebenarnya untuk memaknai hari kartini adalah sebagai momentum untuk introspeksi diri agar lebih baik dari masa ke masa. Apa yang kelam dalam diri kita harus menjadi terang diesok hatinya. Yang jelek dibuang, yang bagus diterapkan. 

Hari kartini juga adalah membangun kecerdasan pada diri sendiri, wanita harus cerdas. Wanita harus bisa menggunakan akal pikirannya ketimbang hatinya, ini harus diasah terus. Karena wanita lebih cenderung memakai hati deh, hihi. *sayajugagituorangnya*

Cerdas dalam belajar agar bebas dari kebodohan, cerdas dalam bekerja agar tidak terjerat kemiskinan, cerdas melakukan ibadah agar tidak sesat, cerdas dalam bergaul agar tidak terkungkung dalam batas sosial, cerdas dalam menjalani hidup agar bisa memiliki manfaat dan berguna dunia serta akhirat. 


Kecerdasan seorang wanita yang harus ditingkatkan kapan dan dimanapun, dalam rumah sekalipun. 


Maju terus wanita Indonesia, Raihlah cita dan cinta. Habis terang terbitlah terang. 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Selamat hari Kartini:D Maju terus perempuan Indonesia!

    ReplyDelete
  2. Tulisan yang benar-benar memaknai hari kartini.
    Semoga menjadi Kartini baru yang siap membanggakan semua orang, khususnya keluarga.
    Selamat hari Kartini, maju terus wanita Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Selamat hari kartini mbak tian..

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook